Sponsors Link

Kelainan Gigi Susu – Penyebab – Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kelainan gigi susu adalah informasi selanjutnya yang berkaitan dengan bagaimana gigi susu pun dapat mengalami kelainan diakibatkan oleh pengaruh kebiasaan dan juga pertumbuhan dan perkembangan pada seseorang. Tahukah anda apa yang dimaksud dengan gigi susu? Jika anda belum memahami gigi susu ini maka anda akan kesulitan mengenai apa saja yang dapat anda ketahui terkait jenis kelainannya dan bagaimana cara anda untuk mengatasinya.

ads

Berbagai informasi tersebut harus anda ketahui, namun sebelumnya ketahui dahulu apa yang dimaksud dengan gigi susu. Gigi susu adalah gigi yang tumbuh sebagai gigi pertama manusia. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa gigi susu adalah gigi yang dimiliki anak-anak sebelum tanggal dan digantikan gigi permanen.

Keberadaan gigi susu yang dikenal sebagai gigi sementara ini diketahui sangat rentan. Tidak hanya ukurannya memang tidak terlalu besar, gigi susu pun dapat mengalami penyebab gigi susu berlubang. Ada banyak lagi kondisi kelainan pada gigi susu yang perlu anda ketahui. Jadi secara umum ketahui bahwa kelainan gigi susu pada manusia merupakan situasi di mana gigi awal anda yang tumbuh setelah baru lahir mengalami masalah dalam berbagai jenis kelainan.

Informasi inilah yang menarik dan penting untuk anda pelajari. Apa saja informasi tersebut? Tentunya informasi ini mencakup apa saja jenis kelainan gigi susu, apa penyebabnya, dan bagaimana anda dapat mengatasinya. Informasi tersebut semuanya akan dijelaskan pada bagian di bawah ini.

Waspadai Beberapa Jenis Kelainan Gigi Susu Berikut!

Gigi susu sama seperti gigi permanen, perlu dirawat walau sifatnya hanya sementara. Sayangnya, hal inilah yang sering menjadi kelemahan bagi seseorang. Banyak orang tua yang lalai memastikan bahwa anaknya tetap menjaga kesehatan gigi susunya jadi tidak terjadi penyebab gigi susu rusak parah. Kelainan ini yang dapat terjadi sebagai akibat tidak dijaganya kebersihan dan perawatan gigi susu anak anda. Lalu apa saja jenis kelainan tersebut? Berikut ini beberapa jenis kelainan yang dapat terjadi pada gigi susu dan perlu anda waspadai sejak dini.

  1. Kelainan Bawaan Lahir Struktur Gigi Susu Tidak Teratur

Pembahasan kali ini untuk kelainan yang pertama pada gigi susu manusia adalah berupa sejak tumbuh gigi susu sudah tidak beraturan strukturnya. Jadi sudah menjadi masalah apabila struktur gigi tidak teratur dari sejak baru pertama kali tumbuh, sehingga akan memberikan efek juga kepada gusi yang tidak begitu merata.

Hal-hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan ukuran rahang, ukuran gigi dan jenis kelainan gigi yang mungkin di alami oleh seseorang. Jadi jika yang terjadi adalah akibat bawaan lahir, maka segeralah lakukan penanganan sejak dini jangan menunggu kondisinya sudah semakin parah terlebih dahulu seperti misalnya terjadi penyebab gigi susu belum tanggal yang merusak struktur gigi karena bertumpuk dengan gigi permanen.

  1. Kelainan Akibat Pembengkakan Gusi yang Terjadi Terus Menerus

Selanjutnya, gigi susu juga dapat tampak mengalami kelainan dalam pertumbuhannya akibat tidak pernah dijaga keebesihannya. Salah satu kelainan tersebut adalah bagaimana gusi pada gigi susu anda mengalami pembengkakan tak kunjung sembuh. Hal inilah yang harus segera anda waspadai. Gusi membengkak ini bisa terjadi dikarenakan adanya kekurangan cairan sehingga timbulah sariawan, atau berbagai penyebab lain yang tidak kalah membahayakan untuk anda. Pastikan untuk memperhatikan apakah ada masalah gusi pada gigi susu anak anda sejak dini.

Sponsors Link

  1. Kelainan Terjadi Karena Penumpukan Bakteri di Gigi Susu

Jenis kelainan gigi susu yang terakhir ini terjadi karena dipengaruhi oleh faktor-faktor masalah gigi susu selama masa pertumbuhan dan perkembangannya. Jadi gigi susu anda akan mengalami penumpukan bakteri karena tidak pernah dirawat dengan rutin. Alasannya, penumpukan bakteri di gigi kemudian mempengaruhi gigi menjadi lebih mudah untuk berlubang dan gigi pun membusuk secara menyeluruh akibat erupsi gigi susu. Pastikan untuk segera melakukan upaya untuk mengatasinya sebelum kondisi gigi susu semakin parah dan mempengaruhi gigi permanen selanjutnya.

Cara Mengatasi Kelainan Gigi Susu yang Harus Diwaspadai

Ada beberapa informasi yang sudah anda ketahui sebelumnya terkait apa saja jenis kelainan pada gigi gusi dan penyebabnya. Selanjutnya, anda juga perlu mengetahui bahwa kelainan gigi susu ini dapat menyerang juga bagian yang lebih parah hingga ke gigi permanen nanti. Jadi pastikan untuk segera mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini:

Sponsors Link

  1. Cara pengobatan yang terbaik pada kelainan gigi anda adalah dengan melalui proses pengobatan dan penyembuhan yang disarankan oleh dokter gigi. Namun, sebaiknya anda memberikan informasi terkait kondisi gigi anda. Atau sebaiknya, milikilah dokter gigi anda yang sudah mengetahui kondisi gigi anda.
  2. Setelah itu, lakukanlah juga proses operasi ke dokter gigi jika ada gigi susu yang membuat masalah seperti terganggunya struktur atau pertumbuhan gigi lainnya. Biasanya operasi gigi ini akan memiiki resiko mulai dari ringan hingga berat, jadi bersiap-siaplah.
  3. Terakhir anda juga dapat mengatasi berbagai kelainan gigi susu ini dengan mengonsumsi beberapa obat herbal untuk mengurangi sakit gigi hingga muncul gigi permanen pengganti gigi susu anda.

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja jenis kelainan gigi susu, apa yang menyebabkan kelainan tersebut terjadi, dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya. Ada banyak hal yang harus anda waspadai terkait kelainan gigi susu tersebut. Salah satunya juga dapat diketahui dari bagaimana gigi susu juga harus mengalami berbagai masalah hingga ke gigi permanen nantinya, pastikan ketahui juga apa saja perbedaan gigi susu dan gigi tetap. Jadi cobalah segera lakukan pengupayaan untuk membantu menyembuhkannya saat ini juga.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini