Sponsors Link

Kesehatan Gigi Seseorang Benarkah Ditentukan dari Warnanya? Ketahui Jawabannya Disini!

Sponsors Link

Seberapa baik keadaan gigi ternyata bisa digunakan sebagai pertanda seberapa baik kesehatan tubuh seseorang. Gigi yang sehat adalah impian semua orang. Umumnya orang mengetahui bahwa gigi yang sehat adalah yang berwarna putih. Warna gigi manusia pada dasarnya berwarna kuning keabu-abuan, putih kekuning – kuningan ataupun putih keabu-abuan. Warna gigi sendiri bisa ditentukan dari seberapa tebal email pada masing – masing gigi, bisa juga dari seberapa tebal bagian dentin. Gigi sendiri ternyata bisa mengalami perubahan warna manusia karena beberapa faktor dan perubahan warna menjadi menguning seiring bertambahnya usia pada masa tua merupakan hal yang wajar. Perubahan warna gigi bisa terjadi saat atau setelah terbentuk email dan dentin.

ads

Kondisi gigi bisa menggambarkan kesehatan tubuh pemiliknya secara keseluruhan. Apakah warna Gigi bisa menentukan kesehatan gigi? Orang banyak mempercayai bahwa semakin gigi putih, semakin sehat. Nyatanya ini tidak benar. Jangan terkecoh dengan gigi putih, karena putihpun belum tentu sehat. Warna gigi alami bisa bervariasi dari satu orang ke orang lain. Jadi, bisa saja orang yang sebenarnya bergigi sehat namun warna pada giginya ternyata memiliki tampilan yang lebih gelap daripada orang lain. Terlebih lagi karena faktor usia yang memang sudah wajar terjadi perubahan warna secara alami.

Yang wajib anda pahami, kerusakan yang terjadi pada gigi bisa ditentukan dari proses perubahan warna gigi. Inilah salah satu alasan kenapa banyak orang yang menghubung – hubungkan perubahan warna yang terjadi pada gigi merupakan pertanda bahwa gigi tersebut memang tidak sehat. Padahal tidak selalu demikian jika menurut ilmu kesehatan. Warna gigi Anda ditentukan oleh DNA dengan cara yang sama ketika DNA menentukan warna mata atau rambut. Meski demikian, ternyata tidak sedikit orang yang memiliki gigi kuning.

Warna kuning bukan tanda dari kondisi kesehatan yang buruk pada mulut seseorang, namun kondisi gigi yang kuning kebanyakan diakibatkan oleh kebiasaan buruk yang dilakukan sehari – hari dalam jangka waktu panjang terhadap gigi. Jika anda tak segera mencari solusi untuk menangani kondisi gigi yang semakin menguning, bisa jadi kerusakan pada gigi anda tidak bisa lagi dihindari.

1. Kebiasaan Minum Kopi dan Teh

Minuman harian yang menjadi favorit yakni kopi dan teh ternyata mempunyai kandungan zat yang mampu mengubah warna gigi dalam jangka waktu tertentu. Zat bernama tanin disinyalir merupakan penyebab gigi menguning. Zat Tanin tersebut akan menempel sedikit demi sedikit pada bagian lapisan gigi terluar, sehingga seiring berjalannya waktu perubahan warna gigi akan terjadi. Lebih mengejutkan lagi, ternyata kandungan tanin pada teh jauh lebih tinggi daripada kopi, sehingga teh lebih cepat membuat gigi kuning. Gigi kuning akan semakin terlihat nyata adanya pada pemilik gigi yang tidak rata.

2. Kebiasaan Merokok

Tidak hanya mempunyai resiko buruk pada kesehatan pernafasan manusia, kebiasaan merokok ternyata juga bisa menjadi pemicu perubahan warna gigi. Kandungan nikotin dan juga tar yang ada pada rokok, sangat berperan dalam proses perubahan warna gigi. kadar merokok yang masih aman untuk gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Fluoride dan Obat Kumur yang Berlebihan

Siapa sangka berkumur berlebihan atau pun kebanyakan fluoride pada gigi anda bisa menjadi penyebab utama gigi berubah menjadi kuning? manfaat pasta gigi tanpa fluoride bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan. Obat kumur untuk pun bisa menyebabkan gigi kuning jika digunakan terlalu banyak. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam pada obat kumur. Apabila kandungan asam terlalu banyak akibat menggunakan obat kumur, gigi secara perlahan akan berubah menjadi kuning.

4. Obat-obatan dan Antibiotik

Ada jenis obat-obatan dan antibiotik yang ternyata juga bisa menjadi penyebab utama kondisi gigi menjadi semakin menguning. Obat tersebut antara lain tetracycline dan juga doxycyclie. Selain kedua jenis tersebut, beberapa obat alergi dan tekanan darah juga mengakibatkan hal yang sama. Oleh sebab itu, selalu ikuti petunjuk dokter agar tidak minum obat berlebih. Warna pada gigi yang memudar adalah salah satu tanda bahwa kondisi gigi tidak baik. Warna yang kuning adalah warna yang umumnya dimiliki oleh sebagian orang. Kebiasaan yang buruk bisa menjadi penyebabnya. Tetapi perlu diperhatikan bahwa gigi yang putih bukan berarti gigi sehat.

Demikian yang bisa penulis berikan pada kesempatan kali ini mengenai kesehatan gigi seseorang benarkah ditentukan dari warnanya. Semoga bisa membantu anda dan membawa manfaat ya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Gigi