Sponsors Link

10 Kebiasaan Yang Membuat Gigi Kuning (#Wajib Dihindari)

Sponsors Link

Memiliki gigi yang sehat, bersih, putih dan rapi tentu keinginan dari semua orang, tidak terkecuali Anda bukan?. Namun, alangkah tidak menyenangkannya jika gigi yang Anda miliki terlihat kuning, kusam bahkan terkesan tidak bersih. Hal ini dapat mempengaruhi penampilan Anda, apalagi keseharian Anda harus banyak berinteraksi dan bertemu dengan orang banyak. Berikut ini penyebab gigi cepat kuning pengobatan dan pencegahannya.

ads

Gigi merupakan aset bagi seseorang untuk dapat menambah rasa kepercayaan diri dan menunjang penampilannya. Sayangnya saat ini banyak orang yang salah  dalam melakukan perawatan gigi, sehingga justru membuat gigi menjadi kuning dan kusam. Saat gigi tidak dijaga dengan benar dan rutin, maka kesehatan gigi akan terganggu bahkan warna putihnya bisa memudar seiring dengan waktu. Contoh gunanya dan manfaat baking soda untuk gigi kuning yang wajib diketahui.

Gigi yang kuning jika dibiarkan berlarut larut maka akan berubah warnanya menjadi hitam. Oleh karena itu faktor apa saja yang bisa menjadikan gigi menjadi kuning. Berikut ini adalah penyebab gigi kuning yang harus kita ketahui  :

 1. Malas Untuk Menggosok Gigi

Hal paling penting yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning adalah jarang tau malasnya membersihkan gigi dan menyikat gigi. Gigi yang kotor akan membuat kotoran dari sisa sisa makanan menempel pada gigi dan hal itu yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Karena malas menggosok gigi menyebabkan gigi mengalami berbagai macam gangguan, contoh menyebabkan gigi berlubang dan menimbulkan plak atau karang gigi yang sulit untuk dihilangkan dengan gosok gigi biasa. Tips dan cara merawat gigi palsu agar tidak kuning yang benar dan tepat.

2. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan yang membuat gigi kuning lainnya yang harus Anda waspadai adalah kebiasaan suka merokok. Oleh sebab itu kita  yang harus memiliki inisiatif dan kesadaran untuk menjauhi rokok untuk mencegah bahaya terhadap gigi dan lainnya. Rokok juga bisa menyebabkan gigi kuning akibat nikotin yang menempel pada gigi, semakin banyak rokok yang dihisap semakin banyak zat nikotin yang menempel di gigi. Dan lama kelamaan gigi yang kuning bisa berubah menjadi hitam dan akan sulit dikembalikan ke warna aslinya. Beberapa cara mencegah gigi kuning yang perlu diketahui.

3. Suka Meminum Kopi

Kebiasaan lain yang perlu Anda perhatikan adalah kebiasaan meminum ngopi. Kandungan dalam kopi terdapat zat kafein yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Tidak hanya itu saja kandungan kafein apabila tidak segera dibersihkan akan menempel di gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning dan memuat bibir menjadi hitam. Jadi seharusnya Anda dapat segera memperbaiki pola kesehatan gigi Anda setelah mengkonsumsi minuman kopi. Berikut ini contoh cara membersihkan gigi bayi kuning yang benar dan aman.

Sponsors Link

4. Suka Minuman Panas dan Dingin Secara Bersamaan

Banyak masyarakat termasuk Anda yang suka mengkonsumsi makanan yang panas kemudian mengkonsumsi minuman yang dingin atau es. Hal tersebut tentu menyebabkan masalah di saluran pencernaan juga bisa menyebabkan masalah pada gigi. Pada saat anda mengkonsumsi makanan panas kemudian meneguk minuman yang dingin syaraf pada gigi bisa mati. Saat syaraf gigi tidak aktif atau berfungsi lagi maka gigi akan mati rasa dan berubah warna menjadi kuning pucat. Jika dibiarkan begitu saja tentu lambat laun akan bertambah parah. Yang perlu Anda tahu cara mengatasi gigi kuning paling ampuh.

ads

5. Suka Minuman Teh

Penyebab kebiasaan yang membuat gigi kuning lainnya yaitu mengkonsumsi minuman teh. Teh yang berlebihan menyebabkan kecanduaan yang juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Teh juga memiliki kandungan kafein rendah yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Mengkonsumsi minuman teh lebih dari 3 kali dalam sehari tentu berdampak pada warna gigi, dimana sisa zat kafein yang bisa menempel di gigi dan menyebabkannya menjadi berwarna kuning. Contoh makanan yang membuat gigi kuning yang harus dihindari.

6. Terlalu Sering Menggunakan Penyegar Mulut

Menggunakan penyegar mulut baik yang disemprot maupun kumur bisa menyebabkan gigi seseorang menjadi kuning. Dikarenakan kandungan kimia dan bahan bahan dari penyegar mulut yang menempel di gigi. Apabila tidak segera dibersihkan maka gigi akan menjadi kuning. Sebaiknya kita tidak berketergantungan dengan penyegar mulut. Gunakanlah penyegar mulut saat sesekali pada saat ingin bertemu dengan orang penting atau masalah pada mulut yang serius. Berikut tips dan cara merawat gigi tambalan agar tidak kuning.

7. Mengkonsumsi Minuman Alkohol

Efek alkohol memang dianggap sebagai perusak kesehatan dan penganggu kesehatan tubuh manusia. Selain bisa menyebabkan penyakit berbahaya lainnya, alkohol juga dipercaya bisa menyebabkan gigi berwarna kuning. Kandungan kimia pada alkohol mampu merusak lapisan luar gigi sehingga warnanya bisa berubah menjadi kuning dan menyebabkan gigi menjadi berlubang. Beberapa contoh cara merawat gigi behel agar tidak kuning.

8. Melakukan Bleaching Gigi

Tampil cantik dengan gigi yang putih berkilauan memang menjadi dambaan setiap orang khususnya wanita, namun sebelum melakukan hal tersebut pertimbangkan apa resiko melakukan hal tersebut. Terlalu sering melakukan pemutihan gigi atau belaching gigi dapat menghilangkan warna alami gigi sehingga gigi dapat berubah menjadi berwarna kuning. Bahaya dan pengaruh asam pada gigi yang jarang diketahui.

9. Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Minuman soda bisa menyebabkan gigi menjadi kuning dikarenakan soda memiliki kadar gula yang terlalu tinggi. Kadar gula yang tinggi pada soda yang bisa menyebabkan gigi berubah warna. Lapisan dentin gigi akan semakin terkikis apabila Anda terus mengkonsumsi minuman soda dengan jumah yang berlebihan. Anda perlu perhatikan pengaruh soda pada gigi yang wajib diketahui.

10. Makanan dan Minuman Yang Manis

Penyebab kebiasaan yang mebuat gigi kuning lainnya yang perlu diwaspadai adalah makanan dan minuman yang mengandung pemanis. Karena makanan dan minuman yang manis bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yang serius. Akibat makanan dan minuman yang manis bisa menyebabkan gigi Anda menjadi kuning.

Sponsors Link

Hal itu dikarenakan lapisan dentin pada gigi terkikis oleh glukosa yang ada pada gula. Maka dari itu sebaiknya setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis kita dianjurkan untuk berkumur kumur menggunakan air yang bersih atau menggosok gigi agar tidak tersisan kandungan zat gula pada gigi. Berikut contoh kelainan gigi berwarna coklat penyebab dan cara mengatasinya.

Demikian penjelasan mengenai kebiasaan yang membuat gigi kuning, semoga menjadi manfaat untuk Anda agar lebih memperhatikan kesehatan gigi akibat dari kebiasaan yang sebelumnya dianggap tidak bermasalah.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi