Sponsors Link

Kelainan Gigi Berwarna Coklat – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gigi yang sehat yaitu gigi yang bebas dari penyakit gigi, gigi yang berwarna putih bersih, dan gigi yang tersusun rapi dan indah dipandang mata adalah idaman semua orang. Tetapi tidak semua orang memiliki gigi yang sehat. Selain penyakit gigi yang disebabkan oleh pola makan dan cara memelihara kesehatan gigi yang salah, ada juga beberapa kelainan gigi yang disebabkan oleh faktor – faktor lainnya. Ada beberapa kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan gigi yang dapat diklasifikasikan, antara lain:

ads
  • Kelainan warna gigi
    Kelainan ini biasanya disebabkan karena pemberian obat – obatan, faktor makanan dan minuman, dan faktor penyakit.
  • Kelainan bentuk gigi (geminasi)
    Geminasi merupakan kelainan gigi yang terjadi disebabkan karena satu benih gigi terbagi menjadi dua pada proses invaginasi sehingga menyebabkan terbentuknya dua gigi yang tidak sempurna.
  • Kelainan ukuran gigi
    Kelainan ukuran gigi sangat berpengaruh pada faktor genetik, yaitu kelainan yang terjadi selama masa diferensiasi morfologi.
  • Kelainan jumlah gigi
    Pada kelainan jumlah gigi, penyebabnya adalah terjadinya gangguan selama proses inisiasi ketika terjadi perkembangan pada lamina dental dan tahap tunas. Salah satunya adalah Anodontia atau kelainan gigi tidak tumbuh karena tidak adanya benih gigi.
  • Kelainan erupsi gigi
    Kelainan ini disebabkan karena adanya erupsi yang terjadi sebelum waktunya.
  • Kelainan struktur jaringan gigi
    Kelainan ini biasanya disebabkan karena terjadi ketidakseimbangan bembentukan sebagian atau seluruh jaringan gigi.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang kelainan gigi berwarna coklat. Sebenarnya email gigi atau lapisan gigi yang paling atas berwarna tembus pandang atau transparan, jadi warna putih adalah warna dentin atau zat yang berada di bawah email gigi. Gigi sulung biasanya berwarna putih susu atau putih kebiru – biruan. Sedangkan pada gigi orang dewasa, banyak kita jumpai berwarna putih keabu – abuan, putih kekuning – kuningan, atau kuning keabu – abuan.

Kelainan Gigi Berwarna Coklat dan Penyebabnya

  1. Gigi Berwarna Coklat Keabu – abuan

Kelainan gigi dengan warna coklat keabu – abuan biasanya disebabkan oleh karena pemakaian obat tetrasiklin pada ibu hamil dan anak – anak. Kelainan warna gigi ini biasanya terdapat pada bagian leher gigi bagian depan.

  1. Gigi Berwarna Coklat Kemerahan

Pada penderita Porfiria apabila terkena sinar ultra violet, maka gigi akan memberikan fluorensasi coklat kemerahan. Porfiria adalah kelainan yang terjadi pada saat berlangsungnya proses pembetukan heme yang tidak sempurna. Heme adalah bagian penting dari hemoglobin, yaitu protein pengantar oksigen dan pengikat zat besi di dalam darah. Apabila terjadi ketidaksempurnaan pada salah satu enzim yang terlibat pada proses ini, maka akan terjadi penumpukan senyawa kimia sesuai dengan enzim yang kurang tersebut.

Sponsors Link

  1. Gigi Berwarna Coklat Kekuning – kuningan

Gigi yang berwarna coklat kekuning – kuningan dapat kita jumpai pada penderita osteogenesis imperfecta. Salah satu ciri kelainan gigi pada pasien osteogenesis imperfecta ini adalah terjadinya gigi berwarna yang disebabkan oleh kelainan formasi dari enamel atau permukaan luar gigi yang desebut dengan amelogenesis imperfekta. Amelogenesis imperfekta terjadi pada seluruh gigi penderita.

  1. Gigi Berwarna Coklat Kehitaman

Seiring bertambahnya usia juga dapat mempengaruhi warna gigi. Hal ini disebabkan karena makanan dan minuman yang dikonsumsi. Seperti minuman kopi, minuman teh, minuman yang panas, minuman beralkohol dan bersoda. Selain itu faktor kebiasaan seperti merokok, dan mengkonsumsi obat – obatan juga dapat menjadi penyebab gigi berwarna.

Setelah kita mengetahui beberapa kelainan gigi berwarna coklat dan penyebabnya, maka akan lebih lengkap jika kita juga mengetahui bagaimana cara pengobatannya. Berikut beberapa pengobatan atau penaganan yang sebaiknya diberikan.

Sponsors Link

Pengobatan Pada kelainan Gigi Berwarna Coklat

  • Pada kelainan gigi berwarna coklat yang disebabkan oleh pemakaian tetrasiklin dapat dilakukan dengan terapy pemutihan gigi (bleaching), dan pelapisan permukaan gigi (veneer). Anda dapat menambah wawasan dengan membaca proses pembuatan veneer gigi, cara veneer gigi kelinci, dan kelemahan veneer gigi.
  • Sedangkan pada penderita porfiria dapat menghindari paparan langsung sinar matahari, mengkonsumsi suplemen beta karoten secara rutin, dan hindari mengkonsumsi alkohol.
  • Pada penderita osteogenesisi imperfect, perawatan gigi susu dan saat pergantiannya sangat penting untuk menjamin kesejajaran tumbuhnya gigi permanen. Selain itu dapat dilakukan juga pelapisan permukaan gigi seperti veneer Perawatan ortodontik aman untuk dilakukan selama tidak terdapat gigi keropos.
  • Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi berwarna adalah cara penanganan yang tepat untuk menghindari perubahan warna pada gigi. Seperti mengkonsumsi makanan yang menguatkan gigi dan makanan yanga menyehatkan gigi. Selain itu juga menjaga kebersihan gigi dengan cara menyikat gigi dengan benar dan menghindari rokok serta konsumsi obat – obatan. Terapy pemutihan gigi (bleaching gigi), dan pelapisan permukaan gigi (veneer) dapat dilakukan pada orang dengan kondisi gigi berwarna coklat yang disebabkan karena faktor makanan, minuman dan kebiasaan buruk.

Kelainan gigi berwarna coklat, penyebabnya dan pengobatan yang diberikan yang telah dijelaskan diatas, semoga dapat menambah wawasan dan membantu para pembaca dalam mengatasi masalah gigi berwarna. Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan, semoga bermanfaat. Nantikalah artikel – artikel informatif kami seputar kesehatan gigi dan mulut, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi