Sponsors Link

Kenapa Perokok Merasa Mulut Asam dan Pahit Kalau Tidak Merokok?

Sponsors Link

Rokok adalah salah penyumbang utama meningkatnya angka kematian di dunia setiap tahunnya dan menjadi sebab pengaruh rokok bagi kesehatan gigi dan mulut. Bagi para perokok aktif maupun yang tidak merokok mereka pasti tahu bahwa rokok adalah racun dan sangat berbahaya bagi tubuh.

ads

Tetapi anehnya, walaupun sudah mengetahui bahwa banyak sekali dampak buruknya, masih banyak yang  menghisap rokok dan tidak memperhatikan kadar merokok yang masih aman untuk gigi. Bagi para perokok aktif, rokok yang mereka hisap membuat mereka bersemangat dan membangkitkan mood.

Kebanyakan dari mereka menyatakan bahwa mulut mereka akan terasa asam, pahit, dan kering jika tidak merokok sekali saja dalam satu hari sehingga menggunakan rokok elektrik dan vape picu kerusakan gigi. Hal tersebutlah yang biasanya menjadi faktor penghalang mereka untuk berhenti merokok.

Memang salah satu keluhan yang dirasakan oleh orang yang sedang mencoba berhenti merokok yaitu mulut yang terasa tidak enak, biasanya terasa asam, pahit, bahkan rasa besi.

Sebenarnya, perasaan mulut asam dan pahit yang di rasakan adalah imbas dari kebiasaan merokok selama ini. Seperti yang kita tahu, rokok mengandung berbagai zat kimia yang semuanya buruk bagi kesehatan, salah satunya kesehatan mulut.

Kerusakan pertama yang ditimbulkan rokok pada mulut Anda adalah perubahan dari sistem saraf pada lidah Anda. Lidah berguna untuk merasakan berbagai rasa, seperti manis, asin, asam, dan pahit. Jika Anda perhatikan, pada permukaan lidah terdapat banyak bintil-bintil yang merupakan alat penerima rangsangan saraf dari luar. Papila ini yang akan mengartikan setiap rasa yang Anda rasakan ketika Anda sedang makan atau minum sesuatu.

Namun ketika merokok,  Zat di rokok akan menurunkan kemampuan mengecap. Tidak hanya itu saja bahkan, rokok merusak papila tersebut hingga mengacaukan kemampuan lidah untuk mengecap. Salah satu dampaknya yang paling sering dirasakan dari kerusakan ini adalah mulut asam dan pahit.

Tetapi di samping karena dampak merokok, lidah yang terasa pahit juga dapat disebabkan dari faktor lainnya. Misalnya masalah pada kesehatan tubuh,  seperti refluks asam lambung, gangguan pada fungsi kelenjar air liur (misalnya karena peradangan atau penyumbatan), infeksi rongga mulut (misalnya karena jamur, virus, atau bakteri), infeksi lainnya (misalnya sinusitis, otitis media, tonsilofaringitis, tifus), iritasi (misalnya karena penggunaan pasta gigi atau obat kumur yang tidak tepat), penuaan, keganasan pada rongga mulut (misalnya kanker lidah), gangguan psikosomatis, dan lain sebagainya.

Hal yang paling penting untuk menghilangkan keluhan ini adalah berhenti merokok. Memang sulit. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan dalam berhenti merokok.

  • Menyeruput air dingin melalui sedotan
  • Makan banyak buah yang bercita rasa macam-macam
  • Perbanyak kunyah permen karet bebas gula
Sponsors Link

  • Hindari alkohol
  • Olahraga, bahkan hanya jalan kaki
  • Masukan sesuatu pada mulut Anda
  • Ingat kembali, apa alasan Anda berhenti merokok

Merokok tidak hanya akan membuat mulut asam dan pahit saja, untuk jangka panjangnya pasti banyak efek samping yang timbul akibat kerusakan organ yang terpapar dengan zat kimia yang ada di dalam rokok. Kebiasaan merokok memang sulit untuk dihentikan, tetapi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh maka, anda akan terlepas rokok untuk selamanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Mulut