Sponsors Link

Kemungkinan Efek Samping Pemutihan Gigi Paling Utama

Sponsors Link

Jika anda ingin melakukan tips memutihkan gigi, maka satu hal yang harus diyakini adalah prosedur ini sangat aman untuk dilakukan. Meski begitu, namun bahan kimia yang digunakan untuk memberikan tampilan senyum lebih putih tersebut juga bisa memiliki kemungkinan efek samping pemutihan gigi. Anda mungkin ingin mempertimbangkan daftar efek samping ini sebelum anda memutuskan untuk memutihkan gigi anda.

ads

Potensi Efek Samping dan Hasil Pemutihan Gigi

Kebanyakan orang yang memakai produk pemutih gigi mengalami sedikit atau tidak ada efek samping dengan hasil yang memuaskan. Akan tetapi, beberapa orang juga mengalami satu atau lebih kemungkinan efek samping pemutihan gigi berikut yang berhubungan dengan cara untuk memutihkan gigi.

1. Sensitivitas Gigi

Anda mungkin akan mengalami masalah gigi sensitif selama proses pemutihan gigi dan untuk waktu yang singkat sesudah prosedur dilakukan. Ini bisa terjadi karena pemaparan lapisan dentin gigi selama proses pemutihan dilakukan.

Jika anda memang memiliki masalah gigi sensitif sebelum memutuskan untuk memutihkan gigi, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi lebih dulu untuk saran tentang pilihan pemutihan gigi yang cocok untuk situasi anda.

Dokter gigi anda juga bisa memberikan daftar merk produk pemutih yang bisa membantu untuk mengurangi ciri gigi sensitif yang meningkat selama proses pemutihan.

2. Iritasi Jaringan Lunak

Iritasi jaringan lunak atau juga disebut dengan luka bakar kimia juga merpakan salah satu kemungkinan efek samping pemutihan gigi. Iritasi jaringan lunak ini bisa terjadi pada saat larutan pemutih terkena jaringan gusi selama proses pemutihan.

Pada saat iritasi jaringan lunak terjadi, maka gusi umumnya akan terlihat putih segera sesudah bersentuhan dengan larutan pemutih khususnya jika anda terpapar dengan solusi pemutihan gigi profesional di kantor.

Jaringan memang akan kembali normal sesudah terpapar dengan bahan kimia dalam produk pemutih. Namun banyak pasien yang khawatir pada saat mereka melihat gusi mereka sesudah terpapar hidrogen peroksida atau karbamid peroksida dengan konsentrasi tinggi.

Kontak yang terlalu lama dengan gel pemutih gigi atau larutan pada jaringan gusi juga bisa menyebabkan peradangan dan kemerahan pada area yang terkena oleh larutan pemutih. Dalam kasus ekstrim, iritasi jaringan lunak akibat larutan pemutih bisa terjadi gusi berdarah terus menerus dan nyeri pada jaringan gusi.

Hasil yang Tidak Diinginkan

Tergantung dari warna awal gigi anda, hasil yang dicapai sesudah memutihkan gigi mungkin bukan yang anda harapkan. Jika anda mengalami pewarnaan berat atau perubahan warna gigi bagian dalam, maka anda mungkin tidak melihat perubahan dalam warna gigi sesudah memutihkan gigi atau dengan kata lain bisa menjadi penyebab gigi cepat kuning.

Jika anda memutihkan gigi terlalu sering, maka anda mungkin akan memperhatikan jika gigi anda mulai terlihat berwarna abu abu atau transparan, berbeda dengan warna putih krem yang smeua orang ingin lihat sesudah memutihkan gigi mereka. Selain itu, jika anda mempunyai penutup, mahkota, pelapis gigi atau tambalan, maka solusi pemutihan tidak akan berfungsi.

Periksa ke Dokter Gigi Anda Sebelum Memutihkan Gigi

Sebelum anda memutuskan untuk memutihkan gigi, hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter gigi anda yang akan menilai gigi anda untuk melihat apakah anda merupakan kandidat yang baik untuk prosedur pemutihan gigi dan apakah mereka akan bekerja pada perubahan warna khusus anda.

Sponsors Link

Dari sini, anda bisa memilih untuk melakukan pemutihan gigi di kantor, pemutihan gigi profesional atau memilih pemutihan gigi yang dijual bebas.

Meski semua bisa memberikan hasil tampilan gigi yang lebih putih, namun tetap saja penggunaan bahan bahan kimia dalam masing masing metode pemutihan gigi bisa memberikan kemungkinan efek samping pemutihan gigi yang jauh lebih berbahaya jika dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang memutihkan gigi. Akan tetapi, kadar dari kemungkinan efek samping pemutihan gigi tersebut mungkin akan memberikan hasil yang berbeda beda tergantung metode yang digunakan, kondisi gigi masing masing orang dan juga beberapa faktor lainnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini