Sponsors Link

Kelainan Gigi dan Rongga Mulut saat Hamil – Penyebab – Pengobatan

Sponsors Link

Kelainan gigi dan rongga mulut saat hamil sudah banyak dikeluhkan saat ini, sedangkan informasi mengenai bagaimana anda dapat mengatasinya hingga tepat bisa sembuh. Ibu hamil diketahui memang akan sangat banyak mengalami perubahan kondisi tubuh. Tidak hanya perubahan hormon yang menyebabkan mual dan muntah, ternyata perubahan pun dapat terjadi pada bagian gigi dan mulut ibu hamil tersebut. Tahukah anda apa saja jenis kelainan tersebut? Bagi anda yang belum mengetahuinya maka waspadalah dengan menggunakan beberapa informasi berikut ini.

ads

Saat hamil, seorang wanita dapat mengalami peningkatan hormon yang sangat tinggi. Peningkatan hormon ini diketahui sangat berpengaruh dalam kehidupan dan kesehatan dari wanita tersebut. Bukan saja wanita hamil akan mengalami kesulitan makan dan mual-mual, seorang wanita hamil akan mengalami perubahan pada gigi dan rongga mulutnya. Khususnya, gigi dan rongga mulut wanita hamil ini akan mengalami kelainan dan menyebabkan bau mulut saat hamil.

Kelainan gigi dan rongga mulut saat hamil ini terjadi akibat pengaruh dari hormon yang meningkat tadi. Agar lebih mudah mempelajarinya, cobalah anda simak penjelasan berikutnya terkait apa saja jenis kelainan pada bagian gigi dan rongga mulut saat hamil dan bagaimana cara mengatasinya.

Kelainan Gigi dan Rongga Mulut saat Hamil

Anda sudah mengetahui bahwa ibu hamil beresiko mengalami kelainan pada bagian gigi dan rongga mulutnya, Kondisi ini yang perlu anda waspadai terkait apa saja jenis kelainan tersebut, apa saja penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya. Bagi anda yang penasaran mengenai informasi lengkap tersebut maka anda silahkan simak penjelasan di bawah ini. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

  1. Mengalami Peradangan Gusi

Jenis kelainan pertama pada gigi dan rongga mulut ibu hamil diketahui adalah peradangan gusi. Radang gusi ini terjadi akibat banyaknya virus dan bakteri yang masuk ke mulut dan tinggal di bagian-bagian rongga mulut dan gigi. Berbagai virus dan bakteri ini yang kemudian menjadi muncul peradangan di gusi anda dan menimbulkan gusi berdarah pada ibu hamil.

Penyebab

Penyebab mengapa radang gusi dapat merusak gigi anda diawali dengan kondisi di mana ibu hamil membutuhkan sangat banyak cairan. Pasalnya ibu membutuhkan asupan air yang sangat baik, tidak hanya untuk dirinya tetapi untuk janin bayi. Selama masa adaptasi ini, ibu pasti belum mengetahui bagaimana banyaknya air yang harus dikonsumsi. Akhirnya, ibu pun dapat mengalami kekurangan cairan dan kemudian gusi ibu mengalami peradangan. Kekurangan cairan inilah yang menyebabkan gusi pun rusak.

  1. Mengalami Penumpukan Bakteri dan Kotoran di Mulut

Kelainan yang kedua yang dialami oleh ibu hamil di bagian gigi dan rongga mulut diakibatkan oleh kandungan yang masuk ke dalam mulut. Kekurangan cairan dapat membuat sistem perubahan hormon tampak lemas dan lesu. Kotoran dan bakteri yang masuk ke dalam mulut ini terus menerus merusak gigi anda dan mengganggu kenyamanan mulut anda misalnya dengan terjadinya absesi gusi pada ibu hamil akibat kotoran tadi.

Sponsors Link

Penyebab

Kondisi yang menyebabkan terjadinya penumpukan bakteri dan kotoran di mulut ini dipengaruhi oleh bagaimana ibu hamil mengalami perubahan kadar hormon. Hormon yang meningkat ini mungkin membuat ibu hamil ingin mengonsumsi banyak makanan. Lalu, ibu hamil pun akan kesulitan untuk selalu menjaga gigi anda tetap bersih. 

ads

  1. Muncul Gigi Berlubang dengan Lebih Mudah

Jenis kelainan yang ketiga ini pada gigi dan rongga mulut ibu hamil adalah munculnya gigi berlubang. Lubang pada gigi ibu hamil dipengaruhi juga oleh hormon yang meningkat. Seperti dijelaskan sebelumnya, mulut ibu hamil akan terasa kering, pahit, dan kekurangan cairan.

Akhirnya semakin banyak juga bakteri dan kotoran yang menumpuk di mulut anda. Akhirnya, kotoran dan bakteri ini akan membuat pembusukkan gigi dan gigi lebih mudah berlubang jadi harus anda mewaspadai efek samping gigi berlubang pada ibu hamil.

Penyebab

Lubang pada gigi diketahui berhubungan dengan bagaimana gigi ibu hamil menjadi lebih mudah keropos. Keropos gigi ibu hamil ini dipengaruhi oleh kurangnya cairan dalam mulut ibu hamil. Jadi pastikanlah untuk menjaga kelembaban mulut selama kehamilan. Jangan sampai mulut anda rusak dan gigi anda berlubang karenanya.

Cara Mengatasi Kelainan Gigi dan Rongga Mulut saat Hamil

Informasi di atas adalah berbagai informasi yang ditemukan terkait kelainan gigi dan rongga mulut pada ibu hamil saat sedang hamil. Agar anda dapat segera mengatasinya, maka anda perlu mencoba beberapa cara mengatasi di bawah ini. Informasi di bawah ini diharapkan bermanfaat untuk anda dan tidak sulit untuk anda coba lakukan dan segera rasakan khasiatnya.

  1. Cara pertama ini untuk menyembuhkan kelainan gigi dan rongga mulut pada ibu hamil yaitu anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter gigi dan dokter ahli THT secara teratur dan rutin. Pemeriksaan bermanfaat untuk melihat dan mendeteksi kelainan lebih awal. Kelainan yang lebih awal terdeteksi akan lebih cepat diobati dengan cara mengobati sakit gigi pada ibu hamil.
  2. Selain itu, langkah yang terbaik untuk mengobati kelainan gigi dan rongga mulut yang muncul selama kehamilan adalah dengan melakukan pemakaian obat kumur dari bahan alami secara rutin dan teratur. Obat kumur dari bahan alami yang dapat anda coba adalah obat kumur dari baking soda.
  3. Terakhir, selama sedang hamil pastikan untuk selalu menjaga jenis makanan yang anda konsumsi. Selain itu, pastikan juga untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh anda. Jangan sampai anda mengalami kekeringan dan kelainan pada mulut anda karena kekeringan tersebut.

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja kelainan gigi dan rongga mulut saat hamil dan bagaimana cara mengatasinya. Informasi yang lengkap terkait berbagai kelainan yang mungkin anda alami di masa masa kehamilan anda.

Mulai dari sekarang setelah mengetahui informasi ini, diharapkan ibu hamil lebih berhati hati dan tidak lagi mudah membiarkan gigi kotor dan tidak dibersihkan. Selalu juga cukupi kebutuhan cairan anda jangan sampai mulut anda kering, pahit, dan menjadi sarang berkembangnya penyakit mulut yang mungkin juga membuat mulut anda menjadi bau setelahnya. Selamat mencoba dan menjaga kesehatan mulut anda walaupun sedang hamil.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi