Sponsors Link

Benarkah Jika Kebersihan Gigi Mempengaruhi Kesuburan?

Sponsors Link

Kebersihan gigi dan mulut yang baik tidak hanya bisa memberikan senyuman yang indah dan memperlihatkan ciri gigi yang sehat, namun sebenarnya juga bisa membuat anda lebih subur. Dari penelitian yang muncul, kesehatan gigi bisa berdampak pada seberapa lama seorang wanita bisa hamil. Sedangkan pada pria, penyakit gusi dan juga kerusakan gigi sudah dihubungkan dengan kesehatan sperma yang buruk. Kemungkinan hubungan kebersihan gigi mempengaruhi kesuburan ini berlaku pada pria dan juga wanita.

ads

Selama masa kehamilan, kesehatan mulut yang buruk dihubungkan dengan meningkatnya risiko diabetes kehamilan, persalinan prematur, preeklampsia dan juga memiliki bayi yang terlahir dengan berat rendah. Memastikan gigi dan gusi anda sehat tidak hanya penting untuk kesuburan namun juga untuk anak anda yang belum dikandung.

Penyakit Periodontal, Gingivitis dan Kesehatan

Sebagian besar penelitian mengenai kesuburan dan kesehatan gigi fokus pada penyakit periodontal. Gusi yang membengkak, merah, bahaya gigi bengkak dan lunak menjadi tanda kemungkinan dari penyakit periodontal. Ahli kebersihan gigi akan mencari bukti ketika sedang memeriksa gusi. Proses tersebut melibatkan pengambilan alat gigi yang dikenal sebagai pribe periodontal yakni pick logam tipis dan panjang dengan bagian ujung yang tumpul dan indikator pengukuran yang dengan lembut akan menekan instrumen ke dalam kantong atau ruang jaringan yang ada di antara gusi dan gigi.

Pengukuran kantong atau ruang yang lebih dalam mengindikasikan kemungkinan penyakit periodontal. Penyakit periodontal merupakan peradangan kronis pada gusi, jaringan pendukung dan juga tulang rahang. Tanpa adanya perawatan, maka kehilangan gigi dan juga kerusakan tulang rahang yang tidak bisa diperbaiki bisa terjadi. Antara 1 dari 10 orang akan mengalami penyakit periodontal yang parah.

Anda juga mungkin pernah mendengar tentang gingivitis atau radang gusi yang dialami hampir dari setengah orang dewasa. Gingivitis merupakan bentuk penyakit gusi yang lebih ringan yang melibatkan peradangan gusi namun tidak menyebabkan keropos tulang seperti penyakit periodontal. Akan tetapi radang gusi ini bisa berkembang menjadi penyakit periodontal dan kebersihan mulut yang buruk bisa menyebabkan radang gusi.

Penyakit periodontal dihubungkan dengan kondisi kesehatan termasuk dengan penyakit jantung, diabetes, penyakit pernapasan dan juga stroke. Wanita dengan sindrom ovarium polikistik atau PCOS dan juga endometriosis serta pada pria dengan disfungsi ereksi, akan lebih mungkin didiagnosis dengan penyakit periodontal dibandingkan orang lain.

Kesehatan Gigi dan Kesuburan Pria

Beberapa penelitian sudah menemukan jika pria dengan kesehatan mulut yang buruk atau jenis jenis penyakit gigi baik dari gigi berlubang berlebihan atau yang tidak diobati dan juga penyakit periodontal, maka akan lebih cenderung mengalami infertilitas faktor pria khususnya jika dibandingkan dengan kesehatan sperma normal.

Jumlah sperma yang rendah, motilitas sperma yang buruk, morfologi sperma abnormal dan bukti infeksi bakteri dalam segmen yang terkait dengan berbagai masalah kesehatan gigi dan juga mulut.Sedangkan untuk pria yang mengalami disfungsi ereksi akan lebih cenderung memiliki penyakit gusi.

Sejumlah penelitian sudah menemukan jika perawatan gigi berlubang seperti gigi taring berlubang dan infeksi gigi ternyata bisa meningkatkan kesehatan semen. Akan tetapi, ini merupakan area yang memerlukan penelitian lebih lanjut dan tidak semua penelitian menemukan perbaikan langsung sesudah perawatan gigi dilakukan.

Sponsors Link

Hubungan Kesehatan Mulut dengan Sperma

Ada beberapa teori yang menjelaskan hubungan dari kesehatan mulut yang buruk dengan sperma. Pertama, gigi berlubang, infeksi gigi dan juga penyakit gusi melibatan tingkat pertumbuhan bakteri tinggi di dalam mulut. Kadar bakteri yang meningkat di mulut bisa menyebabkan peningkatan kadar bakteri di area tubuh yang lainnya.

Kedua, pada saat tubuh berjuang melawan infeksi dan kerusakan gigi, maka respons imunologis tubuh akan berubah menjadi overdrive. Infeksi dan juga respons imunologis mungkin akan terkonsentrasi pada mulut namun ini masih bisa menyebabkan peningkatan peradangan di seluruh tubuh dan pada gilirannya bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel sel yang masih sehat dan tidak mengancam seperti mengembangkan sel sperma.

Sponsors Link
, , , ,
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini