Sponsors Link

3 Kelainan Gigi Akibat Bibir Sumbing

Sponsors Link

Sobat semua tentunya pernah melihat kondisi bibir dan mulut seseorang yang tidan normal yakni seperti bibir sumbing ya sobat. Kondisi ini memang salah satu kondisi pada bagian mulut, bibir dan juga langit –  langit mulut yang tidak normal yang disebabkan oleh beberapa hal sejak ia masih dalam kandungan sebab itu terdapat tindakan kedokteran gigi yang diperbolehkan untuk ibu hamik dan yang tidak diperbolehkan.

ads

Bibir sumbing tersebut merupakan kondisi kelainan bawaan yang ditandai dengan adanya celah atau belahan pada bagian bibir atas. Celah tersebut bisa terjadi apda tengah bibir, bagian kanan bibir, maupun pada bagian kiri bibir. Selain bibir diatas tersebut,

sumbing ini juga bisa terjadi pada bagian langit –  langit mulut dan inilah kondisi yang paling berbahaya karena berhubungan dengan berbagai jenis jenis syaraf pada gigi dan harus melakukan perawatan yang lebih insentif. Kondisi seperti ini biasa disebut dengan langit –  langit sumbing.

Adapun bibir sumbing tersebut terjadi pada saat masih di kandungan, jaringan di bibir bayi atau pada langit –  langit mulut bayi tidak menyatu alais terpisah, sehingga meninggalkan celah pada saat ia dilahirkan . Normalnya sobat, proses penyatuan bibir sumbing tersebut diperlukan beberapa klai operasi untuk menyatukan kemblai celah tersebut. Adapun beberapa faktor  penyebab  terjadinya bibir sumbing tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Faktor Genetik

Bayi yang lahir dari orang tua dengan kondisi bibir sumbing dan langit –  langit yang sumbing, atau bisa juga memiliki saudara dengan keadaan sumbing tersebut dimana terdpaat faktor keturunan seperti pengaruh keturunan pada gigi yang mudah ompong, maka akan beresiko mengalami hal yang sama pada generasi keturunannya yang berikutnya.

  • Faktor Gender

Bayi laki –  laki dua kali lebih beresiko mengalmai cacat lair ini dibandingkan dengan bayi perempuan. Pada bayi laki –  laki, kondisi bibir sumbing tersebut bisa terjadi dengan atau tanpa diserati dengan langit –  langit sumbing.

  • Faktor Kekurangan Gizi

Pada saat seorang ibu kekurangan gizi terutama asam folat selama kehamilan, maka akna beresiko melahirkan bayi yang sumbing.

Selain penampilan yang kurang bagus dan cenderung membuat seseorang minder, maka Kenali Kelainan Gigi Akibat Bibir Sumbing tersebut. Berikut ulasannya untuk anda. Adapun kelainan gigi akibat bibir sumbing diantaranya adalah sebagi berikut :

  • Gigi Tumbuh Tidak Normal

Hal ini terjadi pada bayi yang memiliki langit –  lanhit sumbig. Pada  bayi yang lanhit –  langit mulutnya sumbing maka otomatis gusinya juga akan ikutan sumbing, oleh karena itulah pertumbuhan giginya juga tidak akan normal oleh karena adanya celah pada gusi tersebut.

  • Posisi Gigi Tidak Beraturan

Gigi yang tidak beraturan ini juga terjadi akibat gusi yang memilih velah tersebut, dan meskipun disatukan kembali tetap akan meninggalkan bekas.

Sponsors Link

  • Gigi Tidak Sejajar

Gigi bayi yang sumbing juga tidak akan tumbuh sejajar meski sudah dilakukan operasi untuk menggabungkan gusi yang terpisah tersebut. Gigi bagian atas dan bawah biasanya tidak akan sejajar.

Sebisa mungkin salama kehamilan anda sebagai ibu menjaga kesehatan dan kecukupan gizi agar bisa mengantisipasi hal tersebut. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi anda. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini