Jenis dan Fungsi Kawat Gigi Pada Orang Dewasa

Orang dewasa bisa mengalami ortodontia tidak seperti sebelumnya. Menurut survei American Association of Orthodontists [AAO] menunjukkan jika orang dewasa di atas 18 tahun dengan kawat gigi berkembang menjadi 14 persen dari tahun 2010 hingga 2012. Ini membuat kawat gigi pada orang dewasa semakin meningkat.

Jenis Kawat Gigi

Orang dewasa yang memakai kawat gigi akan menemukan lebih banyak pilihan dibandingkan dulu. Kawat gigi pada orang dewasa mementingkan estetika sebagai bahan pertimbangan utama. Sedangkan biaya dan gaya hidup juga menjadi pertimbangan utama lainnya di mana setiap ops menawarkan kelebihan dan kekurangan masing masing, seperti:

1. Kawat Gigi Konvensional

Terdiri dari pita logam di sekitar atau hampir setiap gigi. Namun saat ini kawat gigi konvensional menahan kabel hanya dengan braket tunggal yang disemen di bagian depan gigi dan beberapa band di belakang akan berlabuh pada kabel sebagai salah satu cara merapikan gigi secara alami.

2. Aligner

Aligner merupakan baki yang bersih dan diganti setiap dua minggu sekali untuk mengakomoasi pergerakan gigi. Mereka akan tetap ada di mulut selama 20 sampai 22 jam per hari hanya cukup lama untuk makan dan membersihkan gigi dan menjadi pelurus paling umum adalah invisalign.

Aligner tidak terlalu mencolok namun juga tidak sepenuhnya tidak terlihat. Ini tidak akan berpengaruh pada cara menyikat gigi tidak seperti jenis kawat gigi lainnya. Namun pelurus membutuhkan disiplin dan mengganti baki sesuai jadwal. Jika lalai, maka berarti semua perawatan akan lebih lama dibandingkan opsi konvensional.

3. Kawat Gigi Sel Ligating

Pada kawat gigi sel ligating sebagai cara agar gigi rata ini, kawat akan melewati klip logam kecil pada braket. Sistem ini akan menghilangkan semua kebutuhan akan pita elastis untuk membantu menggerakkan gigi.

4. Kawat Gigi Lingual

Kawat gigi lingual hampir sama dengan kawat gigi konvensional kecuali tanda kurung yang disemen pada bagian belakang gigi. Kawat gigi ini tidak terlihat dan bisa bekerja sama cepatnya dengan kawat gigi konvensional namun dbuat dengan khusus dan harganya lebih mahal dibandingkan pilihan yang lainnya.

Dokrter gigi mungkin akan meminta anda untuk mengenakan retainer sesudah perawatan selesai dan anda mungkin akan memakainya sebagian atau sepanjang hari.

Bisakah Kawat Gigi Bekerja Lebih Cepat?

Baru baru ini, produk sudah dibuat untuk mempercepat perawatan kawat gigi anda.

  • AcceleDent: Memakai baki yang dimasukkan ke dalam mulut selama 20 menit sehari lewat kawat gigi atau pelurus. Baki bergetar dan mengirimkan micropulses ke gigi yang bisa mengurangi waktu perawatan hingga 50 persen untuk mengatasi bahaya gigi berantakan.
  • Mendorong: Dalam perawatan propel, dokter akan memasukkan probe tipis lewat gusi hanya ke tulang di dua atau tiga tempat di sekitar gigi dan mulut akan mati rasa dengan anestesi topikal atau lokal. Dengan ini, maka kawat gigi bisa menggerakkan gigi lewat tulang dan jaringan hidup. Sedangkan iritasi bisa disebabkan probe yang dimaksudkan untuk memicu respons penyembuhan memungkinkan gigi bergerak lebih cepat.

Perawatan bisa dilakukan untuk orang orang dengan kawat gigi konvensional. Ini bisa dilakukan lebih dari sekali dengan jarak antara perawatan sekitar enam sampai delapan minggu. Pasien yang memakai propel akan melihat waktu di ortodontia berkurang setengahnya.

Perawatan Kawat Gigi Dewasa

Perawatan ini akan memakan waktu antara 18 bulan hingga 22 bulan tergantung dari tingkat keparahan dan jenis alat yang digunakan untuk mengatasi penyebab gigi berubah posisi. Selain itu, akan sangat mungkin untuk menggunakan lebih dari satu perangkat selama perawatan seperti seseorang yang mungkin ingin memulai dengan pelurus selama beberapa bulan sebelum beralih ke kawat gigi konvensional.

Dokter ortodontis akan mengambil riwayat medis lengkap sebelum memulai perawatan otrodontia. Karena gigi bergerak lewat tulang hidup selama perawatan ortodontik, maka sangat penting bagi seorang ortodontis untuk mengetahui apakah pasien memiliki kepadatan tulang yang rendah atau menggunakan obat untuk kondisi tersebut.

Popularitas kawat gigi pada orang dewasa memang bukan sessuatu hal yang terlambat untuk dilakukan. Teknologi juga menawarkan beberapa pilihan yang bisa disesuaikan dengan gaya hidup dan stratei untuk menyelesaikan perawatan dengan cepat dan efektif.