Teknologi Magnet pada Gigi Palsu

Penggunaan gigi palsu adalah teknologi yang telah lama menjadi pilihan dalam pegobatan dan estetika dalam kedokteran gigi, sudah banyak pengguna gigi palsu di Indonesia serta dijelaskan tips merawat gigi palsu lansia. Mungkin diantara sobat pembaca ada yang memiliki pengalaman melihat nenek atau kakek, atau saudara sobat memakai gigi palsu karena sebab tertentu.

Dimana gigi palsu diciptakan untuk membantu aktifitas manusia yang memiliki kerusakan pada giginya sehingga ia tetap dalam melakukan segala aktifitas harian dengan normal layaknya orang yang memiliki gigi lengkap dan normal. Benar demikian ya sobat? Nah sobat, mengenai apa saja jenis gigi palsu, efek samping penggunaan gigi palsu, kekurangan, dan kelebihan tentu sobat pembaca sudah sering membacanya dan tak pelru menjadi bahasan yang penting kali ini.

Diantara sekian orang yang menggunakan gigi palsu, tentunya ada yang memiliki maslaah misalnya ukurannya yang kurang sesuai sehingga terasa longgar dan wajib diatasi dengan cara mengatasi gigi palsu longgar, mudah lepas ketika digunakan, atau mudah retak ketika beraktifitas lebih dan terkena benturan. Nah sobat, teknologi terbaru yang sobat harus tahu adalah Teknologi Magnet pada Gigi Palsu.

Seiring majunya perkembangan teknologi seperti perkembangan teknologi pasta gigi dari cangkang kerang, tentu segala penemuan selalu diperbarui untuk menciptakan manfaat dan kenyamanan yang lebih bagi penggunanya ya sobat? Nah sobat, teknologi ini juga sudah ada di Indonesia, tentunya di dokter gigi ahli yang telah berpengalaman dan memiliki spesialisasi khusus.

Gigi palsu bermagnet sebenarnya sudah banyak digunakan di Eropa nih sobat sebagai salah satu tipe prosedur kosmetik dalam kedokteran gigi, yakni muai 1950an, di Indonesia sendiri baru mulai diperkenalkan mulai tahun 2011 dengan segala teknologi canggih yang tentunya jauh lebih baik dari gigi palsu yang ada sebelumnya.

Nah, tentunya sekarang sobat bertanya tanya bukan, bagaimana proses ya hingga magnet tersebut dapat diterima dan aman bagi mulut? Untuk menjawab semuanya, penulis membahas secara detail untuk pengetahuan sobat pembaca semua, yuk simak selengkapnya. Menurut drg. Rudi Wigianto nih sobat, yakni Ketua Ikatan Kedokteran Gigi Estetik Indonesia (IKGEI), menggunakan gigi palsu dengan teknologi magnet adalah aman, yakni tidak ada resiko seperti.

1. Tidak perlu menggunakan kawat penyangga.

Gigi palsu dengan menggunakan teknologi magnet aman digunakan karena gigi palsu yang dipasang tak perlu lagi menggunakan kawat penyangga ya sobat, gigi palsu tetap bisa bertahan dengan sempurna dan memiliki perlekatan lebih baik pada gigi asli yang tersisa jika gigi asli pasien tidak hilang sepenuhnya sehingga dalam proses pengunyahan makanan dan berbicara terasa lebih erat dan nyaman.

2. Tak perlu takut tertelan ketika tidur.

Nah sobat, sebagian besar pengguna gigi palsu diantaranya ialah lansia yang memang kondisi gigi aslinya tidak memungkinkan untuk melakukan aktifitas seperti makan dan minum sementara lansia masih tetap harus mendapatkan asupan gizi yang baik, tentunya seringkali lansia lupa dan menggunakan gigi palsu hingga tertidur karena memang faktor usia.

Sedangkan banyak yang takut akan tertelan atau mengganggu istirahat jika gigi palsu tersebut bergeser, dengan teknologi magnet pada gigi palsu nih sobat, hal itu tak perlu ditakutkan lagi, gigi palsu tetap pada posisinya yang aman dan tak perlu takut bergeser atau tertelan, pengguna dapat memakainya setiap saat dengan aman dan tenang.

3. Tidak mengganggu kesehatan misalnya pada penderita jantung.

Seperti yang penulis bahas sebeunya ya sobat, bahwa sebagaian besar pengguna gigi palsu diantaranya ialah lansia yang mungkin memiliki penyakit jantung, magnet yang terdapat pada gigi palsu tersebut tidak akan mengganggu jantung atau mengganggu alat lain yang mungkin ada di tubuh pasien untuk membantu kerja jantungnya seperti alat klep jantung, pacu jantung, dsb. Sehingga aman dipakai pasien dengan riwayat penyakit tertentu.

4. Aman dari radiasi, misalnya radiasi telepon seluler.

Nah sobat, teknologi magnet pada gigi palsu juga aman dan tidak berhubungan dengan radiasi sekitar baik itu telepon selular atau mungkin televisi satelit dsb. Sehingga pengguna tak perlu takut akan ada kerusakan jaringan atau masalah lain akibat penggunaan gigi palsu tersebut.

5. Bentuk lebih mungil.

Gigi palsu tentunya memiliki ukuran yang berbeda beda tergantung dari jenis dan harganya ya sobat? gigi palsu bermagnet itu sendiri tidak akan mengganggu sebab memiliki ukuran yang lebih kecil dengan fungsi yang sama dan telah disempurnakan, yakni memiliki tebal sekitar 1,1 mm dengan diameter 4 mm sehingga tidak membuat mulut pengguna terasa penuh atau pengap dan sesak.

6. Magnet Memiliki Manfaat Khusus untuk Mulut.

Nah sobat, selain manfaat dari gigi palsu itu sendiri, ternyata ada juga manfaat khusus dari magnet yang ada di gigi palsu tersebut. Magnet dapat menahan gigi palsu di tempat dan membuat susunan gusi tetap dalam kondisi lurus di tempat sehingga mempertahankan struktur dan bentuk rongga mulut tetap dalam posisi ideal, tak perlu takut lagi akan ada perubahan rahang atau perubahan bentuk mulut karena pemakaian gigi palsu

7. Tidak Menimbulkan Rasa Sakit

Masalah lain yang umum terjadi pada pemakaian gigi palsu ialah jika memiliki bentuk yang tidak pas atau pemakai belum bisa sepenuhnya beradaptasi, gigi palsu dapat bergeser sedikit dan menyebabkan terjadinya luka pada gusi atau mulut karena tekanan akibat posisi tidak pas dan tidak nyaman dalam menggunakannya.

Hal itu dapat dicegah dengan teknologi magnet pada gigi palsu dimana gigi palsu yang digunakan melekat secara tepat dan saat pembuatan serta ketika ditempelkan telah dibentuk dan didesain tepat sesuai dengan ukuran mulut pasien, dokter gigi juga mengawasi secara langsung apakah pasien sudah merasa nyaman dan merasa tepat dengan posisi yang dipasang, sehingga gigi palsu bermagnet tidak akan menekan atau melukai.

Nah sobat, mungkin teknologi terbaru ini bisa disarankan kepada kerabat terdekat yang membutuhkan, misalnya kakek atau nenek sobat ya? sehingga mereka mendapatkan kenyamanan dan kualitas lebih baik dalam pemakaian gigi palsu.

Demikian uraian yang penulis sampaikan, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan sobat pemmbaca semua. Jangan lupa untuk selalu update informasi terbaru mengenai kesehatan gigi dan mulut di halogigi.com ya sobat? Jangan sampai sobat kuper atau kurang informasi yang akan berdampak pada kemajuan diri sobat dan kesehatan gigi sobat sendiri. Akhir kata penulis ucapkan Terima kasih. Salam.