Sponsors Link

Kelainan Struktur Gigi – Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Kelainan struktur gigi diketahui adalah berbagai masalah gigi yang mungkin anda alami dalam hal struktur dan perlu anda coba selesaikan dalam waktu dekat agar tidak semakin berbahaya. Gigi memang memiliki struktur yang tergolong normal dan tentu diharapkan oleh semua orang.

ads

Sayangnya, tidak secara lahiriah semua orang dapat memiliki struktur gigi yang normal. Ada banyak jenis kelainan pada struktur gigi yang terjadi akibat berbagai penyebab dalam keseharian anda. Tahukah anda apa saja jenis kelainan tersebut? Bagi anda yang belum mengetahuinya, simak penjelasan di bawah ini khususnya terkait struktur gigi dan fungsinya.

Pertumbuhan dan perkembangan seseorang berkaitan erat dengan bagaimana kelainan pada struktur gigi seseorang dapat terjadi. Seseorang yang mengalami kelainan pada struktur gigi diketahui akan berpengaruh juga pada kepercayaan diri anda. Jadi pastikanlah untuk selalu menjaga kesehatan gigi anda agar tidak mengalami ciri ciri gigi rusak dan berpengaruh pada struktur gigi anda.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa hal kelainan ini dapat terjadi karena pertumbuhan dan perkembangan struktur gigi dipegaruhi juga oleh faktor keturunan. Faktor keturunan ini misalnya dapat menyebabkan ukuran gigi sangat besar atau sangat kecil (abnormal) dari ukuran normalnya sehingga struktur gigi menjadi berantakan. Kondisi inilah yang menyebabkan struktur gigi anda dan perlu diperhatikan sejak dini.

Kelainan Struktur Gigi selama Pertumbuhan dan Perkembangan

Anda sudah mengetahui bahwa ada sebanyak 3 kelainan yang mungkin membuat struktur gigi anda tidak dapat kelainan lagi. Pertumbuhan dan perkembangan gigi anda ini pun harus diperhatikan, jika anda ingin mengetahui penyebab dari kelainan pada struktur gigi yang mungkin sedang anda alami. Itulah sebabnya mengapa anda perlu menyimak apa saja jenis kelainan dan penyebabnya berikut ini.

  1. Muncul Kelainan dalam Jumlah Gigi

Kali pertama kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan yang mempengaruhi struktur gigi diketahui terjadi karena kelainan dalam jumlah gigi anda. Jadi ada 2 kemungkinan yang memicu kelainan dalam jumlah gigi ini, yaitu untuk pertama bisa dinamakan sebagai kelainan supernumercy teeth. Kelainan supernumercy teeth ini adanya tambahan gigi antara dua gigi dengan ukuran dan bentuk abnormal. Sedangkan kelainan yang kedua ini disebut dengan anodontia.

Anodontia ini menunjukkan bagaimana keseluruhan gigi tidak berkembang dengan seluruhnya dan sifatnya parsial maka sejumlah gigi rahang mulai mengalami kelainan pertumbuhan. Oleh karena itu, gigi sering mengalami infeksi insisivus lateral di bagian geraham belakang dan geraham depan dua bawah. Dengan ini masalah kelainan pertumbuhan dan perkembangan ini dapat sulit disembuhkan.

Sponsors Link

Penyebab

Jenis kelainan yang pertama ini dapat terjadi sebagai akibat keturunan. Saat anda memang memiliki keturunan pada jumlah gigi yang lebih, maka anda akan memiliki kelainan dalam struktur gigi. Terutama jika kelebihan jumlah gigi tersebut kemudian muncul di tempat tempat yang tidak diperkirakan. Jadi pastikanlah untuk segera mengatasinya jika ada tanda muncul kelainan dalam jumlah gigi.

ads

  1. Muncul Kelainan pada Jaringan Gigi

Lalu masalah kelainan yang kedua dalam pertumbuhan dan perkembangan struktur gigi ini dapat ditunjukkan dengan kerusakan pada bagian jaringan gigi anda. Anda akan merasakan ciri ciri gigi sensitif jika jaringan gigi anda rusak. Secara teori diketahui ada 2 jenis kelainan dari jaringan struktur gigi tersebut yaitu kelainan pada jaringan sindrom herediter.

Jaringan ini berupa amelogenesis imperfekta. Amelogenesis imperfekta ini terbagi menjadi dua bagian yaitu hipokalsifikasi enamel herediter dan hipoplasia enamel herediter. Selain itu, ada juga jenis kelainan jaringan yang dinamakan dengan adanya akibat dari kelainan manifestasi penyakit lain. Artinya, karena manifestasi penyakit lain berakibatkan adanya efek sinar radiasi, hipoplasia karena kekurangan vitamin D, yang kemudian merusak struktur gigi anda. Ketahui bagaimana anda dapat mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya di bagian berikutnya.

Penyebab

Jaringan gigi anda dapat rusak karena struktur gigi anda yang rusak juga. Jadi yang harus anda waspadai adalah jangan sampai struktur gigi anda yang abnormal membuat jaringan gigi anda pun rusak sepenuhnya. Jika jaringan gigi anda rusak, maka anda akan mengalami sakit gigi yang tidak tertahankan. Anda akan terus merasakan sakit dan gigi anda pun akan selalu nyeri karena kelainan struktur gigi ini.

  1. Kelainan Infeksi pada Gusi dan Gigi

Infeksi pada gusi dan gigi ini juga dapat anda alami karena struktur gigi yang rusak. Anda akan mengalami infeksi di mana gusi anda akan menunjukkan gusi bengkak bernanah pecah dan kemudian menimbulkan bau. Kondisi ini yang kemudian disebut sebagai kelainan struktur gigi, karena gigi anda tidak akan terlihat normal lagi denga gusi yang membengkak dan gigi yang tanggal akibat membusuk. Anda sebaiknya segera melakukan upaya pengobatan jika ditemukan gangguan infeksi akibat dari tekanan struktur gigi yang abnormal tadi.

Penyebab

Kondisi ini disebabkan oleh struktur gigi yang tidak normal dan menyebabkan gusi lebih cepat rusak. Gigi yang tidak normal strukturnya kemungkinan akan merusak gusi anda dan membuat gusi anda menjadi membusuk dan terus mengalami pendarahan. Jadi pastikanlah untuk hati-hati dengan kelainan pada struktur gigi anda tadi.

Cara Mengobati Kelainan Struktur Gigi

Anda sudah mengetahui apa saja penyebab anda dapat mengalami kelainan pada struktur gigi anda, selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah bagaimana anda dapat mengobatinya. Informasi mengenai apa saja cara mengobatinya dapat anda ketahui pada bagian di bawah ini:

Sponsors Link

  1. Pertama, tentu pengobatan dapat anda lakukan dengan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara teratur dan rutin. Jadi anda tidak perlu menderita masalahnya di waktu selanjutnya.
  2. Kedua, salah satu solusi yang baik untuk mengobati kelainan pertumbuhan dan perkembangan struktur gigi ini adalah dengan melakukan operasi. Operasi dapat dilakukan untuk mengurangi kelebihan jumlah gigi dan beberapa jenis kelainan struktur lainnya.
  3. Ketiga, langkah pengobatan terakhir inilah yang paling sering digunakan untuk mengatasi kelainan struktur gigi anda. Cobalah anda menggunakan kawat gigi sehingga perlahan lahan struktur gigi anda dapat kembali normal. Ketahui juga bagaimana perawatan gigi behel permanen untuk anda coba lakukan.

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja kelainan pada struktur gigi yang mungkin anda alami dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga berbagai informasi di atas dapat anda gunakan sesuai kebutuhan informasi anda. Jadi mulai dari sekarang, cobalah anda untuk selalu menjaga kesehatan gigi anda dan segera upayakan untuk melakukan upaya pengobatan dalam proses yang lebih cepat agar hasilnya lebih maksimal anda rasakan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi