Sponsors Link

Kelainan Gigi Geligi – Penyebab – Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kelainan gigi geligi diketahui adalah sebuah kelainan pada gigi yang terjadi karena pengaruh struktur gigi yang berantakan. Anda tentu sudah mengetahui sebelumnya bahwa gigi memiliki struktur normal yang membuat tidak ada pertumbuhan gigi yang menumpuk, gigi yang keluar dari susunannya, dan banyak jenis kelainan lainnya. Hal inilah yang disebut dengan kelainan gigi geligi. Contoh kelainan gigi geligi ini dapat anda ketahui dari berbagai penyebab gigi jarang pada anak. Artinya, ada suatu kondisi yang menyebabkan struktur gigi menjadi rusak akibat gigi geligi anda mengalami kelainan. Sebagai awal informasi, tahukah anda apa saja yang berkaitan dengan gigi geligi?

ads

Kelainan gigi geligi pada manusia hal yang membuat sistem tumbuhnya gigi sangat tidak teratur kondisinya dari satu sisi ke sisi yang lainnya. Lalu sistem kondisi inilah yang menyebabkan dapat timbulnya kelainan gigi susu juga. Gigi susu ini misalnya bisa tumbuh dua kali lipat dari jumlah total keseluruhan gigi yang ada dan gigi susu ini kemudian tidak memiliki tempat untuk tumbuh normal pada gusi yang sama dengan yang lainnya.

Akhirnya, anda pun dapat mengalami permasalahan gusi seperti misalnya ada gusi yang terinfeksi sehingga sistem peredaran aliran darah menjadi tersumbat dan kemudian gigi susu ini dapat mengalami gangguan seperti tumbuh terlalu kecil, terlalu besar, kelainan gigi tidak tumbuh, dan seterusnya. Hal mengenai kelainan gigi geligi ini pasti dapat menyerang siapa saja, sistem gusi yang terinfeksi juga tampak memiliki pembengkakan serta aliran darah tampak membeku di sekitarnya.

Hal-hal yang telah dijelaskan di atas itulah yang menjadi bagian masalah dan kelainan gigi geligi pada seseorang. Lebih lengkapnya mengenai jenis-jenis kelainan, penyebab kelainan, dan cara mengatasi kelainan tersebut dapat kalian ketahui pada bagian di bawah ini. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang berguna untuk anda yang sedang mengalami masalah gigi geligi.

Berbagai Penyebab Kelainan Gigi Geligi pada Manusia

Anda sudah mengetahui bahwa berbagai kondisi di atas merupakan jenis kelainan gigi geligi yang menyebabkan struktur gigi tidak lagi normal. Selanjutnya, anda perlu mengetahui bahwa ada penyebab yang membuat kelainan pada gigi geligi tersebut terjadi. Apa saja penyebabnya? Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Struktur Gigi Rusak karena Gigi Berlubang Parah

Kelainan gigi geligi yang pertama dapat disebabkan karena anda mengalami lubang gigi yang cukup parah. Biasanya ditandai dengan tumbuh daging pada gigi berlubang anda.  Hal ini disebabkan awal bentuk gigi berlubang yang dari kecil terus melebar hingga menembus gusi. Biasanya gigi berlubang pun akan dicabut.

Gigi yang dicabut ini yang membuat anda mengalami masalah pada struktur gigi yang disebut kelainan struktur gigi, pasalnya gigi disekitar yang dicabut akan mudah bergerak dan mendorong satu sama lain. Akhirnya, lama kelamaan struktur gigi akan berubah dan menjadi berantakan seperti kelainan gigi geligi pada umumnya.

Sponsors Link

  1. Gigi Geligi Terinfeksi Bakteri dan Virus yang Merusak

Kelainan gigi yang kedua inilah yang membuat gigi geligi dapat menyerang anda karena dipengaruhi oleh penyebab adanya bakteri dan virus yang menginfeksi gigi karena masuk hingga ke dalam gusi mulut anda. Bakteri yang masuk biasanya akan membuat gigi anda mengalami banyak masalah. Tidak jarang gigi kemudian menjadi keropos dan membusuk yang biasa terjadi pada infeksi gigi geraham bawah. Jadi pastikanlah untuk membersihkan gigi anda dengan rutin dan hindari pengaruh gigi geligi yang rusak akibat infeksi bakteri dan virus ini.

  1. Terlalu Banyak Konsumsi Rokok dan Terkena Akibat Racun Rokok

Terakhir, penyebab ini menjadi salah satu yang menjadikan kelainan gigi geligi ini terjadi pada manusia yaitu akibat pengaruh dari bagaimana anda terlalu banyak mengonsumsi rokok. Alasannya mengonsumsi rokok terlalu berbahaya efeknya ke gusi anda karena adanya pengaruh rokok bagi kesehatan gigi dan mulut. Gusi ini akan tampak membusuk dan mengering seketika.

Hal ini bisa menjadikan kerangka-kerangka gigi memiliki kelainan bentuk dan membuat gusi dapat berkembang biak didalam gigi  ini didalam gusi yang lainnya. Hal inilah yang memicu bakteri masuk dan muncul banyak kelainan gigi geligi lainnya. 

Sponsors Link

Cara Mengatasi Kelainan Gigi Geligi pada Manusia

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja penyebab kelainan gigi geligi yang mungkin menyeraang anda. Setelah mengetahui penyebabnya, selanjutnya anda perlu mengetahui apa saja yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasinya dengan efektif dan cepat:

  1. Cara mengatasi pertama ini adalah degan selalu memeriksakan gigi anda ke dokter gigi untuk melakukan perawatan dan pengobatan cepat jika ada masalah pada gigi anda. Seperti dijelaskan, diketahui bahwa kondisi kelainan gigi ini yang menjadi awal mula masalah geligi pada gigi anda.
  2. Setelah itu, cara kedua untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan memperbaiki struktur gigi melalui operasi. Operasi gigi biasa dilakukan untuk membuat gigi menjadi rata dan tidak berantakan lagi strukturnya.
  3. Cara yang ketiga ini adalahlah cara mengatasi gigi geligi pada manusia dengan selalu menghindari dan meniatkan untuk berhenti konsumsi rokok yang  biasa anda lakukan setiap hari.

Informasi di atas sudah merupakan bagian akhir dari kumpulan informasi mengenai kelainan gigi geligi. Diketahui bahwa ada beberapa kondisi pada gigi yang kemudian menyebabkan kondisi geligi gigi anda menjadi semakin parah. Terakhir anda pun diberikan informasi mengenai apa saja cara untuk dapat mengatasi kelainan gigi ini.

Semoga informasi yang disampaikan tidak menjadi sia-sia melainkan dapat anda gunakan untuk menjaga kembali gigi anda tetap sehat dan tidak mudah lagi mengalami kelainan. Selamat mencoba berbagai cara mengatasinya dan dapat juga menghindari berbagai penyebab kelainan gigi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini