Sponsors Link

Karies Gigi : Pengertian, Penyebab, Gejala, Ciri, Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

jenis jenis penyakit gigi sudah menjadi masalah kesehatan yang umum terjadi pada setiap orang, salah satunya  karies gigi. Karies gigi adalah kerusakan gigi yang diakibatkan oleh adanya fermentasi karbohidrat menjadi asam atau demineralisasi dan aktivitas suatu jasad renik yang menyebabkan infeksi pada email gigi, dentin, dan sementum. Karies gigi biasa terjadi pada anak-anak, remaja, bahkan lansia.

ads

Penyebab Karies Gigi

Penyebab munculnya karies gigi yaitu karena kebiasaan ngemil, sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis dan juga tidak membersihkan gigi dengan baik dan benar.Selain itu, malasnya menggosok gigi juga menjadi penyebab timbulnya karies gigi.

Terkadang karies gigi akan mengakibatkan gigi berlubang berdarah secara terus menerus ke dalam, karena adanya kerusakan pada struktur gigi. Pertama terbentuknya karies gigi berawal dari lubang keras di gigi berwarna coklat dan jika dibiarkan, lama kelamaan berubah warna menjadi berwarna hitam.

Jika gigi sudah berlubang karena karies gigi yang dibiarkan saja maka gigi berlubang akan semakin parah dan dapat mempengaruhi lapisan gigi yang berada di paling dalam yaitu syaraf. Untuk itu anda wajib memahami bagaimana cara mengatasi sakit gigi berlubang agar tidak menimbulkan karies gigi. Saat masalah gigi sudah melibatkan syaraf, siap-siap saja untuk mengalami yang namanya sakit gigi atau bahkan kematian.

Gejala yang Ditimbulkan Oleh Karies Gigi

Gejala yang ditimbulkan karena adanya karies gigi sangat beragam, tergantung luas, dalam dan lokasi karies gigi itu sendiri. Saat karies gigi baru mulai terjadi, biasanya tidak ada efek atau gejala yang dirasakan.

Beda halnya jika karies gigi sudah merusak gigi, gejala yang ditimbulkan pun beragam yaitu sakit gigi, gigi sensitif, abses (kantung nanah), terlihat adanya lubang pada gigi, noda berwarna hitam, coklat, putih pada permukaan gigi, saat menggigit makanan gigi terasa nyeri dan nyeri ringan hingga tajam karena akibat mengkonsumsi makanan yang manis, panas, atau dingin.

Karies gigi tidak bisa diremehkan, bila sudah terjadi gejala-gejala di atas segeralah tangani dan lebih baik bila melakukan konsultasi ke dokter gigi supaya tau seberapa parah tingkat infeksi yang terjadi dan mencapai tahap apa gejala yang dirasakan. Apabila gigi anda mengalami sakit gigi yang parah hingga demam dan bau mulut, segeralah cepat-cepat untuk memeriksakan gigi anda ke dokter gigi.

Cara Pengobatan Karies Gigi

Biasanya mengobati gigi yang terkena karies gigi dengan cara menghentikan infeksinya seperti halnya obat sakit gigi berlubang dan ngilu, supaya karies gigi tidak meluas. Bila karies gigi sudah parah dan cara menghentikan infeksi tidak memungkinkan lagi, maka biasanya gigi yang terkena karies gigi parah akan dicabut, tujuannya supaya karies gigi tidak mempengaruhi kesehatan gigi yang lainnya dan karies gigi tidak menyebar ke gigi lain. Oleh karena itu supaya gigi tetap sehat,  jika gigi sudah terkena karies gigi segera diatasi secepat mungkin.

Sponsors Link

Cara Pencegahan dari Karies Gigi

Cara pencegahan yang tepat yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Menggosok Gigi Secara Teratur

Untuk mencegah karies gigi yaitu dengan menggosok gigi secara benar dan teratur supaya tidak ada sisa makanan yang menempel di gigi dan gigi selalu dalam keadaan bersih. Jika gigi bersih maka gigipun akan sehat dan terhindar dari karies gigi.

ads
  • Pemilihan Sikat Gigi yang Tepat

Gunakan sikat gigi yang sesuai dengan keadaan kontur gigi dan menyikat gigi dengan cara memutar bukan dengan menggosok dua arah. Gosok gigi dan berkumur air putih saja biasanya kurang maksimal dalam melakukan perawatan mulut dan karies gigi, sebaiknya setelah menggosok gigi lakukan juga berkumur dengan air yang mengandung fluoride.

  • Berkumur Menggunakan Air yang Mengandung Fluoride

Berkumur air fluoride bertujuan supaya sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi bisa terlepas dan kuman atau bakteripenyebab karies gigipun bisa mati. Selain membersihkan gigi, air fluoride juga membuat mulut terasa segar dan menghilangkan bau mulut.

  • Banyak Mengonsumsi Air Putih

Selain menyehatkan tubuh, mengkonsumsi air putih juga dapat mencegah timbulnya karies gigi. Hindari makanan dan minuman yang dapat menimbulkan karies gigi, misalnya makanan dan minumanyang manis-manis seperti susu, kopi, es cream,cake, permen dan minuman soda.

Bagi anak-anak mungkin sering minum susu, sebaiknya ibu-ibu memberikan susu jangan sebelum tidur karena jika setelah minum susu kemudian langsung tidur maka akan cepat sekali merusak gigi anak-anak ibu.

  • Pemeriksaan Gigi Rutin

Rajin dan rutin mengecek kesehatan gigi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali, tujuannya untuk deteksi awal dan tindakan penanganan yang paling tepat supaya gigi selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari masalah karies gigi. Bila sudah mengalami sakit gigi, tidak usah mengikuti jadwal rutin langsung saja pergi ke dokter supaya sakit gigi bisa langsung ditangani oleh dokter.

Dapat kita simpulkan bahwa karies gigi itu tidak boleh diremehkan karena efek yang ditimbulkan sangat gawat sekali. Alangkah sebaiknya kita selalu menjaga pola makan kita dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak banyak mengandung gula. Lebih baik minum air putih dan makan sayur-sayuran supaya gigi selalu sehat dan terhindar dari penyakit gigi.

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis boleh saja tapi tentunya harus dibarengi dengan kebersihan gigi yang bear-benar dilakukan. Setelah mengkonsumsi makanan manis, harus lebih rajin menyikat gigi atau harus rutin periksa gigi ke dokter karena kemungkinan terserang penyakit gigi sangat besar.

Sampai disini pembahasan kita kali ini ya sobat mengenai karies gigi. Semoga sedikit ulasan artikel saya ini bisa membawa manfaat bagi anda semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mampir di tulisan saya ini. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini