Sponsors Link

Kanker Gusi Stadium Satu – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kanker adalah kelainan siklus sel yang  menjadikan sel mempunyai kemampuan untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal) yang disebabkan oleh kerusakan DNA, menyerang jaringan di sekitarnya, dan bermigrasi kejaringan tubuh lainnya melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik yang di sebut metastasis. Biasanya sel kanker membentuk sebuah tumor  atau pembengkakan, kecuali pada kanker darah (leukimia).

ads

Gusi (gingiva) adalah jaringan mukosa yang menutupi tulang maksila dan mandibula di dalam rongga mulut. Kanker merupakan penyakit yang pada 90 – 95% kasusnya disebabkan oleh faktor lingkungan seperti makanan, minuman, dan gaya hidup, sementara 5 – 10% penyebabnya adalah faktor genetik atau keturunan. Kanker pada gusi bisa disebabkan oleh beberapa faktor dibawah ini.

Penyebab Kanker Gusi

  1. Faktor Keturunan

Faktor keturunan hanya 5 – 10% saja menjadi penyebab kanker secara umum.

  1. Faktor Tidak Menjaga Kebersihan Rongga Mulut

Mulut merupakan tempat berkumpulnya bakteri sehingga sangat penting menjaga kebersihannya. Malas menggosok gigi atau menggosok gigi dengan cara yang salah dapat menyebabkan munculnya karang gusi, luka pada gusi yang berakibat peradangan. Anda dapat menyimak artikel tentang pentingnya menggosok gigi dan cara menyikat gigi dengan benar.

Begitu juga kehadiran benda asing kedalam mulut seperti tusuk gigi yang tidak jelas kebersihannya lalu di gunakan untuk membersihkan gigi, ini adalah suatu hal yang buruk dan menjadi salah satu pemicu terkenanya kanker gusi.

  1. Faktor Konsumsi Makanan

Faktor makanan dan minuman adalah faktor yang sangat banyak menjadi pemicu terjadinya kanker gusi stadium satu. Misalnya diet yang kurang tepat yang mengakibatkan tubuh kekurangan zat-zat yang dibutuhkan, atau memakan makanan – makanan padat yang dapat mengiritasi gusi. Dapat di lihat beberapa makanan penyebab kanker mulut.

  1. Faktor Kebiasan Buruk

Faktor kebiasaan buruk menjadi faktor utama munculnya segala macam jenis penyakit, misalnya merokok, minum –  minuman beralkohol, mengkonsumsi obat – obatan yang tidak dengan anjuran dokter, kurang berolah raga, inveksi HIV, dan masih banyak lagi.

Seperti kanker lainnya, kanker gusi tidak terjadi secara tiba – tiba. Semua ada prosesnya, seperti adanya rangsangan gusi yang sering diabaikan karena beberapa kebiasaan diatas tanpa anda sadari ternyata merupakan awal dari kemunculan kanker gusi stadium satu.

Beberapa ciri ataupun gejala awal yang mungkin anda rasakan, tidak dapat dianggap remeh, dan harus anda waspadai.

Sponsors Link

Gejala Kanker Gusi

  1. Luka Pada Gusi dan Sakit Gigi

Luka yang tak kunjung sembuh pada gusi sebaiknya jangan dibiarkan, apa lagi sampai terjadi rasa nyeri, pendarahan, peradangan, dan pembengkakan. Luka ini bisa saja terjadi dari hal – hal yang telah disebutkan diatas sebagai penyebab terjadinya kanker gigi stadium satu ini, seperti luka yang desebabkan dari gesekan saat menyikat gigi, mengunyah makanan yang terlalu keras, hingga mencongkel gigi.

Selain luka pada gusi, sakit gigi yang ditandai rasa nyeri pada gigi dan rahang yang tak kunjung sembuh juga merupakan gejala yang harus di waspadai. Segeralah ambil tindakan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter gigi anda.

ads

  1. Sakit Saat Mengunyah dan Menelan

Rasa sakit dan kesulitan saat mengunyah makanan merupakan salah satu dari gejala awal yang umum dan biasa terjadi pada kasus kanker gusi. Hal ini dikarenakan keadaan gusi sebagai penopang gigi yang berfungsi untuk mencacah makanan mengalami gangguan.

  1. Terdapat Benjolan

Benjolan pada gusi jangan dianggap remeh, bisa jadi itu merupakan salah satu dari gejala munculnya kanker gusi stadium satu. Karena kanker biasanya terbentuk dari benjolan kecil yang perlahan – lahan menjadi lebih besar.

  1. Kesulitan Berbicara dan Terjadi Perubahan Suara

Gusi yang mengalami peradangan, pendarahan, atau bahkan terdapat benjolan akan mempengaruhi jaringan otot di sekitar mulut dan tenggorokan, mengakibatkan munculnya rasa sakit yang menyulitkan penderitanya untuk berbicara hingga terjadi perubahan pada suara.

  1. Bau Mulut dan Gigi Goyang Tanpa Alasan yang Jelas

Bau mulut bisa menjadi salah satu ciri atau gejala kanker gusi stadium satu, karena adanya infeksi dan peradangan gusi, serta pendarahan yang tak kunjung sembuh. Hal ini juga yang membuat gigi goyang tanpa alasan yang jelas, yaitu gusi sebagai penopang gigi sudah tidak kuat lagi untuk membuat gigi tetap berdiri dengan kuat. Anda dapat juga menyimak cici ciri kanker gusi lainnya, ciri ciri kanker mulut dan gejala awal kanker mulut.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi kanker gusi stadium satu ini?

Cara Mengatasi

  • Radioterapi

Radioterapi merupakan terapi yang menggunakan sinar radiasi yang ditujukan ke jaringan yang sudah terkena kanker, dengan tujuan untuk membunuh sel – sel kanker dan mencegah penyebarannya.

  • Pembedahan

Biasanya pembedahan dilakukan untuk kanker gusi yang sudah mencapai stadium lanjut, dengan maksud untuk membuang tumor yang sudah menyebar ke tulang rahang.

  • Beberapa Herbal Alami

Beberapa tanaman herbal alami yang telah diuji dan berpotensi sebagai anti kanker seperti bawang putih, keladi tikus, temu lawak, temu kunci, dan masih banyak lagi. Silahkan anda menyimak artikel tentang obat kanker gigi dan pengobatan kanker gigi.

Kanker gusi stadium satu ini sebagaian besar penyebabnya adalah faktor makanan, lingkungan, dan gaya hidup sehari – hari. Oleh sebab itu mulailah memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi sehari – hari, hindari merokok, minuman beralkohol, obat – obatan, sex bebas, dan mulailah berolahraga dengan teratur, karena 30% kematian akibat kanker dapat dicegah dengan menghindari hal – hal ini.

Demikianlah artikel singkat tentang kanker gusi stadium satu ini kami sajikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda yang membacanya. Nantikan informasi – informasi seputar kesehatan gigi dari Halogigi.com berikutnya. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini