Sponsors Link

Kelainan Gigi Taring – Dampak – Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kelainan gigi taring pada seseorang merupakan kondisi di mana tumbuh gigi taring di bagian-bagian gigi yang seharusnya tidak bertaring, selain itu kondisi ini pun dapat dijelaskan sebagai tumbuhnya gigi taring dengan posisi yang tidak tepat. Setiap orang sangat mungkin mengalami masalah tumbuhnya gigi tidak sesuai dengan standar normalnya.

ads

Keadaan ini banyak dialami oleh beberapa jenis gigi, salah satunya adalah gigi taring. Selain gigi taring, gigi bungsu pun banyak dikeluhkan tumbuh dengan kelainan. Khusus kali ini akan coba dijelaskan mengenai bagaimana kelainan pertumbuhan gigi taring dapat terjadi pada seseorang. Namun sebelumnya, mari kita pelajari apa yang termasuk kelainan gigi taring, dampak negatifnya, dan cara perawatannya.

Gigi taring merupakan suatu kondisi di mana gigi yang memiliki peran untuk mengoyak makanan-makanan yang keras tumbuh di suatu lokasi yang tidak normal. Karen fungsi dari gigi taring ini untuk mengoyak, maka memiliki bentuk yang sangat runcing sehingga nantinya akan sangat berbahaya jika tumbuh di tempat yang tidak seharusnya kemudian juga mengenai luka di bagian lidah atau mulut anda. Setiap manusia seharusnya memiliki sejumlah 4 gigi taring, yaitu  2 gigi taring di rahang bawah dan 2 gigi taring di rahang atas.

Normalnya, gigi taring ini tumbuh di sisi samping, jaraknya satu gigi dari gigi yang paling depan. Akan tetapi, gigi taring ini seringkali tumbuh dengan kelainan yang kemudian menyebabkan anda dapat mengalami luka di lidah, kemudian di waktu dekat juga dapat memicu keberadaan infeksi mulut. Lebih parahnya lagi mungkin saja anda akan menderita impaksi yang mengharuskan untuk dioperasi. Jadi apa yang harus anda lakukan?

Tentunya anda perlu memahami mengenai informasi lengkap terkainan kelainan pada gigi taring ini. Gigi taring anda perlu anda jaga jangan sampai tumbuh dengan kelainan. Pasalnya jika sudah terjadi kelainan pertumbuhan gigi taring, maka anda harus menderita dampak negatif dari gigi taring ini. Apa saja dampak negatif tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Berbagai Dampak Negatif Kelainan Gigi Taring

Saat seseorang mengalami kelainan dalam pertumbuhan gigi taring yang tidak normal, ada beberapa dampak yang dapat orang tersebut akan rasakan. Ketahui apa saja dampaknya tersebut untuk membantu anda menjadi lebih rajin menjaga kesehatan gigi dan menghindari berbagai kelainan dalam pertumbuhannya.

  1. Kelainan pada Gigi Taring Berdampak pada Peregangan Rahang

Gigi taring yang posisi tumbuhnya mengalami kelainan, akan menyebabkan adanya ruang peregangan antar gigi di rahang tidak jarang gigi taring tumbuh di dalam gusi dan merusak rahang anda. Akibatnya, gigi taring tersebut kemudian juga dapat menyebabkan perubahan bentuk rahang. Anda pun tidak akan memiliki rahang yang normal lagi seperti sebelumnya. Jadi pastikanlah untuk segera melakukan upaya perawatan yang tepat, untuk mengembalikan posisi gigi taring di tempat seharusnya dan rahang anda tidak berubah bentuk lagi seperti sebelum dilakukan perawatan.

  1. Kelainan pada Gigi Taring Berdampak pada infeksi Bibir

Dampak negatif selanjutnya dari kelainan dalam pertumbuhan gigi taring adalah pada bagian bibir. Ujung dari gigi taring sangatlah tajam. Ketika tumbuh sebagai gingsul, maka gigi taring ini akan terus mengoyak bagian dalam bibir anda. Akhirnya, tanpa anda sadari gigi taring dapat merusak dan melukai bibir. Dalam kondisi yang banyak bakteri dan virus, luka di bibir ini pun dapat menimbulkan infeksi. Jadi anda diharapkan dapat segera melakukan pencegahan terhadap dampak negatif yang satu ini.

Sponsors Link

  1. Kelainan pada Gigi Taring Berdampak pada Gigi Sulit Dibersihkan

Ketiga ada dampak negatif dari pertumbuhan gigi taring yang mengalami kelainan karena sulitnya gigi dibersihkan. Gigi taring yang tidak tumbuh dengan tepat akan menyebabkan ada bagian gigi lain yang tertutup oleh gigi taring tersebut, atau sebaliknya. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi kemudian bermunculan. Gigi sulit dibersihkan akan menimbulkan sarang bakteri. Sarang bakteri dapat menjadi penyebab bau mulut dan nafas tidak sedap, pun juga penyebab gigi taring berlubang. Jadi pastikanlah untuk menghindarinya dan segera melakukan perawatannya.

Cara Mengatasi dan Merawat Kembali Kelainan Gigi Taring

Anda pada bagian di atas sudah mengetahui bahwa ternyata ada cukup banyak dampak negatif dari kelainan gigi taring, selanjutnya anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi dan merawatnya agar tidak menimbulkan masalah. Berikut ini beberapa cara tersebut:

  1. Anda bisa mengobati kelainan gigi taring ini dengan melakukan pemeriksaan ke dokter secara tepat. Pengobatan ke dokter dilakukan untuk mengetahui apakah tingkat kelainan dari pertumbuhan gigi taring anda ini perlu diwaspadai. Dokter juga yang dapat menentukan apakah gigi taring perlu dicabut atau hanya perlu dilakukan perawatan untuk dikontrol kelainan pertumbuhannya.
  2. Selain itu, cara perawatan dari kelainan gigi taring berikutnya adalah dengan menggunakan obat antiseptik di bagian mulut yang mengalami luka akibatnya. Menjaga mulut yang luka dengan cepat ini akan dengan signifikan mencegah terjadinya infeksi di mulut dan bibir anda Jadi selalu perhatikan apakah ada luka di mulut yang perlu anda siasati.
    Sponsors Link

  3. Perawatan yang ketiga ini diharapkan dapat secara signifikan memperbaiki kelainan dari pertumbuhan gigi taring anda. Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan manfaat dari behel atau kawat gigi. Kawat gigi digunakan untuk membantu gigi taring kembali pada posisinya yang seharusnya dan tidak ada lagi rahang asimetris. Gigi anda pun tidak perlu lagi memiliki resiko di mana gigi taring akan merusak bibir, atau bahkan bagian lain dari mulut anda.

Demikianlah tadi informasi mengenai kelainan gigi taring yang termasuk dalam apa saja dampak negatifnya dan juga cara merawatnya. Anda kemudian dapat juga menggunakan berbagai informasi tersebut untuk memastikan bahwa gigi anda selalu sehat dan kuat terjaga juga sekaligus melakukan cara menghindari gingsul sejak dini. Jadi anda pun tidak perlu mengalami berbagai masalah karena kelainan dalam pertumbuhan gigi taring. Mulai sekarang lakukan berbagai perawatan gigi juga sekaligu untuk menghindari berbagai jenis-jenis sakit gigi yang mengancam gigi anda. Selamat mencoba dan menjaga kesehatan anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini