Sponsors Link

5 Kelainan Gigi Bungsu yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Kelainan gigi bungsu dapat terjadi pada siapa saja dan tentu bahayanya pun akan sangat tinggi dan bahkan dapat mengancam keselamatan anda jika memang terjadi. Anda sebaiknya harus selalu waspada dengan resiko dari kelainan pada pertumbuhan gigi bungsu. Namun sebelumnya, sudahkah anda mengetahui apa itu istilah gigi bungsu? Sesuai dengan namanya, gigi bungsu adalah gigi yang tumbuh paling terakhir pada manusia. Tentu sebagai gigi yang tumbuh terakhir, gigi ini bertempat di ujung-ujung rahang anda. Ujung rahang bawah ada dua gigi bungsu, begitu juga dengan 2 gigi bungsu di ujung dua rahang atas.

ads

Pertumbuhan gigi bungsu ini sebagai gigi yang terakhir tumbuh sangat mudah mengalami ancaman kelainan. Kelainan dalam pertumbuhan gigi bungsu khususnya terjadi karena adanya gigi bungsu tumbuh miring ke arah pipi dan gigi ini mendorong gigi di sekitarnya dan menimbulkan rasa sakit yang tidak karuan. Tidak jarang penderita dari kelainan pertumbuhan gigi bungsu pun dapat menderita sakit kepala tak tertahankan. Gigi seluruhnya diharapkan tumbuh vertikal, namun gigi bungsu yang kelainan akan tumbuh horizontal. Akan sangat mungkin gigi lain disisinya akan mengalami infeksi dan kerusakan bahkan pendarahan. Jadi sebaiknya mula

5 Efek dari Kelainan Gigi Bungsu yang Sering Diderita Masyarakat

Kelainan pada gigi bungsu ini biasanya selalu muncul pada seseorang di atas umur sekitar 21 tahun. Berbagai keluhan kemudian akan dirasakan dan kemudian dikenal sebagai efek dan bahaya gigi bungsu tumbuh miring dan menunjukkan kelainan lainnya. Informasi ini perlu untuk anda ketahui dan membantu anda pun dapat mendeteksi bahwa anda sedang menderita penyakit pada gigi bungsu yang tumbuh dengan kelainan. Apa saja kira-kira informasi mengenai efek dari kelainan pada pertumbuhan gigi bungsu ini? Simak penjelasan lengkapnya pada bagian di bawah ini.

  1. Pembusukan Gigi dan Gusi

Efek yang pertama yang ditimbulkan dari kelainan gigi bungsu pada manusia adalah lebih mudahnya terjadi pembusukan gigi dan gusi dan prosesnya pun terjadi secara cepat. Hal ini ditunjukkan dengan terjadinya pembengkakan pada bagian gigi bungsu anda. Hal ini sudah pasti akan terjadi dan diawali dengan munculnya pembengkakan di salah satu gusi sehingga dalam waktu cepat ia tampak mengeluarkan darah. Setelah itu, dalam jangka waktu lamanya jika tidak segera disembuhkan maka darah yang tadi keluar mulai mengering didalam gusi tersebut dan terjadi pembengkakan dan infeksi berkepanjangan.

  1. Kesulitan Membersihkan Gigi Bagian Belakang

Jenis efek yang kedua ini terjadi saat anda mengalami kelainan pertumbuhan gigi bungsu yang memiliki dampak sangat negatif seperti anda yang kemudian sulit untuk membersihkan gigi bagian belakang anda. Alasannya, awal mulanya kelainan gigi bungsu ini membuat masalah pada penyumbatan alairan darah yang membeku dan seluruh sistem saraf-saraf di gusi akan mengalami gangguan. Akhirnya untuk dapat membersihkan bagian belakang tersebut akan sangat sulit dilakukan, mengingat gigi akan menjadi sensitif dan lebih mudah berdarah. Akan semakin banyak masalah lanjutan yang menyebabkan gigi anda kemudian rusak dan kotoran semakin menumpuk di dalamnya.

  1. Kerusakan Akar Gigi dan Kesulitan Menggerakkan Rahang

Ketiga ada juga efek yang diakibatkan oleh kelainan gigi bungsu berupa kerusakan pada bagian akar gigi anda. Tidak sampai disitu saja, gigi anda yang rusak akar-akarnya kemudian menyebabkan rahan menjadi sulit untuk digerakkan. Sebaiknya, anda memperhatikan hal ini dari sekarang. Jangan sampai gigi bungsu anda terus merusak akar gigi bahkan membuat anda benar-benar tidak bisa menggerakkan rahang lagi. Ada dapat melakukan upaya pencegahan kerusakan akar gigi lebih awal. Hal ini dilakukan dengan memastikan tidak adanya rahang yang sakit akibatnya.

Sponsors Link

  1. Pendarahan dari Gusi secara Terus Menerus

Jenis efek samping gigi bungsu tumbuh yang keempat dari kelainan pada pertumbuhan gigi bungsu anda dapat terjadi berupa keluarnya darah terus menerus dari gusi anda. Pasalnya, gigi bungsu akan tumbuh dan merobek gusi di atasnya. Sayangnya, gusi tidak semuanya dapat ditembus dengan mudah oleh gusi. Jadi banyak gusi yang kemudian mengalami pendarahan dan infeksi berkepanjangan. Hal ini yang seharusnya anda waspadai. Jangan sampai anda harus menderita dengan pendarahan gusi ini. Sebaiknya anda banyak mengonsumsi makanan bervitamin untuk mengatasinya dari sekarang.

Sponsors Link

  1. Sakit Gigi dan Suhu Badan Tinggi

Terakhir, gigi bungsu yang mengalami kelainan pada pertumbuhannya pasti akan menimbulkan sakit gigi tak tertahankan ditambah lagi dengan meningkatnya suhu badan anda. Pasalnya, gigi bungsu yang kelainan akan tumbuh mendesak gigi lain dan mengganggu keberadaan sarafnya. Anda pun akan mengalami rasa sakitnya sebagai ciri ciri gigi bungsu tumbuh. Infeksi pun sangat mungkin terjadi lalu suhu badan anda akan meningkat dan membuat anda lebih mudah sakit. Jadi pastikanlah untuk mewaspadainya dan segera melakukan penanggulangan.

Itulah tadi informasi mengenai apa saja 5 efek dari kelainan gigi bungsu dalam pertumbuhannya. Anda pun dapat mulai hati-hati dari sekarag. Perhatikan kondisi pertumbuhan masing-masing gigi anda. Jangan sampai anda harus menderita karena gigi bungsu yang terus menerus mengganggu kesehatan anda ini. Pastikan juga untuk melakukan perawatan dalam menunggu pertumbuhan gigi bungsu anda. Khususnya banyaklah makan makanan bervitamin untuk membuat gusi selalu sehat dan tidak mudah sakit lagi seperti sebelumnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini