8 Macam Macam Gigi Palsu – Permanen dan Lepasan

Gigi rusak dapat terjadi karena faktor usia, kekurangan gizi, kecelakaan di mulut atau yang lebih umum kurangnya kesadaran merawat kebersihan gigi seperti sikat gigi sehingga gigi keropos parah dan harus dicabut karena sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Kalau sudah begini harus dibuatkan gigi palsu sebagai penggantinya. Fungsi gigi palsu yang utama untuk mengunyah makanan dan untuk estetika wajah. Disamping itu untuk memperbaiki bunyi kata-kata ketika berbicara. Jadi fungsi gigi palsu ini cukup banyak.

Baca Juga :

Gigi palsu biasanya dibuat mirip seperti aslinya baik warna ataupun bentuknya. Tujuannya sudah jelas untuk menggantikan gigi asli. Sehingga orang tidak tahu bahwa gigi yang dipakai pemilik adalah gigi palsu. Pertimbangkan yang mana yang sesuai berdasarkan gaya hidup dan kebutuhan agar kesehatan dan mulut dan kesehatan gigi lebih optimal.

Ketika menentukan menggunakan gigi palsu sebagian atau seluruhnya, pertimbangkan apakah cocok dengan gigi yang tersisa. Apakah digunakan mengisi kekosongan, mencegah gigi bergeser. meningkatkan kenyamanan mengunyah dan berbicara atau tergantung pada struktur gigi. Tujuan yang berbeda memerlukan perawatan rutin yang berbeda akan mempengaruhi keputusaan akhir. Baca juga : Cara Merapikan Gigi Secara Alami

Macam Macam Gigi Palsu

Gigi Palsu Permanen

1. Berdasarkan Gigi Palsu yang Diganti

Ada dua macam jenis gigi palsu. Pertama, gigi palsu lengkap untuk gigi palsu yang dibuat menggantikan semua gigi asli. Yang kedua gigi palsu parsial. Jenis gigi palsu ini adalah gigi palsu yang menggantikan hanya beberapa saja atau sebagian dari gigi asli, sementara gigi asli lainnya masih tetap ada.

  • Gigi Tiruan Lengkap

Gigi Tiruan LengkapGigi palsu ini dipilih jika semua gigi telah tanggal atau gigi yang tersisa harus dicabut karena sudah rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi. Jadi fungsi gigi palsu ini menggantikan semua gigi yang telah tanggal.

Ada dua istilah untuk gigi palsu ini. Upper full denture (untuk gigi palsu penuh rahang atas) dan lower full denture (untuk gigi palsu penuh rahang bawah). Baca Juga : Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Pada gigi palsu lengkap diperlukan stabilisasi yang merupakan kekuatan menahan dari suatu gigi palsu terhadap kekuatan daya lepas pada saat gigi palsu berfungsi (tekanan fungsional). Perlu alat yang disebut artikulator yang dapat mewakili rahang pasien.

Adapun jenis artikulator yang digunakan di sini adalah artikulator jenis simple anatomical type, yang disebut free plane articulator yang terdiri dari bagian upper member, lower member, incisal guide pin dan mounting table. Jaringan disekitarnya perlu diperhatikan ketika membuat gigi palsu di dalam mulut, yaitu jaringan yang bergerak dan tidak bergerak.

Sebagai landasan gigi palsu penuh diperlukan jaringan yang tidak bergerak, dengan membuat batas antara jaringan mulut bergerak dan jaringan mulut tidak bergerak. Unutk ini diperlukan kerja akurat dan rapi karna akan mempengaruhi hasil.

Hal lain yang diperlukan untuk pemasangan jenis gigi ini adalah jenis kelamin dan umur. Hal ini berguna untuk ukuran, bentuk dan pemilihan warna demi estetika keindahan wajah ketika memakainya. Baca Juga : Cara Mengatasi Gigi Berlubang Parah

  • Gigi Palsu Parsial

Gigi Palsu ParsialGigi palsu sebagian dirancang menggantikan beberapa gigi asli yang copot. Gigi ini biasanya terdiri dari gigi palsu pengganti yang menempel pada basis plastik berwarna merah muda atau bisa juga di gusi, yang biasanya dihubungkan oleh kerangka logam yang dikatikan ke gigi asli, sehingga dapat menahan gigi palsu sebagian di dalam mulut.

Dokter gigi akan merancang gigi palsu sebagian sesuai dengan kebutuhan pasien. Gigi palsu  sebagian digunakan saat satu atau lebih gigi asli tetap berada di rahang atas atau di rahang bawah. Gigi palsu sebagian akan diselipkan diantara gigi asli yang ada.  Gigi palsu sebagian diberi kerangka logam dan jepitan yang terhubung dengan gigi, atau dapat memiliki penghubung lain agar terlihat lebih alami.

Baca Juga :

Gigi palsu parsial gunanya tidak hanya mengisi ruang yang terjadi disebabkan oleh copotnya gigi, fungsi lainnya adalah mencegah gigi asli yang lain berubah posisi. Biasanya gigi asli akan bergerak mengisi kekosongan di tempat gigi asli yang sudah copot. Gigi palsu parsial ada juga yang dapat dapat dilepas dan mempunyai tambahan internal, bukan logam yang menempel pada mahkota gigi yang berdekatan. Tambahan internal ini kelihatan lebih alami.

2. Berdasarkan Segi Pemasangan

Gigi palsu permanen terbagi tiga yaitu gigi palsu permanent bringe, gigi palsu permanent implant dan gigi palsu permanent crown.

  • Bridge

BridgeGigi palsu sebagian tempatnya berada diantara gigi tetap. Biasanya untuk kehilangan gigi lebih dari satu. Gunanya sebagai jembatan penghubung dicelah yang terjadi akibat gigi copot. Gigi tiruan ini dibuat permanen dengan mengikat gigi tiruan (pontik) ke gigi alami, gigi disisipkan dengan dipasangi mahkota diatasnya, letaknya disamping ruang diantara gigi asli. Baca Juga : Alasan Gigi Harus Dicabut

Kelebihan gigi palsu permanent jenis ini harganya tidak terlalu mahal. Disamping itu cara pemasangannya lebih mudah dari jenis gigi palsu lainya karena tidak memerlukan pembedahan seperti pemasangan gigi palsu implant. Dari segi kekurangan membutuhkan gigi lain untuk dapat menyangga gigi ini. Biasanya dengan mempersiapkan gigi asli dikedua sisinya untuk mendukung gigi palsu. Gigi disebelahnya akan dikecilkan dahulu baru diberikan mahkota.

Umur gigi palsu tergantung dari desainnya dan faktor kebersihan si pemakain. Gigi palsu dan gigi asli yang dijaga kebersihanya membuat jenis gigi palsu ini bertahan cukup lama. Tetapi tidak semua gigi dapat dipasangi gigi palsu bridge. Untuk kehilangan gigi yang terlalu banyak jenis gigi palsu ini tidak dapat dipakai atau gigi sebelah yang akan dijadikan tempelan goyang.

Biasanya dokter akan memberi arahan utnuk dipasangin gigi palsu kombinasi antara implant dan bridge.  Atau dapat juga menggunakan gigi tiruan yang dapat dilepas pasang. Jika tulang yang menopang gigi terbentuk kembali sesudah masa penyembuhan, gigi tiruan akan diganti dengan gigi palsu karena sudah tidak sesuai lagi. Gigi tiruan biasanya terbuat dari emas, campuran atau porselen. Baca Juga : Bahaya Obat Kumur

  • Implan

ImplanJenis gigi palsu implant gigi digunakan jika tidak ingin menggunakan gigi palsu lepasan atau crown. Alternatif ini digunakan untuk menempatkan posisi gigi palsu dengan cara ditanam di gusi dan berdiri sendiri.

Implant gigi digunakan mendukung semen gigi palsu. Biasanya biayanya lebih besar, karena menggunakan bahan-bahan yang lebih mahal. Implant dan besi penyangganya akan menjadi mirip suasana gigi asli.

Implant terdiri dari 2 bagian, part 1 implant, yang ditanam di dalam gusi dan berfungsi sebagai akar buatan dan part 2 crown, yang membentuk struktur mahkota bagi implant gigi. Sebelum pemasangan implant dilakukan bius local. Baca Juga : Cara Merawat Gigi Palsu

Lama pemasangan dari implant (part I) ke crown (part 2) minimal satu setengah bulan sampai tiga bulan. Waktu yang lama ini dibutuhkan supaya implant  menyatu dan beradaptasi dulu dengan gusi. Selanjutnya dapat dipasangkan mahkota (crown) sehingga kuat ketika mengunyah yang keras.

Biasanya sambil menunggu pemasangan implant ini dokter akan memperbaiki gigi yang lain atau membuatkan gigi palsu lepasan sementara agar tidak terlihat ompong. Tapi belum tentu impalan cocok untuk semua orang. Harus dikonsultasikan dulu dengan dokter gigi untuk mencegah efek samping. Baca juga : Cara Mengatasi Gigi Goyang

  • Mahkota (crown)

Mahkota (crown)Gigi palsu ini fungisnya untuk menutupi gigi asli yang masih ada. Gigi yang masih tapi sudah rusak, patah sebagian, keropos, berlubang atau mengalami perubahan bentuk akan ditutupi dengan crown ini sehingga bentuknya mirip denganmahkota gigi asli.

Pada gigi palsu ini tidak terlalu banyak tindakan yang dilakukan. Gigi tidak dicabut, tidak ada tanam gigi dokter hanya memeriksa kekuatan akar gigi asli apakah masih kuat untuk dipasangkan mahkota gigi.

Baca Juga :

Jika terlihat kerusakan dokter akan melakukan perawatan syaraf gigi (root canal treatment) pemasangan tiang penyangga barulah mahkota dipasang. Lama pemasangan 2 – 3 kali kunjungan ke dokter gigi.

Gigi palsu lepasan

1. Berdasarkan Bahan yang Digunakan

Gigi palsu lepasan juga terbagi tiga macam. Pertama gigi palsu tiruan kerangka logam (frame), kedua gigi palsu akrilik, dan ketiga gigi palsu tiruan valplast.

  • Kerangka Logam (Frame)

kerangka logam (frame)

Gigi palsu jenis ini menggunakan plat logam sebagai kerangkanya. Fungsinya untuk menyangga gigi. Karena gigi ini terbuat dari logam dapat dibuat sangat tipis sehingga ketika digunakan menimbulkan rasa nyaman ketika dipakai.

Dipilihnya bahan logam sebagai gigi tiruan pada kasus gigi palsu sebagian atau seluruhnya yang dapat berkompromi cukup membantu dan mencegah pergerakan gigi.

Selain itu juga untuk mempertahankan posisi gigi pasca perawatan gigi palsu karena sifat logam yang lebih kaku dibandingkan dengan bahan lainnya. Baca Juga : Jenis Bahan Tambal Gigi

Agar tercapai keberhasilan sesudah perawatan pembuatan gigi tiruan kerangka logam yang baik diperlukan kerjasama antara semua tim medis. Komunikasi yang intensif antara pasien dan dokter gigi dalam menagaani masalah ini akan menghasilkan kesuksesan perawatan yang sedang dilakukan.

Cara pemasangan gigi palsu ini menggunakan pengait atau kawat. Pengait atau kawat ini gunanya untuk di cantolkan dengan gigi asli yang masih bagus agar ketika makan gigi ini tidak lepas. Baca Juga : Cara Merawat Gigi Berlubang

  • Akrilik

akrilik

Gigi palsu jeis ini pada awal mulanya warnanya sangat mirip dengan gigi asli. Tapi lama kelamaan warna itupun akan memudar. Disamping itu bentuknya juga dapat aus atau berubah juga karena mengalami tekanan ketika menggigit dan proses abrasi. di dalam rongga mulut. Bahan gigi jenis ini juga mudah patah jika sering terjatuh.

Kelebihan bahan ini adalah lebih ringan daripada porselen. Mudah dibentuk dan dihaluskan sesudh proses pembentukan selesai.  Untuk proses pembuatannya menggunakan peralatan konvensioanl. Proses pembuatannya pun lebih sederhana.Karena proses pembuatannya sederhana maka biaayanyapun lebih murah. Baca Juga : Cara Mencegah Gigi Berlubang

Kerangka ini fungsinya menahan gigi berada di tempatnya. Gigi palsu lepasan ini berbahan dasar acrilik. Bahan dasar ini yang paling ekonomis dibanding gigi palsu lepasan lainnya. Terbentuk dari plat relatif lebih tebal dan ada cengkeram kawat sebagai pegangan ke gigi yang masih tersisa. Gigi palsu ini biasanya digunakan untuk yang kehilangan gigi 1, 2 atau seluruh gigi.

  • Valplast dan Resin Flexi

Valplas dan Resin FleksiValplast dapat juga digunakan sebagai bahan dasar untuk gigi palsu. Dengan menggunakan bahan ini gigi palsu tidak lagi memakai cengkeraman kawat, lebih lentur dan lebih tipis dibandingkan gigi palsu akrilik sehingga lebih nyaman bagi pemakai.

Bahannya bersifat tembus pandang sehingga gusi dapat terlihat, kelihtan lebih alami. Menggunakan Nilon termopalstik sebagai dasar gigi tiruan yang bebas monomer. Sifatnya yang hipoalergenik dapat digunakan sebagai pengganti untuk yang alergi resi kakrilik konfenvsional, nikel atau kobalt.

Termoplastik akan menjadi plastic dibawah tekanan dan panas, tetapi kuat di dalam suhu ruang. Gigi palsu jenis ini dapat digunakan hanya untuk kehilangan gigi sebagian (parsial) namun tidak disarankan untuk kehilangan seluruh gigi.

Gigi palsu selanjutnya resin flexi mirip dengan resin valplast karena tidak menggunakan cengkeram kawat sehingga tidak mengganggu penampilan. Namun bahan ini lebih kaku dibandingkan valplast sehingga daya tahannya lebih lama. Gigi palsu ini cocok untuk kehilangan gigi 1, 2 atau seluruh gigi. sehingga dapat menjadi gigi tiruan lengkap. Baca Juga : Perbedaan Gigi Susu dan Gigi Tetap

Berikut Macam – Macam Gigi Palsu yang umum dipakai namun semua gigi palsu yang sudah dijelaskan di atas memiliki kekurangan dan kelebihan. Konslutasi ke dokter gigi sangat diperlukan sebelum memutuskan jenis gigi palsu apa yang akan digunakan.