Sponsors Link

5 Bahaya Karies Gigi Pada Ibu Hamil yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Kehamilan merupakan saat yang paling membahagiakan bagi seorang wanita. Apalagi jika dilakukan dengan persiapan yang sangat matang, dalam segi financial, mental, maupun kesehatan. Salah satunya adalah kesehatan gigi dan mulut. Kebersihan gigi dan mulut merupakan hal penting yang harus dilakukan setiap hari, hal ini disebabkan karena gigi dan mulut merupakan organ tempat masuknya makanan dan minuman sumber gizi, protein, mineral, dan semua yang di butuhkan tubuh.

ads

Pada saat berlangsungnya kehamilan, kesehatan gigi dan mulut memerlukan perhatian ekstra. Hal ini disebabkan karena ibu hamil memiliki resiko tinggi terhadap kerusakan gigi dan dampaknya yang dapat mempengaruhi kehamilan.

Penyebab Karies Gigi Pada Ibu Hamil

Beberapa faktor di bawah ini merupakan penyebab primylolysis atau erosi pada gigi yang menimbulkan karies gigi:

  • Faktor Perubahan Fisiologis dan Hormonal.Perubahan fisiologis dan hormonal pada ibu hamil mengalami fluktuasi baik hormon estrogen maupun hormone progesterone yang mungkin berpengaruh terhadap cairan servikular, serum, saliva dan gingiva.
  • Faktor Perubahan Pola Makan. Perubahan pola makan yang meningkat atau justru berkurang karena keadaan mulut yang cenderung asam.
  • Faktor Kurang Menjaga Kebersihan Mulut. Rasa lelah dan penat akan membuat ibu hamil kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut.
  • Faktor Mual dan Muntah. Keadaan mulut yang cederung asam pada saat kehamilan akan menyebabkan timbulnya rasa mual dan muntah.

Beberapa bahaya kerusakan gigi atau karies gigi terhadap ibu hamil akan dibahas dibawah ini.

Bahaya Karies Gigi Pada Ibu Hamil

  1. Mengakibatkan Kurang Istirahat

Bila terdapat karies gigi pada ibu hamil, tentu saja hal ini akan sangat menggangu kenyamanan. Karies akan menjadi bertambah parah dengan adanya penyerapan kalsium yang dibutuhkan bayi untuk proses pertumbuhannya. Karies yang bertambah parah apalagi sampai menimbulkan rasa nyeri dan sakit akan membuat ibu kurang istirahat, hal ini juga akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan janin di dalam kandungan.

  1. Mengakibatkan Keluarnya Hormon Prostaglandin

Karies gigi yang rusak parah akan merangsang keluarnya hormon prostaglandin. Hormon prostaglandin bersifat merangsang timbulnya kontraksi pada rahim. Keadaan rahim yang mengalami kontraksi secara terus – menerus dapat mengakibatkan terjadinya kelahiran prematur, bahkan keguguran.

  1. Mengakibatkan Infeksi pada Janin dan Keguguran

Hasil penelitian yang di muat pada Journal of Obstetrics Gynecology, Yiping Han yang merupakan peneliti dari Case Western /Reserve University di tahun 2010, melaporkan bahwa ibu hamil yang mengalami infeksi pada giginya dapat menularkan infeksi tersebut pada janin didalam kandungannya melalui peredaran darah placenta. Hal ini terbukti dengan ditemukannya kuman fusobacterium nucleatum yang menginfeksi gusi ibu hamil pada tubuh janin yang mengakibatkan keguguran.

  1. Mengakibatkan Gangguan Jantung pada Ibu Hamil

Fakta lain dari bahaya karies gigi pada ibu hamil adalah dengan ditemukannya bakteri streptococcus mutans yang merupakan bakteri penyebab gigi berlubang. Bakteri tersebut dapat menyebar keseluruh tubuh melalui sirkulasi darah, dan selanjutnya mencapai jantung. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya gangguan jantung pada ibu hamil.

  1. Mengakibatkan Kelahiran yang Tidak Normal

Bahaya karies gigi pada ibu hamil lainnya yaitu kelahiran bayi yang tidak normal. Hal ini juga disebabkan adanya bakteri yang mengganggu perkembangan janin.

Sponsors Link

Selain itu pada ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang cukup, jika terdapat karies pada gigi ibu hamil sudah tentu akan mengakibatkan rasa nyeri yang mengganggu nafsu makan pada ibu hamil yang dapat mengakibatkan kekurangan gizi pada bayi dan bayi lahir dengan berat yang tidah normal. Anda dapat membaca informasi tentang waspadai sakit gigi saat hamil.

Bahaya karies gigi pada ibu hamil yang telah kita bahas diatas, semoga dapat menambah wawasan anda seputar masalah gigi saat hamil. Lakukanlah paersiapan yang matang mengenai kesehatan gigi dan mulut pada saat menjelang kehamilan, sehingga ibu yang mengandung tetap sehat dan bahagian saat menjalani kehamilan, begitu juga dengan anak yang berada di dalam kandungannya. Lalu bagaimanakah cara mengatasinya? Berikut ini ada beberapa pengobatan karies gigi pada ibu hamil yang dapat dilakukan.

Pengobatan Karies Gigi Pada Ibu Hamil

  1. Sikat Gigi yang Benar dan Teratur

Rasa malas yang dialami pada saat kehamilan adalah hal yang wajar, namun demikian hal ini tetap harus diatasi. Pentingnya menggosok gigi dan cara menyikat gigi dengan benar merupakan pengobatan yang paling utama yang harus dilakukan dalam mengatasi karies gigi pada ibu hamil.

Selain itu menggosok gigi dengan teratur minimal 2 kali dalam sehari, pada pagi hari sehabis sarapan pagi dan pada malam hari sebelum tidur. Rasa mual yang dialami karena keasaman mulut yang berlebihan dapat diatasi dengan berkumur air hangat yang dicampur sedikit garam. Informasi lain yang dapat anda baca tentang pasta gigi untuk ibu hamil.

Sponsors Link

  1. Mengatasi Karies Gigi Dengan Obat Alami

Selain itu ibu hamil dapat menghilangkan rasa sakit dengan menggunakan obat – obat tradisional seperti bawang putih ataupun cengkeh, dan yang lainnya.

  1. Melakukan Pencabutan Gigi

Dalam melakukan pencabutan gigi, sebaiknya dilakukan setelah usia kandungan melewati fase triwulan 1. Hal ini disebabkan dapat mengakibatkan reaksi terhadap janin dikarenakan obat anastesi dan kontraksi pada saat pencabutan gigi. Begitu juga penggunaan foto rontgen yang sebaiknya dihindari.

  1. Meninggalkan Kebiasaan Buruk

Meninggalkan kebiasaan buruk merokok, minum minuman keras, mengkonsumsi makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin merupakan tindakan pencegahan yang harus dilakukan. Begitu juga kebiasaan mencongkel gigi.

  1. Rutin Mengunjungi Dokter Gigi

Ibu hamil yang memiliki masalah karies gigi sebaiknya rutin mengunjungi dokter gigi, agar mendapatkan saran, perawatan, dan tindakan yang tepat dalam mengatasi karies gigi. Hal ini agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga dengan baik selama masa kehamilan.

Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Nantikan artikel – artikel lainnya, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini