Sponsors Link

Makan Keju Mencegah Erosi Gigi, Benarkah?

Sponsors Link

Keju adalah salah satu maknan yang sudah pasti digemari oleh banyak orang, karena rasanya yang asin dan juga gurih. Mulai dari anak – anak hingga orang dewasa pasti menyukainya.

ads

Banyak olahan makanan yang menmbahkan keju untuk menmabah cita rasa makanan tersebut. Jadi toping martabak misalnya. Dibalik rasanya yang enak keju ternnyata bisa mencegah erosi pada gigi.

Erosi gigi atau dental erosion adalah terkikisnya enamel gigi yang disebabkan oleh asam. Enamel adalah lapisan keras pelindung gigi, yang melindungi dentin yang sensitif. Apabila enamel gigi terkikis, dentin di bawahnya akan terekspos, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan sensitivitas.

Pemicu terjadinya proses erosi adalah adanya asam yang kuat dalam rongga mulut, sehingga menyebabkan lapisan email gigi hilang dan berlanjut pada kondisi gigi sensitif. Asam tersebut berasal dari luar tubuh (ekstrinsik) dan bisa juga berasal dari dalam tubuh (intrinsik).

Makanan dan minuman dapat menjadi sumber dari asam penyebab erosi gigi. Contohnya adalah acar, pempek, yoghurt, anggur merah, soda, dan jus buah-buahan yang asam. Selain itu, obat yang bersifat asam dan dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang juga bisa menjadi pemicu erosi.

Asam yang berasal dari dalam tubuh bisa berupa asam lambung terkait penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), dan juga pada penderita bulimia nervosa yang sering mengalami muntah sehingga asam lambung yang terkandung dalam muntahan tersebut menyebabkan erosi pada gigi.

Keju disarankan untuk dikonsumsi karena mengandung alkali, yang mampu menetralisasi asam yang ditinggalkan oleh makanan. Makanan atau minuman yang mengandung asam ini antara lain minuman bersoda, jus buah, dan makanan manis semacam cake dan biskuit.

Menurut Dr Vida Kolahi, kepala dokter gigi di Cathedral Dental Clinic di Cardiff, Inggris, keju cheddar adalah pilihan terbaik karena kandungan alkalinya tertinggi. Sedangkan keju brie atau feta tak akan banyak berpengaruh.

Anda juga tak perlu mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Cukup sepotong kecil saja sesudah makan, untuk memperbaiki kesehatan gigi dengan cepat dan mudah. Bagi pasien yang mengkhawatirkan noda atau perubahan warna pada gigi, Dr Kolahi punya saran lain. Minumlah segelas besar air putih setelah minum teh, kopi, atau wine.

Dr Jeffrey M Cole dari Academy of General Dentistry menjelaskan keju mengandung pyrophosphate. Senyawa tersebut merupakan garam atau ester yang ditemukan juga pada pasta gigi dan berfungsi untukl me-remineralisasi permukaan gigi yang rusak karena asam.

“Pada diet rendah karbohidrat, keju-kejuan adalah snack yang sehat. Tidak hanya cocok untuk diet semacam itu, keju juga bagus untuk gigi Anda. Keju membuatnya jauh lebih baik,” ujar Dr Cole seperti dikutip dari CBS News.

Mengonsumsi keju memang bukanlah perawatan menyeluruh pada gigi, tapi dengan menetralisir keasaman rongga mulut erosi gigi bisa diminimalisir. Kamu tentunya masih harus menggosok gigi secara teratur agar kesehatan gigi dan gusi terjaga.

Nah, itulah bebrapa informasi seputar keju yang ternyata dapat mencegah terjadinya erosi gigi. Semoga informasi diatas bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

Sponsors Link

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai makan keju mencegah erosi gigi. Semoga bisa membantu dan membawa manfaat bagi anda semua. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini