Sponsors Link

Kelainan Gigi pada Anak Down Syndrome – Penyebab – Pengobatan

Sponsors Link

Kelainan gigi pada anak down syndrome adalah berbagai penyakit gigi yang dialami oleh seorang anak  penderita down syndrome, yang biasanya seragam dan perlu juga diberikan perhatian dan perawatan. Anda tentu sudah mengetahui suatu kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan anak yang dinamakan dengan down syndrome. Penyakit down syndrome ini dapat terjadi pada siapa saja dan anak mana saja tanpa memilih.

ads

Anak yang mengalami down syndrome ternyata tidak hanya memiliki gangguan dalam hal tingkat kecerdasan tetapi juga mengalami gangguan pada pertumbuhan gigi, misalnya ketika berhubungan dengan penyebab gigi anak tidak tumbuh dengan sempurna. Gangguan gigi pada anak down syndrome ini ternyata perlu anda waspadai sejak saat ini. Jadi lebih cepat anda dapat lakukan perawatan untuk diatasi.

Pertama, kelainan gigi pada anak down syndrome yaitu suatu kondisi yang sangatlah berpengaruh digigi. Hal ini dikarenakan anak saat mengami sindroma down menghadapi kondisi di mana perkembangan kecerdasannya tidak normal, sehingga tubuhnya mengalami dampak berupa kekurangan fisik dan mental. Berbagai kelemahan cara berpikir otak ini terjadi karena pembelahan sel-sel yang lemah dan kerja normal tubuh yang terjadi sepanjang usia menjadi terganggu. Hal ini pun menjadi penyebab mengapa kelainan struktur gigi yang terjadi pada anak down syndrome menjadi mungkin. Pasalnya tidak terjadi proses pertumbuhan dan perkembangan gigi itu sendiri.

3 Kelainan Gigi pada Anak Down Syndrome yang Perlu Anda Waspadai

Sudah diketahui bahwa seseorang yang mengalami down syndrome biasanya diikuti dengan kelainan pada gigi anda. Jadi anda perlu mengetahui apa saja kelainan gigi tersebut, khususnya jika ada anak down syndrome di sekitar anda. Bagaimana anda mengetahui apa saja jenis kelainan tersebut? Berikut ini penjelasan yang dapat anda gunakan terkait apa jenis kelainan tersebut, penyebabnya, dan cara mengatasinya yang dapat anda coba.

  1. Kelainan dalam Manifestasi Gigi pada Anak Down Syndrome

Kelainan gigi pada anak-anak yang mengalami syndrome down akan menyebabkan terjadinya dua kemungkinan pada sistem dan struktur gigi, yang pertama adalah terjadinya kelainan manifestasi gigi yang menyebabkan perbedaan dalam mulut anak-anak down syndrome dengan anak normal lainnya. Kelainan manifestasi gigi ini menyebabkan mulut memiliki ciri-ciri seperti tampak selalu memiliki ujung lidah yang besar keluar dari rongga mulut.

Hal ini akan tampak di mulut ketika posisinya terbuka dan kebersihan mulutpun tampak memburuk dengan masuknya kandungan bakteri. Nantinya, cepat ataupun lambat akan ada perubahan fatal seperti sudut mulut berbentuk lingkaran V dan mengalami juga bahaya gigi berantakan. Hal ini membuat gambaran umum mulut tampak sangat berbeda dengan anak normal lainnya.

Penyebab

Kelainan ini tentu disebabkan oleh karena gangguan dalam pertumbuhan gigi karena perkembangan anak down syndrome pun tidak maksimal adanya. Jadi tidak ada pertumbuhan hormon maksimal yang dapat mendukung pertumbuhan gigi anak anda.

Sponsors Link

  1. Kelainan Jaringan Lunak pada Gigi Anak Down Syndrome

Selain kelainan dalam hal manifestasi gigi, anak down syndrome pun dapat mengalami masalah berupa  asal-mula keadaan masalah ini berada pada jaringan yang sangat lunak. Hal ini menyerang bagian jaringan lunak yang dapat mempengaruhi kerja otot-otot kepala, rongga mulut, serta otot-otot tengkorak menjadi tampak melebar dan dapat ditemukan oleh hampir semua penderita down syndrome.

ads

Oleh karena itu, terjadilah gangguan pada jaringan lunak pada mulut anda. Kondisi kelainan pada jaringan lunak ini akan membuat otot penghasil air ludah tidak diproduksi dengan normal. Seringkali anak down syndrome pun mengalami gangguan mulut kering dan tidak bergerak dengan refleks yang normal seperti pada umumnya.

Penyebab

Kondisi ini disebabkan oleh gangguan perkembangan jaringan lunak pada anak down syndrome. Sehingga anda pun perlu melihat bagaimana perkembangan jaringan lunak ini pada anak down syndrome di sekitar anda. Jika memang mengalami kelainan yang parah, maka anda perlu memberikan terapi  untuk membantunya.

  1. Kelainan Berupa Gangguan Oral Hygiene pada Gigi Anak Down Syndrome

Setelah itu, kelainan gigi ini juga biasanya terjadi berupa masalah oral hygiene sehingga membuat anak down syndrome memiliki kondisi mulut yang berbeda dari anak normal lainnya. Jadi kelainan dalam oral hygiene ini terjadi di dalam bibir mulut anak-anak seperti membentuk celah atau fissure.  Pembentukan celah atau fissure ini dapat mulut kering dan mengalami iritasi. Akhirnya, mulut anak down syndrome pun tidak terlihat normal dan sangat mungkin mengalami masalah. Masalah tersebut berupa gigi berjarak dan menjadi sarang bakteri dan gigi berlubang.

Penyebab

Seperti dijelaskan sebelumnya, anda dapat mengalami gangguan oral hygiene karena celah di mulut yang merusak gigi. Jadi dengan sangat mudah anda dapat mengalami masalah kesehatan gigi yang berlebihan. Semoga anda dapat terhindar dari masalah ini untuk selanjutnya.

Cara Mengobati Kelainan Gigi pada  Anak Down Syndrome

Setelah mengetahui apa saja jenis kelainan yang mungkin terjadi pada gigi anak down syndrome, maka selanjutnya anda perlu mengobatinya segera. Obatilah berbagai kelainan gigi tersebut dengan cara yang tepat yaitu seperti dijelaskan pada bagian di bawah ini:

  1. Pertama, pengobatan yang dapat anda coba untuk kelainan gigi pada anak syndrome bisa dilakukan dengan selalu memeriksakan kondisi gigi anak down syndrome kedokter gigi secara teratur.
  2. Kedua, berikanlah perawatan yang menyeluruh untuk memastikan pertumbuhan gigi anak down syndrome anda tidak mengalami masalah seperti umumnya. Cobalah melakukan berbagai cara dan perawatan alami.
  3. Ketiga, anak-anak down syndrome yang mengalami permasalahan gigi selalu memiliki kelainan dalam pertumbuhan jumlah dan struktur gigi. Cobalah anda mengatasinya dengan mencabut gigi tersebut dan memastikannya bersih tanpa kotoran.

Berikut tadi informasi lengkap mengenai apa saja kelainan gigi pada anak down syndrome dan juga bagaimana anda dapat mengatasinya juga menghindari kondisi seperti penyebab lambatnya tumbuh gigi pada anak yang dihubungkan dengan down syndrome tadi. Semoga informasi ini dapat anda gunakan maksimal untuk membuat gigi anak anda yang terkena down syndrome tidak semakin parah melainkan semakin membaik, rapi, dan terjaga kebersihannya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi