Sponsors Link

Kondisi Gigi yang Menyebabkan Sering Selilitan, Ini Dia Penyebabnya

Sponsors Link

Selilitan merupakan masalah sepele yang selalu membuat orang penasaran dan tidak bisa diam jika belum mengatasinya. Seliltan biasanya terjadi pada saat kita makan daging. Dalam dunia kedokteran selilitan sering disebut dengan food impaction. Beberapa penyebab terjadinya selilitan ialah :

ads

1.Terdapat Masalah Pada Gigi

Makanan yang mudah terselip di sela-sela gigi menandakan adanya masalah pada gigi Anda. Masalah tersebut bisa berupa lubang pada daerah kontak antara kedua gigi.

Mungkin lubang tersebut memang masih kecil, sehingga belum menimbulkan rasa nyeri. Namun jika sisa makanan sering masuk ke sela-sela gigi tersebut, lama-lama lubang tersebut bisa semakin parah. Sebaiknya Anda segera memeriksakan gigi Anda untuk mencegah lubang semakin besar. gigi busuk penderita diabetes bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Pergeseran Gigi

Faktor lain yang bisa menyebabkan sisa makanan mudah terselip di gigi Anda adalah pergeseran gigi-gigi pasca pencabutan. Ketika gigi Anda dicabt, gigi-gigi yang awalnya tersusun rapat akan mulai bergeser sehingga membuat gigi menjadi renggang.

Susunan gigi yang renggang inilah yang seringkali menjadi lokasi terselipnya sisa makanan. Sisa makanan ini dapat menimbulkan radang gusi jika dibiarkan. alasan sisa makanan di gigi bau busuk bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Susunan Gigi Kurang Rapi

Jika Anda memiliki susunan gigi yang kurang rapi, maka makanan akan lebih mudah terselip di gigi. Susunan gigi yang kurang rapi membuat makanan tidak terlumat dengan baik, selain itu seringkali beberapa sudut pada gigi yang kurang rapi tidak bisa dijangkau dengan baik oleh sikat gigi.

Ketika mengalami selilitan, pada umunya orang akan mencari tusuk gigi dan digunakannya untuk mengorek serat-serat daging yang tersangkut. Dengan cara ini, kebanyakan berhasil mengangkut sisa makanan yang ada di gigi.

Namun perlu Bidadaris ketahui, bahwa para pakar kesehatan khususnya dokter gigi cara ini bukan merupakan cara yang dianjurkan karena berisiko memicu berbagai masalah pada gigi, salah satunya kerusakan pada jaringan penyangga gigi hal ini disebabkan karena diameter tusuk gigi yang digunakan terlalu besar.

Berikut adalah 3 cara aman untuk mengatasi selilitan duri atau pun daging :

  • Gosok Gigi

Tingkat keberhasilan dengan cara gosok gigi sangat kecil, kadang jika kita beruntung dengan cepatnya daging yang nyangkut bisa lepas namun lebih sering daging tetap bandel nempel di gigi kita.

  • Menggunakan Handuk

Dengan metode ini tingkat keberhasilannya sedang, adapun caranya gosokkan handuk (pilih yang tebal) pada sela gigi yang jadi “korban” sambil dicabut-cabut.

  • Menggunakan Dental Floss

Dengan cara ini tingkat keberhasilannya sangat tinggi, Adapun cara penggunaan masukkan dental flos ke sela-sela gigi yang jadi korban kemudian digesek-gesekan hingga sisa makanan yang nyangkut teranggkat.

  • Mouthwash

Cara lain yang sobat bisa lakukan ialah menggunakan mouthwash atau cairan khusus untuk berkumur, umumnya obat kumur menggunakan bahan bahan khusus yang membuat sisa makanan yang terselip menjadi lebih kaku dan mudah dikeluarkan, selain itu, mouthwash memang bisa membersihkan mulut dan gigi dengan asupan yang lebih luas hingga mencapai sela sela gigi.

  • Membawa ke Dokter Gigi Jika Selilit Benar Benar tak Bisa Dikeluarkan

Jika beragam cara sudah anda coba namun tidak berhasil, sebaiknya anda membawanya ke dokter gigi, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Sponsors Link

Demikian yang bisa penulis sampaikan mengenai kondisi gigi yang menyebabkan sering selilitan. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi