Sponsors Link

Kelebihan dan Kekurangan Chlorhexidine Mouthwash yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Chlorhexidine gluconate merupakan obat kumur yang diresepkan untuk mengurangi bakteri pada mulut. Dari penelitian tahun 2017 menunjukkan jika chlorhexidine merupakan obat kumur antiseptik yang paling efektif hingga sekarang. Dokter gigi biasanya akan meresepkan ini untuk mengatasi peradangan, pembengkakan dan pendarahan akibat radang gusi. Namun meski begitu, ternyata ada kelebihan dan kekurangan chlorhexidine mouthwash yang sebaiknya anda pahami sebelum menggunakan obat kumur ini.

ads

Merek Chlorhexidine Mouthwash

Ada beberapa merek chlorhexidine yang tersedia dan biasanya akan dipilih dokter gigi untuk disesuaikan dengan kondisi pasien. Beberapa diantaranya adalah:

  • Paroex.
  • Peridex.
  • PerioGard.

Efek Samping Chlorhexidine Mouthwash

Ada tiga efek samping atau bahaya obat kumur dari chlorhexidine yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan sebelum anda menggunakannya:

  • Pewarnaan: Chlorhexidine bisa menyebabkan noda pada permukaan gigi, restorasi dan juga di lidah. Biasanya, pembersihan menyeluruh bisa menghilangkan noda. Namun jika anda memiliki banyak tambalan putih anterior, maka dokter gigi mungkin tidak akan meresepkan .
  • Perubahan selera: Kebanyakan orang biasanya akan mengalami perubahan rasa selama perawatan. Dalam kasus yang jarang, perubahan rasa permanen dialami sesudah perawatan berjalan dengan sendirinya.
  • Formasi tartar: Anda mungkin akan mengalami peningkatkan pembentukan karang gigi akibat penggunaan chlorhexidine.

Peringatan Chlorhexidine

Jika dokter gigi meresepkan chlorhexidine, maka sebaiknya tinjau bagaimana cara menggunakannya secara menyeluruh serta kelebihan dan kekuarangan chlorhexidine mouthwash tersebut sama seperti untuk penggunaan Betadine sebagai obat kumur. Sebaiknya, bicarakan pada dokter tentang beberapa hal seperti:

  • Reaksi alergi: Jika anda alergi terhadap chlorhexidine, maka jangan digunakan karena ada kemungkinan reaksi alergi yang serius.
  • Dosis: Ikuti instruksi dokter gigi anda dengan sangat baik. Dosis yang biasanya digunakan adalah 0.5 ons cairan murni sebanyak dua kali sehari, 30 detik setiap pemakaian.
  • Proses menelan: Sesudah dibilas, segera buang dan jangan pernah menelan sisa larutan tersebut.
  • Pengaturan waktu: Chlorhexidine harus digunakan sesudah menyikat gigi dan jangan kembali menyikat gigi, berkumur dengan air atau makan segera sesudah menggunakan chlorhexidine.
  • Periodontitis: Beberapa orang menderita periodontitis dan radang gusi. Chlorhexidine bisa digunakan untuk mengobati gingivitis namun bukan periodontitis sehingga anda butuh perawatan terpisah untuk mengatasi periodontitis sebab chlorhexidine bisa membuat periodontitis semakin buruk.
  • Kehamilan: Beri tahu dokter gigi jika anda sedang dalam masa kehamilan atau berencana hamil. Hal ini sangat penting sebab belum ditentukan apakah chlorhexidine aman atau tidak untuk janin.
  • Menyusui: Beri tahu dokter anda jika anda sedang menyusui sebab belum ditentukan apakah chlorhexidine bisa diberikan ketika sedang menyusui atau apakah bisa berpengaruh pada bayi.
  • Kebersihan gigi: Penggunaan chlorhexidine bukan untuk mengganti mengganti rutinitas menyikat gigi, menggunakan flossing gigi dan kunjungan rutin ke dokter gigi.
  • Penggunaan chlorhexidine untuk anak anak tidak diperbolehkan khususnya untuk anak anak yang masih berusia di bawah 18 tahun dan perhatikan juga perbedaan dosis obat kumur dewasa dan anak anak dengan baik.
  • Evaluasi: Evaluasi ulang dengan dokter gigi seperti perawatan yang bekerja dengan interval konsisten, menunggu tidak lebih dari enam bulan untuk check ini.

Keuntungan Utama Chlorhexidine

Jenis obat kumur dan fungsinya Chlorhexidine bisa membunuh bakteri di mulut penyebab penyakit gusi. Ini menjadi obat kumur antiseptik yang sangat efektif dan biasanya akan diresepkan dokter gigi untuk mengatasi pendarahan gingivitis, peradangan dan juga pembengkakan.

Sponsors Link

Kekurangan Utama Chlorhexidine

Chlorhexidine bisa menyebabkan gigi berwarna, mengubah persepsi rasa dan juga bisa meningkatkan penyebab karang gigi hitam.

Nantinya, dokter gigi akan membantu anda untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan chlorhexidine mouthwash untuk membantu anda membuat keputusan yang paling tepat dan sesuai dengan anda.

Seperti metode perawatan gigi lainnya, chlorhexidine mouthwash juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan menggunakan obat kumur ini. Namun meski begitu, chlorhexidine mouthwash ini bisa dikatakan lebih banyak memiliki kelebihan untuk mengatasi beberapa masalah gigi dan juga sudah terbukti efektif dibandingkan bahaya antiseptik obat kumur.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini