Kelebihan dan Kekurangan Self Ligating Braces

Penggunaan behel atau kawat gigi adalah salah satu cara untuk mendapatkan gigi yang rapi seperti perawatan self ligating bracket. Saat ini behel tidak hanya digunakan untuk merapikan susunan gigi saja, terapi juga untuk keperluan kecantikan dan penunjang penampilan.

Kawat gigi terbuat dari berbagai komponen yang berhubungan dengan cara berteman dengan kawat gigi, namun braket dan karet penghubung adalah bagian terpenting dari semuanya. Bracket adalah potongan yang terikat langsung ke gigi dan pita penghubung adalah yang koneksi yang menghubungkan antar bracket. Archwire inilah yang sebenarnya membantu menggerakkan gigi di sekitar mulut.

Bertentangan dengan apa yang dipikirkan banyak orang, bracket hanya berfungsi sebagai pegangan, bagi karet penghubung atau archwire. Archwire ini menerapkan tekanan lembut dan stabil pada gigi dan inilah yang sebenarnya membuat gigi anda bergerak ke posisi yang dibutuhkan sebagaimana perawatan embrace. Penghubung berbahan elastis ini juga digunakan untuk memastikan gigi bagian atas dan bawah dapat menggigit dengan benar.

Banyak terdapat berbagai jenis behel yang dapat anda gunakan. Salah satunya adalah Self Ligating Braces. Self-Ligating Braches merupakan teknologi kawat gigi cekat ( behel ) terbaru yang dapat bergerak lebih mandiri dan bebas dalam memperbaiki kondisi gigi tanpa ada hambatan dari karet yang biasanya digunakan pada Conventional Braches.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari Self Ligating Braces:

Kelebihan:

1. Self Ligating Braces merupakan kawat gigi yang tidak membutuhkan karet behel, sementara Conventional Braces membutuhkan karet. Behel gigi Self Ligating sudah memiliki penyangga khusus yang bisa membuka tutup sendiri.

2. Self Ligating Braces tidak menggunakan karet, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit, seperti pada saat menggunakan behel gigi konvensional. Karena karet gigi bisa membuat tekanan dan menimbulkan rasa sakit.

3. Self Ligating Braces lebih mudah dibersihkan dari pada Conventional Braces. Sementara karet pada Conventional Braces memiliki potensi yang besar untuk menjadi tempat bersarangnya plak.

4. Biasanya behel gigi Self Ligating lebih cepat untuk merapikan gigi dibandingkan behel gigi yang biasanya, karena meskipun dengan tekanan yang rendah ia memiliki kekuatan yang maksimal.

5. Dengan memakai behel Self Ligating, kamu tidak perlu terlalu rutin untuk melakukan kontrol.

6. Behel gigi dengan sistem Self Ligating biasanya berukuran lebih kecil, sehingga lebih nyaman untuk digunakan dari pada behel biasa.

7. Kawat gigi self-ligating terlihat sangat mirip dengan kawat gigi tetap tradisional yang ortodontis telah digunakan untuk meluruskan gigi selama beberapa dekade. Namun, mereka sekarang tersedia dengan bracket yang transparan atau keramik, membuat mereka jauh lebih tidak terlihat.

Kekurangan :

1. Karena keunggulan yang dimiliki behel Self Ligating sangat banyak, tentu saja harganya pun lebih mahal daripada behel jenis konvensional.

2. Behel gigi self-ligating transparan tidak benar-benar tersembunyi

3. Anda perlu menyikat dengan hati-hati di sekitar bracket dan wire agar gigi tetap bersih.Setiap jenis behel jelas akan ada kelebihan dan kekurangannya. Semua kembali lagi pada kemampuan finansial dan kebutuhan anda. Kunjungilah dokter gigi untuk melakukan konsultasi jenis behel apa yang cocok untuk gigi anda.