Sponsors Link

Komplikasi Edema Setelah Pencabutan Gigi Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan perawatan gigi sejak dini adalah dengan menggosok gigi dengan cara yang baik dan benar. Namun meski demikian sobat, ternyata hal tersebut tidak akan menjamin bahwasaya gigi kita akan bebas dari berbagai masalah.

ads

Sebut saja seperti gigi berlubang, tentunya masalah gigi yang satu ini sering kali menjadi hal yang sangat mengganggu aktivitas kita. Dan seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah rasa sakit gigi berlubang tersebut kembali kambuh adalah dengan menambal gigi yang berlubang tersebut.

Namun terkadang meski sudah ditambal, sering kali masih meninggalkan sakit yang tentunya membuat tidak nyaman. Jika anda pada kondisi seperti ini, maka hal yang pada umumnya dilakukan oleh dokter  gigi adalah dengan melakukan pencabutan gigi.

Pada umumnya, idealnya pencabutan gigi dilakukan tanpa meninggalkan rasa sakit kepada si pasien. Karena jika menimbulkan luka akan berdampak pada kondisi kesehatan gigi dan mulut si pasien tersebut secara keseluruhan.  

Sebut saja seperti luka atau trauma yang terjadi tentunya hal ini akan menimbulkan problema prostetik pasca bedah. Selain itu tak jarang pula pencabutan gigi tersebut mengakibatkan terjadiya komplikasi yang disebut dengan edema.

Berikut ulasan selengkapnya untuk anda mengenai komplikasi edema tersebut. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Itu Komplikasi Edema?

Edema tersebut merupakan komplikasi yang terjadi akibat pasca pencabutan gigi. Edema ini merupakan kelanjutan normal dari setiap tindakan pencabutan dan pembedahan gigi, selain itu hal ini juga merupakan reaksi normal dari jaringan terhadap cedera.

Besarnya edema yang terjadi bervariasi terhadap setiap individu yang melakukan pencabutan gigi tersebut tergantung dari kondisi pembedahan dan pencabutan gigi si pasien. pendarahan sesudah cabut gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Etiologi Edema

Adapun edema ini sering terjadi pada gigi yang dicabut dengan menggunakan open view method. Edema ini sendiri merupakan suatu respon terhadap cedera yang terjadi pada mulut.

Edema ini juga merupakan salah satu tanda terjadinya inflamasi, yakni satu bentuk reaksi tubuh terhadap masukanya benda asing kepada jaringan. gigi bersih bisa mencegah penuaan dini bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Cara Pencegahan Komplikasi Edema

Adapun hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi pada saat tindakan pencabutan gigi adalah dengan melakukan tindakan secara hati-hati dan juga harus sesuai dengan prosedur yang berlaku. 

Dengan melakukan setiap tindakan dengan hati-hati sudah menjadi salah satu langkah awal untuk mengurangi terjadinya pembengkakan pasca pencabutan gigi tersebut.

Selain itu sobat, hal ini juga dapat dilakukan dengan pemberian aplikasi dingin pada area yang dioperasi. Aplikasi 24 jam pertama sesudah pembedahan biasanya akan bermanfaat. 

Hal inilah yang bisa mengurangi adanya komplikasi edema dimana aplikasi dingin tersebut adalah sebagai vasoknstriktor, sehingga mengurangi terjadinya komplikasi pencabutan gigi tersebut.

Sponsors Link

Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Sampai jumpa diartikel selanjutnya dengan bahasan yang lebih menarik lainnya.

Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini