Sponsors Link

Kerusakan Gigi : Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gigi yang sehat dan kuat merupakan modal dan daya tarik seseorang untuk menunjang penampilannya agar terlihat lebih menarik dan menawan. Selain itu, gigi yang bersih dan sehat juga merupakan salah satu asset yang sangat penting fungsinya dan bisa dibilang vital dalam tubuh kita.

ads

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, gigi ini berfungsi untuk mengolah makanan sebelum nantinya akan diteruskan ke sistem pencernaan yang selanjutnya. Setuju ya sobat. Oleh karena itulah peranan dan keberadaan gigi ini sangatlah amat penting dalam tubuh kita.

Nah sobat semua, meski demikian ada begitu banyak diantara kita yang lalai akan kepentingan dan keberadaan gigi tersebut, sehingga sering kali terjadi kerusakan yang sebelumnya kita tidak tahu. Pada umumnya kerusakan gigi tersebut kita ketahui apda saat sudah merasakan rusaknya gigi tersebut.

Oke sobat semua, pada kesempatan kali ini penulis akan memngulas secara lengkap mengenai kerusakan gigi tersebut yanh bisa sobat jadikan sebagai tambahan infomasi agar anda bisa mendeteksi kerusakan gigi anda sejak dini. Karena seperti kata pepatah mengatakan “ lebih baik mencegah dari pada mengobati “ setuju ya sobat. Untuk itu ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out !

Penyebab Kerusakan Gigi

Adapun penyebab gigi rusak ini ada begitu banyak peyebabnya. Mulai dari faktor makanan dan minuman ataupun sikap dan tindakan anda pada gigi tersebut. Tindakan dalm hal ini maksudnya adalah perlakuan anda terhadap perawatan gigi tersebtu. Adapun beberapa faktor penyebab kerusakan gigi tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Minuman Bersoda

Faktor penyebab kerusakan gigi yang pertama adalah minuman bersoda. Kebiasaan anda mengonsumsi minuman bersoda akan membuat tubuh anda lebih mudah mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini akan berakibat pada berkurangnya produksi air liur pada tubuh kita.

Apabila produksi air liur ini berkurang, maka secara otomatis akan mengurangi silkus air dalam gigi tersebut sehingga menimbulkan potensi gigi anda akan rusak. Padahal kita mungkin sudah tahu bahwasannya manfaat air liur untuk gigi cukup penting ya sobat.

2. Kebiasaaan Merokok

Faktor penyebab  kerusakan gigi yang kedua adalah kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok ini sangatlah memberikan dampak buruk terhadap gigi. Seperti yang sudah kita ketahui dan lihat bersama, sering kali warna gigi perokok berubah menjadi seolah kekuningan. penyebab gigi cepat kuning ini sudah sangat jelas yakni karena kebiasaan merokok.

Sponsors Link

Hal tersebut dikarenkan zat kimia yang terkandung dalam rokok tersebut. Zat kimia tersebut denagn sangat mudah akan menyerang bagian enamel gigi anda sehingga lama – kelamaan akan berubah menjadi warna kuning yang mana akan berpotensi membuat karang gigi dan plak pada gigi anda bertambah dengan mudahnya.

3. Mengunyah Es Batu

Faktor penyebab kerusakan gigi yang ketiga adalah karena kebiasaan anda mengunyah es batu. Tanpa kita sadari saat minum es yang di dalamnya mungkin masih ada es batunya, dengan tanpa adanya beban sering kali kita langsung saja mengunyah es batu tersebut hingga habis. gigi hipersensitif akan mulai muncul sebagai gejala awal gigi rusak. Jika sudah begini maka perawatan gigi hipersensitif sangat dibutuhkan.

Padahal sobat, tanpa anda sadari pada saat anda menguyah es batu tersebut pada saat yang bersamaan enamel gigi anda akan tergerus oleh es batu tersebut, sehingga apabila enamel gigi ini rusak akan mempermudah bakteri menyerang gigi anda hingga berlobang.

ads

4. Konsumsi Obat – Obatan Kimia Terlalu Lama

Faktor penyebab kerusakan gigi yang keempat adalah apabila seseorang konsumsi obat –  obatan kimia dengan jangka waktu yang lama. Tanpa anda sadari sobat, tubuh kita pada dasarnya memiliki sistem imun yang juga membutuhkan waktu untuk bekerja.

Oleh karena itu, apabila anda terlalu sering mengonsumsi obat akan berpotensi merusak enamel gigi anda. Hal ini disebabkan oleh pengaruh obat yang bisa menimbulkan produksi air liur anda berkurang, yang mana air liur ini seyogianya bisa menjaga kelembaban enamel gigi anda.

Pencegahan Kerusakan Gigi

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab kerusakan gigi tersebut, ada baiknya sobat semua mengerti bagaimana cara pencegahan kerusakan gigi tersebut ya sobat. Adapun cara pencegahannya adalah sebagai berikut :

  • Rajin Konsumsi Sayur dan Buah segar

Cara yang pertama yang bisa anda lakukan untuk mencegah rusaknya gigi adalah denagn rajin mengonsumsi sayur dan buah yang segar. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sayur dan buah ini banyak mengandung vitamin C dan juga kalsium. manfaat vitamin c untuk gigi cukup penting sobat, jadi jangan dianggap sepele. Selain mempengaruhi pertumbuhan gigi, vitamin c juga sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi.

Nah sobat, vitamin C ini akan berfungsi untuk menjaga gigi anda agar tetap sehat dan memiliki warna yang cerah. Selain itu, kalsium ini berfungsi untuk membuat gigi anda kuat mulai dari akar hingga ke bagian mahkota gigi tersebut.

  • Rajin Gosok Gigi

Cara yang kedua adalah dengan rajin menggosok gigi. Kesadaran betapa pentingnya menggosok gigi memang wajib dipupuk. Hal yang paling simpel dan yang paling sederhana yang bisa anda lakukan untuk mencegah kerusakan pada gigi gigi adalah denagn rajin menggosok gigi minimal 2 x dalam sehari. Dan pastikan pada saat au tidur malam anda harus gosok gigi ya sobat, karena pada saat mulut anda tidak beraktifitas, maka bakteri dalam mulut anda akan bekerja dengan cepat merusak gigi anda.

  • Rajin Mengunyah Permen Karet

Cara yang ketiga adalah dengan rajin mengunyah permen karet. Permen karet dalam hal ini adalah permen karet yang mengandung xylitol yang baik untuk kesehatan enamel gigi. manfaat permen karet dengan kandungan xylitol bagi gigi ternyata cukup berperan aktif ya sobat.

Cara Mengatasi Kerusakan Gigi

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi kerusakan gigi yang bisa sobat jadikan refrensi. Yuk sobat mari kita simak :

  • Gunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Fluroide

Pasta gigi yang mengandung fluoride adalah salah satu pasta gigi yang bisa memperbaiki kerusakan pada gigi anda, dimana fluoride ini bisa memperbaiki lapisan enamel pada gigi anda sehingga akan lebih kuat dan juga sehat. fluoride memang sudah tidak asing lagi di telinga mengenai manfaat baiknya bagi kesehatan gigi pada umumnya.

  • Kunjungi Dokter Gigi

Apabila kerusakan pada gigi anda sudah terlalu parah, atau anda ingin memberhentikan sama sekali kerusakan tersebu dengan cepat ada baiknya anda segera mengunjungi dokter gigi saja ya sobat agar dokter bisa menyarankan pengobatan yang cocok untuk kondisi gigi anda.

Sponsors Link

Sekian informasi mengenai kerusakan gigi yang bisa penulis sajikan buat anda semua ya sobat. Terima kasih buat sobat semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi buat anda semua. Sampai jumpa sobat, salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini