Sponsors Link

10 Kebiasaan yang Membuat Gigi Maju yang Sering Terjadi

Sponsors Link

Tak jarang tanpa kita sadari, ada beberapa kebiasaan yang berdampak kurang bagus terhadap kesehatan kita sering kita lakukan. Kebiasaan – kebiasaan itu mungkin tidak sengaja terjadi, misalnya saat anda lagi banyak fikiran anda makan cemilan berlebihan. Atau pada saat anda lagi panik, anda sering menggigiti kuku, dsb.

ads

Nah setelah pada artikel sebelumnya Halogigi membahas tentang kebiasaan yang membuat gigi rusak, kali ini kami akan membahas tentang kebiasaan yang membuat gigi maju. Ada beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan gigi tumbuh tidak rata dan agak menonjol kedepan, lebih maju, atau sering disebut tonggos. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang seharusnya segera anda hentikan.

Kebiasaan yang Membuat Gigi Maju

  1. Kebiasaan Ngempeng dan Pemakaian Botol Susu

Salah satu kebiasaan yang dapat mengakibatkan gigi tumbuh kedepan adalah kebiasaan yang dilakukan sejak bayi. Kebiasaan – kebisaan buruk seperti minum susu dengan botol yang terlalu lama, minum susu sambil tertidur, dan menggunakan empeng, sangat buruk akibatnya pada gigi susu, terutama 4 gigi susu bagian depan. Oleh sebab itulah sering kita jumpai balita yang gigi susu bagian depannya mengalami kerusakan,

Minum susu sambil tertidur akan membuat gigi terendam sisa – sisa air susu yang tidak dibersihkan. Kemudian sisa – sisa air susu tersebut menjadi makanan bagi bakteri gigi yang akan mengubahnya menjadi asam. Hal ini merupakan penyebab gigi rapuh, sehingga gigi gampang keropos dan menjadi hitam. Akhirnya gigi harus dicabut bila sampai terjadi infeksi, karena anak akan mengalami sakit gigi.

  1. Kebiasaan Menggeretakkan Gigi

Kebiasaan mengeretakkna gigi pada waktu sedang tidur dinamakan Bruxism. Bruxism adalah suatu kelainan, dimana seseorang selalu mengesek – gesekkan gigi – geligi rahang atas dan rahang bawahnya, sewaktu ia sedang tidur dan tanpa disadarinya. Kelainan yang menjadi kebiasaan ini pada awalnya tidak memerlukan penaganan khusus. Namun lama – kelamaan apabila kondisi ini berlanjut, maka perlu mendapatkan penanganan medis yang serius. Selanjutnya anda dapat membaca artikel terkait tentang penyebab gigi gemeretak saat tidur dan bahaya kebiasaan menggertakkan gigi.

  1. Kebiasaan Menggigit Kuku

Salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan adalah kebiasaan mengigit kuku. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh anak – anak, tetapi banyak juga orang dewasa yang sering melakukannya. Namun hal yang paling berdampak buruk terhadap gigi yaitu terjadi pada gigi anak – anak. Anda dapat membaca artikel terkait dampak menggigit kuku terhadap gigi.

Menggigiti kuku adalah hal yang reflek terjadi sebagai suatu reaksi terhadap perasaan gugup, cemas, dan rasa khawatir. Tanpa disadari, hal ini menyebabkan terjadinya perubahan pada struktur rahang yang dapat mengakibatkan gigi menjadi maju.

Sponsors Link

  1. Kebiasaan Menggigit Benda – benda

Kebiasaan lain yaitu kebiasaan menggigit benda – benda keras seperti pinsil, pulpen, dan lainnya yang tanpa disadari kadang kala terjadi secara spontan. Misalnya saat sedang menulis, lalu kita memikirkan sesuatu, kadang pulpen yang sedang berada ditangan kita gigit. Jika kebiasaan ini terjadi berulang dan terus menerus, juga akan dapat mengakibatkan terjadinya perubahan pada struktur rahang.

ads

  1. Kebiasaan Mengisap Jari

Kebiasaan mengisap jempol biasanya terjadi pada anak – anak yang dilakukan secara reflek. Biasanya mereka lakukan untuk menenangkan diri disaat mereka mengalami stress. Mengisap jempol mengakibatkan terjadinya tekanan pada rahang bagian atas, sehingga gigi anterior akan lebih cendrung maju. Hal ini disebabkan karena tekanan pada jempol memberi daya dorong pada gigi atas.

  1. Kebiasaan Menjulurkan Lidah

Kebiasaan yang satu ini sangatlah tidak baik dari segi etika maupun segi kesehatan. Dari segi etika kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang kurang sopan, sedangkan dari segi kesehatan kebiasaan menjulurkan lidah dapat mengakibatkan terjadinya celah pada gigi bagian depan.

  1. Kebiasaan Bernafas Melalui Mulut

Kebiasaan bernapas melalui mulut, biasanya terjadi karena adanya masalah sumbatan pada jalan napas di hidung. Kebiasaan ini ternyata dapat mengakibatkan gigi maju ke depan karena masuknya udara melalui mulut.

  1. Kebiasaan Menyikat Gigi yang Salah

Kesadaran akan pentingnya menggosok gigi dengan teratur dan cara menyikat gigi dengan benar menjadi indikator kesehatan gigi seseorang. Karena, cara menyikat gigi yang tidak tepat juga akan berdampak pada struktur gigi. Oleh sebab itulah para orang tua perlu mengajari anak – anak mereka tentang pentingnya menggosok gigi dan bagaimana cara menggosok gigi yang benar. Agar si kecil tumbuh dengan susunan gigi yang sehat dan rapi.

  1. Kebiasaan Mendorong Gigi Depan

Kebiasaan mendorong gigi depan dengan lidah juga merupakan kebiasaan lain yang sering tanpa sadar kita lakukan. Hal ini juga menyebabkan tekanan pada gigi yang dapat merupah posisinya.

  1. Kebiasaan Menggigit Bibir

Selain ke 9 kebiasaan – kebiasaan yang dapat menyebabkan gigi maju diatas, kebiasaan mengigit bibir juga ternyata dapat merubah struktur gigi dan menyebabkannya maju ke depan.

Selain faktor genetik yang menjadi penyebab letak gigi menjadi maju ke depan seperti faktor keturunan, faktor rahang yang terlalu kecil, dan faktor lidah yang terlalu besar, maka faktor kebiasaan juga dapat merubah struktur gigi. Kebiasaan yang membuat gigi maju seperti yang telah kita bahas diatas, hendaknya dapat anda atasi dan hentikan dengan segera.

Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan, semoga bermanfaat dan dapat membatu para pembaca semua dalam mengatasi permasalahan gigi yang sedang anda alami. Ikuti terus artikel – artikel informatif yang akan datang, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi