Sponsors Link

Kelainan Gigi Akibat Pertumbuhan dan Perkembangan Paling Fatal

Sponsors Link

Kelainan gigi akibat pertumbuhan dan perkembangan yang dialami manusia ada banyak jenisnya. Berbagai informasi mengenai kelainan gigi ini yang perlu anda ketahui. Pasalnya, jika anda ingin mewaspadainya maka penyakit ini dapat anda hindari dan anda tidak perlu mengalami kelainan tersebut. Saat baru lahir, anda akan mengalami pertumbuhan gigi di usia hampir 1 tahun.

ads

Usia hampir 1 tahun ini, anda akan memiliki gigi susu. Gigi susu ini bersifat sementara dan tidak permanen. Jika sudah tanggal, maka akan digantikan dengan gigi permanen. Berbagai pertumbuhan gigi dan perkembangan dari gigi permanen ini yang kemudian dapat membuat setiap orang mengalami kondisi gigi yang berbeda. Mungkin juga mengalami berbagai kelainan gigi akibat pertumbuhan dan perkembangan tadi.

Gigi saat-saat mengalami perkembangan dan pertumbuhan selalu memiliki bentuk-bentuk yang berbeda. Hal ini juga dialami dengan tampaknya jumlah gigi anda terlalu berlebihan dari jumlah total normal yang biasa dialami oleh seseorang. Selain mengalami kelainan dalam jumlah gigi, anda pun kemudian dapat mengalami kelainan struktur gigi.

Struktur gigi anda pun dapat memiliki kelainan berupa adanya gigi yang menumpuk dan gigi yang rusak. Anda pun dapat mengalami masalah kesehatan akibat gangguan dan kelainan struktur gigi ini. Terakhir, anda pun dapat mengalami kelainan pada bagian jaringan gigi anda. Lalu apa saja informasi detail dari kelainan ini? Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini.

3 Jenis Kelainan Gigi Akibat Pertumbuhan dan Perkembangan

Anda juga dapat mengalami kelainan yang adalah akibat dari pertumbuhan dan perkembangan gigi anda. Sebagai berikut ini ada 3 jenis kelainan gigi akibat masa-masa pertumbuhan dan perkembangan yang perlu anda waspadai agar gigi anda tidak mengalami kerusakan. Berikut ini penjelasannya yang perlu anda ketahui terkait definisi penyakit tersebut, penyebabnya, dan bagaimana anda cara mengatasinya secara umum.

  1. Kelainan dalam Jumlah Gigi yang Terlalu Berlebih dan Tidak Normal Ukurannya

Jenis pertama yang menjadi kelainan gigi yang terjadi akibat pertumbuhan dan perkembangan secara terus-menerus berlangsung dipengaruhi oleh adanya jumlah tumbuh gigi yang saat pertumbuhan melebih jumlah normal gigi yang biasanya dimiliki oleh seseorang.

Jadi jumlah gigi bisa memang dapat tumbuh dari jumlah normalnya karena diarean insisivus sentral maksila yang terjadi di area molar yang disebut distodens. Anda yang mengalami jumlah gigi lebih dari normal ini diketahui dapat membuat gusi anda membengkak dan kemungkinan tumbuhnya gigi anda menjadi sulit dan diluar batas normal. Akhirnya, gusi anda akan mengalami pembusukan dan kemudian dapat juga menimbulkan gigi berlubang dan berdarah dan mengeluarkan bau.

Sponsors Link

  • Penyebab

Ada beberapa penyebab mengapa jumlah gigi normal ini dapat lebih dari batas normal. Pertama, biasanya adalah karena faktor keturunan. Jika anda memiliki keturunan bahwa keluarga anda mengalami jumlah gigi normal, maka kemungkinan anda pun mengalami gigi yang jumlahnya lebih juga. Selain itu, hal ini juga dapat dialami akibat faktor hormon. Jadi berhati-hatilah dan perhatian faktor yang dapat mengalami penyakit gigi anda.

ads

  1. Kelainan dalam Struktur Gigi yang Menumpuk dan Menjadi Tidak Teratur

Masalah kedua kelainan gigi yang terjadi sebagai akibat bertumbuh dan berkembangnya tubuh manusia adalah karena struktur gigi anda. Struktur gigi anda ini dapat bermasalah biasanya karena ukuran gigi anda yang terlalu besar dari ukuran normal. Hal ini dapat terjadi disebabkan kebiasaan buruk anda yang selalu makan makanan yang terlalu manis, minum minuman beralkohol, serta manusia jarang melakukan perawatan gigi sehingga gigi menjadi tidak normal. Akhirnya anda pun dapat mengalami masalah struktur gigi yang bertumpuk atau jarang. Ada bagian-bagian gigi yang tidak dapat dibersihkan dan kemudian menyebabkan kerusakan gigi seperti berlubang dan terjadi pembusukan.

  • Penyebab

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, anda dapat mengalami masalah struktur gigi ini karena kebiasaan yang buruk. Anda dapat membahayakan kondisi struktur gigi ini karena makanan manis, alkohol, dan perawatan yang tidak bersih. Artinya, anda pun dapat mengalami gigi yang besar karena kandungan makanan yang merubah gigi anda dari batas normal.

  1. Kelainan dalam Jaringan Gigi yang Sensitif dan Mudah Berdarah

Terakhir anda dapat mengalami kelainan gigi selama pertumbuhan dan perkembangan seperti jaringan gigi yang sensitif dan mudah berdarah. Gigi yang sensitif artinya jaringan gigi anda mengalami masalah dan ada akibat jika anda tidak menjaga kebersihannya. Ada beberapa gigi yang terkena efek seperti nyeri dan sakit ketika sedang mengonsumsi makanan. Jadi bagaimana hal ini dapat terjadi? Penyebabnya adalah pada bagian di bawah ini.

  • Penyebab

Jaringan gigi anda dapat sensitif disebabkan oleh beberapa hal. Pertama masih berkaitan dengan tumbuhnya gigi yang ukurannya terlalu besar. Ukuran gigi yang terlalu besar ini akan menekan bagian  gusi dan jaringan gusi anda pun dapat rusak dan menimbulkan  sakit seperti nyeri dan tersetrum setiap tersenggol makanan. Hal ini menjadi ciri ciri gigi sensitif yang juga harus anda waspadai di awal.

Cara Mengatasi Kelainan Gigi Akibat Pertumbuhan dan Perkembangan

Itulah tadi informasi mengenai apa saja kelainan gigi yang terjadi selama masa pertumbuhan dan perkembangan anda. Jika anda sudah mengalaminya, maka anda perlu mengetahui apa saja cara untuk anda dapat mengatasinya. Berbagai cara mengatasi penyakit itu anda perlu lakukan dengan cara seperti ini. Silahkan mencoba dan merasakan manfaatnya untuk mengatasi kelainan gigi anda.

Sponsors Link

  1. Pengobatan masalah kelainan gigi akibat pertumbuhan dan perkembangan dapat dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter gigi secara teratur dan rutinitas.
  2. Setelah itu, seseorang dapat mengobati masalah kelainan gigi akibat pertumbuhan dan perkembangan ini dengan melakukan pengangkatan kelainan gigi ini melalui operasi ke dokter gigi.
  3. Terakhir, seseorang dapat melakukan cara pengobatan kelainan gigi saat pertumbuhan dan perkembangan ini berlangsung dengan melakukan obat herbal kumur-kumur.

Itulah tadi informasi mengenai apa saja kelainan gigi akibat pertumbuhan dan perkembangan dan bagaimana cara mengatasinya. Anda dapat mengetahui bahwa berbagai cara mengatasi kelainan gigi tersebut belum tentu dapat sesuai dengan diri anda sendiri. Anda harus menyesuaikan apa saja cara mengatasinya dengan jenis kelainan yang anda sedang alami. Tidak semua jenis kelainan memiliki cara mengatasi yang sama untuk setiap orang. Silahkan pelajari sendiri sesuai kebutuhan anda dan sesuaikan cara yang paling tepat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini