Sponsors Link

Kelainan Susunan Gigi Malocclusion dan Penjelasannya

Sponsors Link

Memiliki gigi yang putih, bersih dan rapih tentunya adalah impian semua orang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan gigi impian tersebut.

ads

Entah itu pengobatan alami dan bisa juga pengobatan yang menggunakan tenaga medis yang penting tujuannya adalah satu, yakni mendapatkan susunan gigi yang rapih dan bersih.

Namun berbeda kasusnya apabila terdapat kelainan pada gigi tersebut yang seyogianya kelainan tersebut bisa berawal sejak ia kecil. Sebut saja seperti kelainan susunan gigi malocclusion. karang gigi bisa dicegah dengan melakukan pijat gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Nah sobat, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelainan susunan gigi malocclusion tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Apa Itu Malocclusion?

Adapun yang dimaksud dengan malocclusion merupakan kelainan susunan gigi pda bagian atas dan bawah rahang yang seyogianya mengakibatkan gigi tidak bisa bertemu dengan gigi yang lainnya sebagaimana mestinya, atau gigi tersebut tidak tumbuh pada posisi yang seharusnya.

Normalnya sobat, gigi bagian rahang atas sedikit melebihi bagian bawah. Susunan gigi yang normal berfungsi untuk melindungi bibir, pipi, dan lidah dari permukaan gigi yang tajam.

Jika terdapat gigi yang keluar dari susunan yang seharunya, maka ketegangan yang tidak semestinya yang terdapat pada beberapa gigi, bisa mematahkan bagian mahkota gigi atau bisa juga melonggarkan gigi yang pada akhirnya akan membuat anda tidak nyaman dengan kondisi tersebut. manfaat pemasangan mahkota gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Apa Penyebab Malocclusion Tersebut?

Pada umunya, gigi yang mengalami malocclusion tersebut disebabkan oleh ketidakseimbangan antara ukuran rahang dan ukuran gigi atau tak seimbnagnya ukuran rahang atas dan juga rahang bawah. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh gigi yang terlalu padat atau terjadinya kelainan gigitan.

Penyebab lainnya juga bisa disebabkan oleh hilangnya gigi tersebut. Karena pada saat gigi hilang, maka gigi sekitarnya juga akan ikut menyimpang kedalam ruang yang baru dan bergerak keluar susunan. 

Selain itu sobat, malocclusion ini juga bisa disebabkan oleh kelaian baris pada rahang yang retak, atua bisa juga tumor pada mulut atau rahang seseorang yang menyebakan pertumbuahn gigi tersebut tidak pada gusi yang seharusnya. 

Selain faktor diatas sobat, malocclusion gigi ini juga bisa diakibatkan oleh faktor genetik atau faktor keturunan. Ayah atau Ibu yang mempunyai  gigi malocclusion tersebut, maka akan memungkinkan keturunannya akan cenderung mengalami malocclusion gigi juga.

Lantas Bagiamana Pengobatan Malocclusion Tersebut?

Adapun pengobatan yang bisa anda lakukan untuk untuk mengatasi malocclusion gigi tersebut antara lain :

  • Penyusunan ulang gigi dengan kekuatan ringan secara terus menerus melalui penggunaan alat gigi, seperti bingkai penyangga gigi ( kawat dan pegas dibawa oleh pengurung yang dilengkapi dengan lem gigi dan ditempelkan menjadi satu kesatuan).
  • Menggunakan terapi malocclusion dengan  mengunakan salah satu alat malocclusion gigi tersebut.
  • Menggerinda gigi yang bermasalah tersebut serta pemasangan mahkota gigi.
Sponsors Link

Meski kelainan susunan gigi malocclusion tersebut bisa terjadi oleh karena faktor geneitk, namun bisa saja kita lakukan perbaikan. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat. Salam

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini