Sponsors Link

Kista Gigi – Penyebab – Gejala – Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Penyakit kista gigi seringkali tidak disadari penderitanya dan baru diketahui pada saat pemeriksaan infeksi gigi atau dari rontgen rahang. Biasanya, kista gigi ini terbentuk pada saat gigi terinfeksi dan bisa juga disebabkan karena masalah lain. Lalu, apakah sebenarnya kista gigi dan bagaimana cara terbaik untuk mengobati kista gigi?, berikut akan kami berikan uraian singkat untuk anda.

ads

Penyebab kista Gigi

Kista gigi bisa terjadi pada saat terbentuk semacam kantong yang berisi cairan dan terbentuk di sekitar gigi serta mulut. Penyakit kista gigi ini umumnya terjadi karena infeksi pada akar gigi yang sudah mati sehingga bukan menjadi penyebab gigi cenat cenut. Biasanya, kista gigi terbentuk di ujung akar gigi namun juga bisa terjadi di gusi sekitar bagian atas gigi atau mahkota gigi. Penyebab paling utama dari kista gigi adalah karena infeksi gigi yang tidak segera diobati sehingga membusuk dan akhirnya mati atau tidak berfungsi. Akan tetapi, kista gigi sangat jarang terjadi karena faktor genetik.

Kista gigi memang biasanya hanya timbul sebanyak satu buah, akan tetapi untuk beberapa orang dengan kondisi khusus bisa memiliki lebih dari satu kista gigi. Kista gigi juga bisa disebabkan karena kelainan pertumbuhan gigi seperti posisi yang salah, miring atau mendatar dan juga gigi yang gagal tumbuh sehingga bisa menjadi penyebab gigi bengkak pada anak. Sementara penyebab lain dari kista gigi diantaranya adalah:

  • Cedera yang terjadi di gusi atau gigi
  • Trauma
  • Sindrom genetik meski kasusnya sangat langka seperti Sindrom Gorlin.
  • Gangguan pertumbuhan gigi yang tidak berkembang sempurna.
  • Tidak melakukan perawatan gigi dengan baik.

Kista gigi juga berbeda dengan abses gigi. Biasanya abses gigi terjadi karena infeksi yang kemudian menyebabkan nanah terbentuk di sekitar gigi dan gusi dengan gejala seperti nyeri akut, gusi bengkak dan terkadang juga membuat penderita sulit membuka mulutnya. Sedangkan untuk gejala dari kista gigi diantaranya adalah penyebab sakit gigi kambuh, rahang lemah dan gangguan fungsi gigi serta jaringan mulut. Dalam kista gigi juga tidak selalu menyebabkan infeksi dan bisa tumbuh secara perlahan dalam beberapa bulan hingga beberapa tahun tanpa memperlihatkan gejala.

Gejala Kista Gigi

Selain muncul benjolan tanpa alasan yang jelas yang bisa terjadi dalam jangka waktu lama namun tidak menyebabkan rasa sakit. Ada juga beberapa gejala lain yang terjadi ketika seseorang terkena penyakit kista gigi yang merupakan salah satu dari jenis jenis penyakit gigi. Beberapa gejala diantaranya adalah:

  • Benjolan berukuran kecil atau besar yang bahkan bisa sebesar kelereng.
  • Benjolan tidak menimbulkan rasa sakit namun bisa berkembang menjadi ganas.
  • Benjolan terjadi di area gusi namun masih bisa makan dan mengunyah seperti biasa dan tidak menjadi penyebab peradangan pada gigi dan gusi.
  • Benjolan memiliki diameter sekitar 1 hingga 2 cm.

Pengobatan Kista Gigi

Kista gigi umumnya bisa diobati dengan cara operasi bedah mulut yang dilakukan dokter gigi atau dokter gigi spesialis bedah mulut dan maksilofasial. Pengangkatan kista gigi ini bertujuan untuk memeriksa kista gigi dengan lebih detail kemudian ditangani dan memperbaiki jaringan yang mengalami gangguan akibat kista gigi dan mencegah terjadinya kista gigi kembali. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengobati kista gigi seperti berikut. 

Sponsors Link

  1. Terapi Endodontik

Terapi edondontik menjadi cara pengobatan paling tepat untuk beberapa kasus kista gigi. Tujuan dari terapi ini adalah untuk mencegah infeksi semakin berkembang dan menjaga kesehatan pulpa gigi serta kesehatan jaringan periapeks untuk mempertahankan ciri gigi sehat.

  1. Perawatan Akar Gigi

Untuk prosedur perawatan akar gigi, dokter gigi umumnya akan melakukan bor supaya bisa membuat lubang lewat akar gigi agar bisa masuk ke bagian dalam gigi. Ini dilakukan untuk membersihkan nanah dan untuk perawatan akar gusi secara menyeluruh.

Pencegahan Kista Gigi

Kista gigi ini juga sebenarnya bisa dicegah sejak awal baik itu kista gigi ataupun abses gigi yakni dengan cara rajin membersihkan gigi dan melakukan perawatan gigi dari sekarang. Beberapa cara pencegahan kista gigi yang bisa anda lakukan dengan mudah diantaranya adalah : 

Sponsors Link

  • Secara rutin menyikat gigi memakai pasta gigi sebanyak dua kali sehari Memakai dental floss atau benang gigi satu kali sehari untuk mengangkat seluruh sisa makanan yang terselip diantara gigi.
  • Mengkonsumsi makanan yang menguatkan gigi.
  • Disarankan juga untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis sebab bisa merusak gigi.
  • Lakukan kunjungan dokter dengan teratur setidaknya 6 bulan sekali untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi