Sponsors Link

Kenapa Gigi Sering Berdarah Tanpa Sebab? Ini Penyebabnya !

Sponsors Link

Penyebab kenapa gigi sering berdarah tanpa sebab adalah informasi mengenai apa saja yang menjadi pemicu gigi berlubang yang anda derita mengeluarkan darah. Gigi berlubang adalah kondisi gigi yang mengalami kerusakan akibat bakteri dan timbul lubang di lapisan gigi. Penyebab gigi berlubang ini ada banyak jenisnya. Salah satu penyebab yang utama adalah karena akibat tidak menjaga kesehatan gigi dengan rutin. Gigi yang berlubang dapat menimbulkan rasa nyeri dan juga sakit.

ads

Tidak hanya itu, bisa juga keluar darah pada gigi berlubang. Keluarnya darah dari gigi berlubang ini dapat menjadi tanda tanda suatu bahaya gigi berlubang berdarah yang perlu anda waspadai. Itulah mengapa pada bagian berikut ini akan dijelaskan apa saja yang dapat menjadi penyebab dan banyak sekali pertanyaan kenapa gigi sering berdarah tanpa sebab.

Penyebab Keluar Darah pada Gigi Berlubang

Gigi berlubang dapat keluar darah. Keluarnya darah dari lubang di gigi ini perlu anda waspadai sebagai efek samping dari gigi berlubang. Menjaga kewaspadaan terkait hal ini dapat dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

Berbagai penyebab dari keluarnya darah di gigi berlubang ini sebenarnya anda dapat ketahui melalui informasi berikut ini. Simak informasi terkait 4 penyebabnya yang paling umum. Inilah salah satu jawaban kenapa gigi sering berdarah tanpa sebab.

  1. Terjadinya Peningkatan Permeabilitas Pembuluh Darah

Penyebab yang pertama dari keluarnya darah di gigi berlubang anda bisa dikarenakan adanya suatu peningkatan permeabilitas dialiran pembuluh darah. Khususnya kondisi ini terjadi di bagian organ pulpa gigi. Sehingga sistem bagian saraf ini yang sangat sensitif pada rangsang berupa desakan atau gesekan di aliran pembuluh darah akan mengalami masalah. Hal ini akan membuat aliran darah bisa keluar dengan jumlah cukup banyak hingga saraf gigi anda pun terganggu.

  1. Terjadinya Iritan Mekanik

Kemudian setelah itu penyebab yang kedua adalah akibat iritan mekanik. Iritan mekanik adalah iritasi gigi yang diakibatkan oleh trauma di bagian gigi. Bisa akibat benturan atau juga akibat penggunaan gigi yang tidak pas. Hal ini dapat membuat gigi berlubang anda bermasalah dan mengeluarkan darah.

  1. Terjadinya Iritan Mikroorganisme

Iritasi selanjutnya dikenal dengan nama iritan mikroorganisme. Jenis iritasi ini dapat dialami oleh seseorang karena pengaruh mikroorganisme jahat yang masuk ke bagian lubang gigi anda. Mikroorganisme tersebut kemudian menyebabkan bagian gigi dapat terjadi masalah dan akhirnya timbulah pendarahan. Jadi anda harus berhati hati dalam menjaga kesehatan gigi anda jika sedang dalam keadaan berlubang.

Sponsors Link

  1. Terjadinya Infeksi Gigi dan Gusi

Terakhir, penyebab dari gigi berlubang anda berdarah adalah karena infeksi. Infeksi pada gigi dan gusi ini tidak boleh anda anggap sepele. Walau gejalanya hanya keluar darah, jika tidak diatasi dapat menjadi penyebab infeksi yang berbahaya. Jadi anda harus segera mengatasinya dengan efektif. Itulah mengapa infeksi juga dikenal sebagai penyebab gusi berdarah tiba tiba juga gigi anda.

ads

Setelah anda mengetahui setidaknya 4 penyebab keluar darah pada gigi berlubang di atas, selanjutnya anda perlu mengetahui apa saja yang perlu anda lakukan untuk mengatasinya. Informasi mengenai cara mengatasi keluar darah pada gigi berlubang dapat anda ketahui pada bagian selanjutnya.

Cara Mengatasi Keluar Darah pada Gigi Berlubang

Anda sudah mengetahui apa yang dapat menyebabkan gigi berlubang berdarah. Informasi penting ini harus anda manfaatkan untuk menjadi upaya pengobatannya. Mengobati keluarnya darah dari gigi berlubang anda memang gampang-gampang susah. Sebagai upaya awal anda dapat mencoba mengatasinya sendiri di rumah. Akan tetapi, jika tidak kunjung sembuh juga sebaiknya anda memeriksakan kondisi gigi berlubang anda ke dokter. Beberapa cara mengatasi keluar darah dari gigi berlubang dengan bahan alami dapat anda ketahui pada bagian di bawah ini:

  1. Menggunakan Khasiat Garam

Pertama, anda bisa menggunakan garam yang mengandung yodisium tinggi ketika anda merasakan keluar darah  pada gigi berlubang. Cara pertama, dalam pengobatan ini bisa anda lakukan dengan melarutkan garam dalam air. Gunakan larutan air garam ini untuk diminum. Larutan air garam akan mengalirlan darah dari gigi berlubang anda dan kondisi yang menjadi penyebab keluarnya darah di gigi berlubang ini pun dapat mereda dengan efektif.

  1. Menggunakan Khasiat Bawang Putih

Cara kedua dalam pengobatan ini bisa dilakukan dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih ini bisa mengantisipasi gigi yang keropos dan mengeluarkan darah. Diketahui bahwa bawang putih memiliki kandungan antibiotik alami yang efektif untuk mencegah aliran darah akibat adanya infeksi di gigi yang keropos. Demikian nantinya gigi ini akan terasa lebih kuat dan tidak mudah berdarah lagi bila anda menggunakan bawang putih secara rutin.

  1. Menggunakan Khasiat Getah Daun

Cara ketiga dalam pengobatan ini anda bisa lakukan menggunakan khasiat dari getah daun. Getah ini bisa meredakan rasa nyeri saat bakteri masuk ke lubang gigi anda dan gusi anda yang kemudian berdarah. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara menghaluskan terlebih dahulu daun dan masukkan getahnya di sekitaran gigi berlubang yang berdarah. Anda dapat membungkus sekeliling gigi berlubang tersebut jika diperlukan untuk segera menghentikan gigi berdarah terus.

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja penyebab keluar darah pada gigi berlubang, serta apa saja yang dapat anda lakukan untuk segera mengatasinya. Berbagai informasi di atas diharapkan dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda dan orang-orang di sekitar anda. Cobalah untuk selalu memperhatikan kondisi gigi anda. Jika ada yang berlubang, maka segeralah lakukan perawatan.

Jika ada gigi berlubang yang tidak terawat, maka resiko keluar darah dari gigi tersebut semakin besar. Anda yang sudah terlanjur mengalaminya, sebaiknya segera melakukan berbagai upaya mengatasi yang telah disebutkan sebelumnya. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi