Sponsors Link

Kenali Rasa Ngilu yang Terjadi Bukan Karena Gigi Sensitif

Sponsors Link

Tidak usah ditanyakan lagi ya sobat, gigi merupakan organ atau piranti yang sangat penting dalam tubuh kita terutama dalm sistem pencernaan. Bukan tidak berasalan namun karena memang gigi ini  merupakan sistem pencernaan mekanik dalam tubuh kita.

ads

Gigi ini sendiri merupakan sistem pencernaan mekanik yang mana berfungsi sebagai piranti untuk menyobek makanan, memotong serta melumat makanan tersebut sehingga pada akhirnya akan meiliki tekstur yang halus dan lembut sebelum nantinya akan diteruskan ke sistem pencernaan selanjutnya.

Bisa anda bayangkan ya sobat apabila gigi anda mengalami masalah, maka bukan hanya sistem pencernaan saja yang terganggu, namun juga sistem dalam tubuh anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menjaga dan merawat gigi anda secara berkala.

Pada kondisi yang sehat, gigi akan menjalankan fungsinya sebagaimana yang seharusnya menjadi fungsinya. Namun dalam beberapa kasus tertentu bukan tidak mungkin gigi anda akan mengalami masalah. Sebut saja seperti gigi ngilu, pada saat nada merasakan hal yang satu ini tentunya anda akan merasakan hal yang tidak mengenaakkan.

Bukan tidak berasalan, namun pada saat anda mengonsumsi makanan yang pedas, asam, manis, minuman yang dingin atau panas maka anda akan merasakan dampak dari gigi ngilu tersebut. Munkgin pada sebagaian orang, pada saat mereka merasakan hal tersebut, akan membiarkan gigi ngilu tersebut begitu saja karena menganggapnya sebagai sesuatau yang biasa saja dan tidak perlu dilakukan perawatan yang berlanjut.

Mereka beranggapan jika gigi ngilu itu artinya giginya tergolong gigi sensitif. Namun satu hal yang harus anda ketahui sobat, bahwasanya gigi ngilu tersebut bukan berarti karena gigi anda sensitif, namun ada masalah lainnya yang sedang gigi anda alami.

Lantas jika bukan karena gigi yang sensitif, kenapa rasa ngilu tersebut terjadi pada gigi anda? Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1. Penurunan Gusi Atau Resesi Gingival

Penyebab yang pertama adalah kerena gigi anda mengalami penurunan gusi atau yang biasa disebut dengan resesi gingival. Pada saat gigi anda mengalami kondisi seperti ini seperti gingivitis, maka akan mengakibatkan tereskposnya sebagai akar gigi anda.

Penurunan gusi ini biasanya menbuat gigi akan menjadi lebih cepat ngilu. Meski memang pada kenyataannya tidak semua penurunan gusi membuat sensitivitas pada gigi, namun penurunan gusi yang tidak dirawat dalam kurun waktu yang lama akan membuat gigi anda merasa cepat ngilu pada saat anda mengonsumsi sesuatu yang seyogianya berlawanan dengan kondisi gigi anda tersebut.

Sponsors Link

2. Terjadinya Abrasi Gigi

Penyebab yang kedua adalah kerena gigi anda mengalami abrasi gigi.  Abarasi pada leher gigi ini biasanya ditimbulkan oleh karena gerakan seseorang pada waktu menyikat gigi salah. Selain itu, penggunaan sikat gigi yang terlalu keras juga bisa menyebabkan terjadinya abrasi gigi tersebut.

Jika gigi anda terkena abrasi, maka bisa saja abrasi tersebut mengenai permukaan enamel (lapisan gigi paling luar) bahkan pada kondisi tertenti bisa sampai menyebabkan mengenai ke bagian paling dalam gigi, yaitu dentin.  Apabila abrasi tersebut sudah mengenai permukaan gigi anda dan hampir mengenai bagian dalam gigi ( dentin )  maka biasanya gigi anda akan terasa lebih cepat ngilu terhadap makanan dan minuman tertentu.

ads

Oleh karena itu sobat, perhatikan cara menyikat gigi anda dan pastikan anda menyikat gigi dengan cara yang benar dan pada waktu yang tepat pula. pentingnya menggosok gigi tidak boleh diremehkan apalagi sampai diabaikan.

3. Gigi Berlubang

Penyebab yang ketiga adalah kerena gigi anda mengalami gigi berlubang. Pada umumnya, seseorang ynag memiliki gigi berlubang juga cenderung kerap sekali menrasa ngilu pada saat mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Biasanya ada banyak faktor yang membuat gigi tersebut berlubang, mulai dari tumpukan plak pada gigi atau karies gigi anda atau adanya pembusukan gigi sehingga lama – kelamaan gigi yang membusuk tersebut akan membekas dan membuat terjadinya lubang pada gigi anda.

Gigi berlubang ini kerap sekali terjadi pada gigi geraham karena memang posisinya yang berada pada pojokan mulut atau rahang anda. Jika gigi anda mengalami gigi berlubang alias gigi bolong tersebut, maka pada saat anda makan atau minum dan mengenai gigi berlubang tersebut, maka rasanya akan sangat laur biasa sakit sekali, karena bagian dalam gigi anda yaitu dentin sudah terbuka, dan pada saat terkena sentuhan makan maka dentin tersebut akan menerima rangsangan sehingga terasa sangat ngilu.

Untuk mengatasi hal ini, biasanya pasien yang enggan untuk mencabut giginya meski sudah berlubang atau oleh karena faktor medis, maka akan dilakukan perawatan penmabalan gigi untuk menutupi lobang tersebut.

4. Kelainan Bruxim

Penyebab yang keempat adalah kerena gigi anda mengalami kelainan bruxim. Adapun yang dimaksud dengan kelaina bruxim tersebut merupakan kondisi dimana saat seseorang menggertakkan, menguyah, mengatup dan menggeser –  geserkan giginya dalam kondisi tidak sadar.

Biasanya seseorang yang mengalami kelainan bruxim ini akan melakukan hal tersebut pada saat ia tidur, dimana pada saat tersebut tentunya ia tidak sadarkan diri. Apabila keadaaan seperti ini terjadi selama bertahun –  tahun, maka akan mengakibatkan seseorang mengalami gigi ngilu oleh karena pada saat kelainan bruxim tersebut terjadi pada kurun waktu yang lama, maka akan merusak bagian terluar gigi anda, yakni yang disebut dengan email gigi, sehingga gigi anda akan cenderung cepat terasa ngilu.

5. Gigi Retak

Penyebab yang kelima adalah kerena gigi anda mengalami gigi retak. Kondisi gigi yang retak ini kerap kali dialami oleh mereka yang pernah mengakmai cedera, kecelakaan, atau minum minuman yang panas atau dingin sekaligus dalam waktu yang berdekatan. Pada saat gigi anda retak, maka dentin gigi anda pun akan ikut terbuka, jadi pada saat dentin gigi tersebut terbuka maka akan memungkinan gigi anda akan merasa ngilu.

Sponsors Link

Oleh karena itu sobat, kenali rasa ngilu yang terjadi bukan karena gigi sensitif pada gigi anda dan segeralah lakukan tindakan perbaikan melalui dokter gigi. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi