Sponsors Link

Kelainan Gigi Tidak Tumbuh – Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Gigi dan mulut merupakan salah satu organ penting pada tubuh manusia yang digunakan untuk mengunyah makanan dan memasukkan zat – zat yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Pentingnya menggosok gigi dan cara menyikat gigi dengan benar adalah hal dasar yang harus dilakukan setiap hari dan sejak dini.

ads

Selain dengan perawatan yang baik dan dilakukan sedini mungkin, para orang tua juga hendaknya memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan gigi anak – anak mereka. Hal ini disebabkan adanya kemungkinan terjadi kelainan pada gigi balita anda yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan gigi susu maupun gigi permanennya kelak. Ada beberapa kelainan gigi yang perlu diketahui, antara lain:

  • Gigi yang tidak memiliki benih gigi atau kelainan gigi tidak tumbuh.
  • Gigi yang maju kedepan atau dinamakan juga gigi tonggos.
  • Gigi yang susunannya tidak teratur yang disebabkan ukuran gigi yang lebih besar dari ukuran rahang.
  • Gigi yang jumlahnya berlebihan yang biasanya tumbuh dalam jumlah yang banyak pada daerah gigi seri atas.
  • Kelainan pada gusi yang biasanya disebabkan oleh inveksi bakteri.

Lalu bagaimanakah jika terdapat kelainan yang menyebabkan gigi tidak tumbuh? Pada artikel kali ini akan dibahas tentang kelainan gigi tidak tumbuh. Apa sajakah kelainan gigi tidak tumbuh itu? Apakah penyebabnya? lalu bagaimanakah cara mengobati atau menangani kelainan ini?

Kelainan gigi tidak tumbuh

Kelainan gigi tidak tumbuh dikenal dengan nama Anodontia. Anodontia atau anodontia vera merupakan suatu kelainan gigi yang tidak tumbuh disebabkan karena tidak adanya benih gigi. Ketidakadaan benih gigi ini dapat terjadi pada semua gigi sulung atau gigi sulung terbentuk lengkap namun semua gigi permanen tidak terbentuk sama sekali. Tanda – tanda anodontia yaitu tidak terbentuknya semua gigi. Kelainan ini lebih sering terjadi dengan gigi-gigi tetap dibandingkan gigi-gigi sulung, selain itu kelainan ini dapat terjadi hanya pada satu sisi rahang atau pada keduanya. Anodontia ada 3 macam:

  1. Complete Anodontia

Complete anodontia merupakan kelainan genetik yang menyebabkan tidak tumbuhnya semua gigi – geligi di dalam rongga mulut. Kelainan ini dapat terjadi pada gigi susu dan gigi permanen, tetapi lebih sering pada gigi permanen. (Anda dapat menambah wawasan dengan membaca gigi susu rusak parah, penyebab gigi susu rusak parah, dan penyebab gigi susu berlubang).

  1. Hipodontia

Hipodontia merupakan kelainan genetik yang biasanya menyebabkan tidak tumbuhnya 1 – 6 gigi di dalam rongga mulut. Kelainan ini juga dapat terjadi pada gigi susu dan gigi permanen, dan lebih sering pada gigi permanen. Berbeda dengan complete anodontia, pada hipodontia gigi-gigi yang paling sering tidak tumbuh yaitu gigi premolar dua rahang bawah, incisivus dua rahang atas, dan premolar dua rahang atas. (Anda dapat menambah wawasan dengan membaca macam macam gigi).

Sponsors Link

  1. Oligodontia

Sedangkan Oligodontia merupakan kelainan genetik yang menyebabkan tidak tumbuhnya lebih dari 6 gigi di dalam rongga mulut. Kelainan ini pun dapat terjadi pada gigi susu dan gigi permanen, yang lebih sering yaitu pada gigi permanen.

Setelah kita membahas tentang jenis – jenis dari kelainan gigi tidak tumbuh, maka berikutnya apakah sebenarnya penyebab dari kelainan ini.

ads

Penyebab Kelainan Gigi Tidak Tumbuh

  • Penyebab utama dari kelainan ini adalah adanya kelainan genetik, dengan mutasi gen yang spesifik belum diketahui.
  • Kelainan ini terkadang ditemui merupakan bagian dari suatu sindrom, seperti kelainan yang timbul dari berbagai gejala yang bersamaan. Misalnya pada sindroma ectodermaldysplasia.
  • Kelainan ini dapat muncul pada seseorang karena keturunan, akan tetapi dapat juga tanpa ada riwayat kelainan dari generasi sebelumnya.

Setelah jenis – jenis dari kelainan gigi ini dan penyebabnya kita ketahui, kemudian apa saja tindakan atau jenis pengobatan yang dapat dilakukan.

Pengobatan Kelainan Gigi Tidak Tumbuh

  • Melakukan diagnosa dengan pemeriksaan radiografik yang bertujuan untuk memastikan memang benar – benar semua benih gigi tidak terbentuk.
  • Pada kelainan hipodontia dan oligodontia, dilakukan pemeriksaan radiografik panoramik yang bertujuan untuk melihat benih gigi mana sajakah yang tidak terbentuk.
  • Melakukan terapi dengan pembuatan gigi tiruan agar fungsi gigi dalam mengunyah makanan dan fungsi estetika rongga mulut tetap terjaga. Hal ini dapat dilakukan apabila diagnosa telah ditegakkan. (Anda dapat menambah wawasan dengan membaca macam macam gigi palsu, cara merawat gigi palsu, dan efek samping gigi palsu).

Sekilas mengenai perkembangan gigi – geligi:

  • Gigi berasal dari 2 jaringan embryonic dan ectoderm.
  • Keduanya membentuk enamel dan mesoderm. Kemudian enamel dan mesoderm membentuk dentin, sementum, pulpa, dan jaringan – jaringan penunjang lainnya.
  • Perkembangan gigi – geligi dimulai pada minggu ke 6 intra uterine yaitu pada masa embrio.
  • Perkembangan ini ditandai dengan proliferasi epitel oral yang berasal dari jaringan ektodermal.
  • Jaringan ektodermal membentuk lembaran epitel yang di namakan primary epithelial band.
  • Setelah itu primary epithelial band yang telah terbentuk mengalami invaginasike.
  • Invaginasike yang merupakan dasar jaringan mesenkimal dalam membentuk 2 pita pada masing – masing rahang, yaitu pita vestibulum dan pita lamina dentis.
  • Pita vestibulum berkembang menjadi segmen bukal yang merupakan bakal bibir dan pipi.
  • Sedangkan pita lamina dentis berperan dalam pembentukan benih gigi.
  • Dalam pertumbuhan gigi terdapat 3 tahapan, yaitu perkembangan, kalsifikasi, dan erupsi.
  • Sedangkan perkembangan gigi dibagi menjadi 5 tahapan lagi, yaitu inisiasis, proliferasi, histodiferensiasi, morfodiferensiasi, dan aposisi.

Pada penderita anodontia kelainan terjadi karena mengalami halangan pada proses pembentukan benih gigi dari epitel mulut, yakni pada tahap inisiasi (Muynckd, 2004).

Demikianlah pembahasan mengenai kelainan gigi tidak tumbuh ini, semoga dapat menambah wawasan, dapat membantu mengatasi permasalahan, dan dapat bermanfaat untuk semua pembaca. Ikuti terus artikel – artikel informatif kami seputar gigi, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi