Sponsors Link

Kelainan Gigi Geraham – Penyebab – Gejala – Pengobatan

Sponsors Link

Kelainan gigi geraham diketahui adalah berbagai jenis masalah gigi yang terjadi di gigi geraham anda dan membuat fungsi dan tugas dari gigi graham menjadi tidak terlaksana sebagai mestinya. Berbagai jenis kelainan ini perlu anda waspadai agar tidak membuat anda kewalahan dan kesusahan karenanya. Mewaspadai kelainan pada gigi geraham ini dapat anda lakukan dengan mempelajari apa saja jenis penyakitnya dan apa yang menjadi penyebabnya. Setelah mengetahui berbagai informasi tersebut, maka selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mempelajari juga bagaimana cara mengatasinya.

ads

Secara umum tentu anda sudah mengetahui apa itu gigi geraham. Gigi geraham pada manusia merupakan gigi yang berlokasi di bagian belakang dan yang biasanya tumbuh paling terakhir. Seperti disebutkan sebelumnya, letak atau posisi dari gigi geraham ini berada di bagian belakang gigi yang lainnya dan perlu anda waspadai kegunaannya.  Setelah gigi geraham tersebut dapat tumbuh, maka biasanya gigi geraham ini merupakan gigi yang fungsinya untuk mengoyak makanan dan mengunyahnya hingga halus.

Gigi geraham ini yang membuat makanan dapat dikonsumsi hingga halus dan mudah untuk dicerna. Anda pun kemudian dapat menggunakan kegunaan dari gigi geraham untuk mengunyah daging, mengunyah makanan keras, dan masih banyak lagi jenisnya. Lalu bagaimana jika gigi geraham ini mengalami kelainan seperti misalnya adanya infeksi gigi geraham bawah?

Saat gigi geraham anda mengalami kelainan, maka tentu anda akan mengalami banyak masalah dalam proses pencernaan. Tidak hanya itu, akan ada kondisi pembusukan juga yang dapat terjadi pada gigi geraham anda yang kemudian juga dapat menyebabkan tumbuh daging di gigi berlubang yang posisinya di geraham. Hal-hal tersebutlah yang perlu anda waspadai dan segera lakukan bagaimana agar anda dapat menghindari kelainan gigi geraham yang mungkin menyerang anda. Apa sajakah jenis kelainan tersebut selanjutnya? Simak informasinya pada bagian di bawah ini.

Beberapa Kelainan Gigi Geraham yang Mungkin Merusak Gigi Anda

Anda yang ingin menjaga kesehatan gigi geraham tentu perlu mengetahui apa saja resiko dari kelainan yang mungkin menyerang gigi anda tersebut. Ternyata ada cukup banyak jenis kelainan gigi yang dapat anda waspadai menyerang gigi g eraham anda. Tidak hanya mempengaruhi pertumbuhannya, bahkan jenis kelainan struktur gigi pun dapat menjadi akibatnya. Waspadai masalah tersebut dengan mengetahui beberapa jenisnya berikut ini:

  1. Gigi Geraham Mengalami Kelainan Berlubang dan Muncul Nanah

Kelainan gigi geraham pertama ini tampak ketika adanya gigi geraham yang berlubang kemudian bernanah. Tumbuh gigi geraham yang berlubang dan bernanah ini dapat menyerang siapa saja. Efek yang dihasilkannya adalah gigi geraham berlubang parah dan tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Tidak jarang infeksi pun dapat terjadi dan jaringan gigi anda pun dapat rusak. Jangan kaget juga jika anda mengalami gigi berlubang berdarah dan berbau. Anda ingin tahu apa yang menjadi penyebabnya?

  • Penyebab

Gigi geraham akan lebih cepat berlubang ketika anda mengalami masalah dengan cara ada membersihkannya. Anda perlu rutin membersihkan gigi geraham, khususnya ketika gigi geraham tersebut baru saja anda gunakan untuk makan. Akan ada banyak sisa makanan yang dapat menjadi sarang bakteri dan melubangi gigi anda. Setelah berlubang, bakteri dapat juga menyerang gusi dan membuatnya berdarah juga bernanah.

Sponsors Link

2. Gigi Geraham Mengalami Kelainan Pertumbuhan (Impaksi)

Kelainan kedua yang kemudian dapat menjadi rusaknya gigi geraham anda adalah dengan terjadinya impaksi atau kelainan pertumbuhan. Jadi adanya impaksi inilah adanya ketidak cocokan antara ukuran gigi dan ukuran rahang yang membuatnya tumbuh miring. Kemudian ukuran gigi ini tampak tumbuh terlalu kecil sehingga ukuran rahang pun tampak membesar lalu gusi pun tampak membengkak dan nyeri pun akan anda rasakan terus menerus. Akhirnya, gigi anda pun kemudian dapat mengalami infeksi dan harus segera dilakukan operasi pengangkatan gigi geraham impaksi.

ads

  • Penyebab

Kondisi ini dapat terjadi karena gigi geraham anda tumbuh miring. Penyebab gigi geraham tumbuh miring adalah pengaruh dari faktor rahang yang terlalu kecil. Namun bisa juga dipengaruhi oleh kondisi gigi yang tidak terlalu kuat untuk menembus gusi anda saat masa pertumbuhan, sehingga kemudian gigi pun tumbuh miring dan anda mengalami bahaya gigi geraham tumbuh miring.

3. Gigi Geraham Mengalami Patah atau Keropos

Kelainan ketiga pada bagian gigi geraham ini dapat terjadi sebagai jenis kelainan gigi akibat pertumbuhan dan perkembangan yang tampak dengan kondisi gigi yang mudah patah dan juga keropos.  Gigi geraham yang tampak patah ini terjadi sebagai salah satu bukti bahwa gigi anda telah mengalami keropos. Jika gigi anda mudah keropos, maka pastinya dapat juga mempengarruhi jaringan akar-akar gigi sehingga kemudian mudah mengalami kerusakaan. Jaringan akar-akar mengalami kerusakaan selanjutnya membuat gusi berdarah mudah terjadi. Tidak hanya itu anda pun akan selalu sakit dan nyeri sebagai penyebab sakit gigi geraham karena goyah.

  • Penyebab

Anda dapat mengalami masalah ini karena pengaruh bakteri yang menumpuk di gigi geraham dan kemudian membuat anda mengalami pengeroposan gigi anda. Jadi cobalah anda selalu menjaga kebersihan gigi geraham ini untuk membuat gigi anda tidak mudah patah dan keropos mulai sekarang.

Upaya Mengatasi Kelainan Gigi Geraham yang Menyiksa

Setelah mengetahui apa saja jenis kelainan gigi geraham yang mungkin menyerang anda, maka selanjutnya anda perlu mengetahui bagaimana anda dapat mengatasi kelainan gigi ini. Berbagai jenis kelainan gigi ini dapat anda gunakan untuk membuat gigi geraham anda kembali sehat dan tidak mudah lagi mengalami masalah yang disebutkan sebelumnya. Berikut beberapa cara mengatasi tersebut. Semoga bermanfaat untuk anda.

  1. Cara pertama untuk mengatasinya dapat anda lakukan tentu menjaga gigi geraham selalu bersih. Gosok gigi geraham anda minimal 2 kali dalam satu hari.
  2. Cara yang kedua untuk mengatasinya, maka cobalah anda melengkapi pembersihan gigi geraham ini dengan menggunakan obat kumur. Tidak cukup dengan menggosok gigi, gunakanlah juga obat kumur yang alami.
  3. Terakhir, cobalah anda menggunakan beberapa cara tradisional untuk mengobati sakit akibat gigi geraham berlubang. Semoga anda segera dapat pulih dan tidak sakit gigi lagi akibat kelainan gigi yang terjadi pada gigi geraham ini.

Berikut tadi informasi mengenai apa saja yang dapat anda ketahui terkait kelainan gigi geraham, penyebabnya, dan juga cara mengatasinya. Berbagai masalah dan kelainan pada bagian gigi geraham ini harus anda waspadai dan segera anda lakukan cara mengatasinya. Misalnya anda dapat mengetahui apa manfaat cabut gigi geraham yang sangat berbahaya. Jadi jangan sampai anda terlambat dan kemudian meraskaan penderitaan akibat gigi anda yang rusak pada bagian geraham anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi