Sponsors Link

Macam Macam Polip Gigi – Pengertian, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

POLIP GIGIMacam macam polip gigi adalah informasi mengenai apa saja jenis polip yang dapat menyerang bagian gigi manusia, mulai dari anak anak, dewasa, hingga lansia. Pertama tama marilah kita ketahui terlebih dahulu apa itu penyakit polip. Polip adalah penyakit yang secara pengertiannya disebut juga sebagai tumor.

ads

Tumor ini memiliki sifat yang jinak, artinya tidak membahayakan namun tetap memerlukan penanganan. Penyakit yang dinamakan polip ini memiliki gejala seperti tumbuh daging di gigi berlubang dan bagian gigi lainnya. Daging yang tumbuh disekitar gigi ini akan mengalami pembengkakan, sehingga nantinya rasa pahit dimulut juga terasa dan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mulut anda dalam waktu singkat.

Hal mengenai kondisi polip ini perlu diketahui apa saja penyebabnya. Beberapa penyebab yang disebutkan antara lain bisa berawal dari kecenderungan seseorang yang kurang menjaga konsumsi makanannya, misalnya lebih sering menyantap makanan yang siap saji sehingga kandungan kimiawi dalam makanan tersebut merusak gigi dan membuatnya lebih mudah infeksi, berlubang, lalu rusak dan muncul daging tumor polip. Selain itu  menurut sumber penelitian dari suatu tim medis, sakit polip ini bisa juga diakibatkan oleh iritasi bakteri yang menyerang bagian gigi tertentu, bisa bagian pulpa, gingiva, atau furkasio. Hal inilah yang kemudian menjadi pembeda apa saja macam macam polip gigi pada manusia. Artinya, polip dan macam polip khususnya untuk gigi dibedakan berdasarkan lokasi dan asal dari mana polip tersebut tumbuh.

Anda tentu kemudian penasaran mengenai apa saja jenis polip dan macam dari polip gigi tersebut bukan? Agar anda tidak penasaran lagi, maka pada bagian di bawah ini akan coba dijelaskan secara mendalam mengenai masing masing jenis polip yang menyerang gigi tersebut dan apa yang harus anda ketahui mengenai ciri ciri ataupun penyebab, sekaligus upaya penanganan yang paling tepat sesuai dengan jenis dari polip itu sendiri. Semoga dapat bermanfaat!

Macam Macam Polip Gigi

Berdasarkan penjelasan di atas, perlu anda ketahui bahwa polip pada gigi manusia ada beberapa jenis dan macamnya. Macam macam dari polip gigi ini disebutkan ada 3 banyaknya. Ketiga macam polip gigi tersebut dapat dijelaskan secara lengkap pada bagian di bawah ini.

  1. Jenis Polip Gigi – Polip Pulpa

Jenis polip yang satu ini cukup banyak ditemukan tumbuh disekitaran gigi anak. Namanya adalah polip pulpa, karena menyerang bagian pulpa gigi. Pulpa polip ini adalah suatu kelainan dimana akan terjadi pembesaran daging di bagian pulpa gigi. Hal ini disebabkan adanya pertambahan jumlah sel dijaringan tersebut. Kondisi ini akan menyebabkan anda mengalami saraf yang terasa mati, sehingga peradangan akan meningkat disertakan pembengkakan dibagian gusi.

Jenis polip di bagian pulpa ini memiliki ciri ciri seperti benjolan tersebut lunak, muncul di gigi yang berlubang, warnanya merah terang dan tua, dan mudah berdarah. Bentuk dari daging tumbuh di pulpa ini adalah besar besar dan kasar. Polip di bagian pulpa juga diketahui disebabkan oleh terbukanya rongga gigi atau gigi berlubang tumbuh daging, jadi untuk mencegahnya adalah dengan anda melakukan cara mencegah gigi berlubang. Perawatan untuk membantu proses penyembuhan polip pulpa adalah dengan perawatan saluran akar dengan rutin.

Sponsors Link

  1. Jenis Polip Gigi – Polip Gingiva

Jenis yang kedua dari polip gigi  ini disebut dengan polip gingiva. Polip gingiva ini dapat terjadi dikarenakan adanya sebuah iritasi di gusi gigi yang kemudian di permukaan tepi gigi anda akan muncul crest gingiva atau karies gigi. Karies gigi ini yang kemudian menjadi alasan meningkatnya peluang anda mengalami penyakit polip gingiva. Polip gingiva sendiri diketahui memiliki karakteristik yang akan mudah yang cukup berbeda dengan polip pulpa. Diantaranya adalah dari teksturnya, polip gingiva lebih lembut dan tidak kasar. Warnanya pun terlihat lebih muda dibandingkan jenis polip lainnya.

Penyebab dari jenis polip gigi yang satu ini diketahui adalah kerusakan pada jaringan ikat gigi anda. Namun, polip gingiva ini lebih mudah ditangani karena tidak mudah berdarah seperti polip pulpa sebelumnya. Anda dapat segera mengatasi jenis polip yang satu ini dengan melakukan perawatan saluran akar, khususnya pada bagian gigi bungsu anda.

  1. Jenis Polip Gigi – Polip Furkasio

Terakhir jenis polip ini dapat terjadi diakibatkan oleh akar gigi yang bercabang dan akan muncul disekitaran gigi dan gusi, sehingga bentuk akar ini akan merusak dan mendorong gigi satu sama lain, lalu kemudian terbentuk tumor jinak pada gusi yang disebut dengan polip furkasio. Anda dapat mengetahui ciri ciri polip yang satu ini melalui teksturnya yang lebih halus lagi dari polip gingiva.

Sponsors Link

Polip ini halus karena ada di berbagai akar gigi di bagian bawah yang tidak bisa anda rasakan langsung. Warna dari polip furkasio ini mendekati warna merah. Asal mula dari munculnya polip jenis ini diketahui adalah jaringan ikat yang ada di bawah bagian gingiva. Sama seperti polip gingiva, jenis polip furkasio ini diketahui tidak sensitif dan tidak mudah berdarah. Anda perlu melakukan perawatan saluran akar untuk mengatasinya dengan tepat.

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja macam macam polip gigi yang dapat menyerang manusia di segala usia. Informasi mengenai macam macam polip gigi ini juga dilengkapi dengan apa saja penyebabnya, sehingga anda pun dapat melakukan upaya pencegahannya sedini mungkin.

Ditambah lagi, ada juga bentuk perawatan yang berbeda beda yang dapat anda lakukan pada masing masing polip gigi. Sehingga, anda tidak perlu lebih lama lagi menderita penyakit tumor jinak ini. Ketahui juga apa saja perbedaan polip pulpa dan polip gingiva serta polip furkasio untuk memudahkan anda mendeteksi lebih cepat jenis dari polip di gigi anda. Semoga anda lekas sembuh dari polip gigi!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini