Sponsors Link

8 Makanan Lunak Terbaik Sesudah Cabut Gigi Bungsu

Sponsors Link

Gigi bungsu juga dikenal sebagai molar ketiga yang tumbuh di bagian belakang gusi dan umumnya merupakan gigi terakhir yang muncul. Kebanyakan orang memiliki 4 gigi bungsu yang tumbuh di setiap sudut mulut. Karena hanya ada sedikit ruang di belakang mulut, maka gigi bungsu bisa berkembang dengan sudut yang aneh atau hanya muncul sebagian yang disebut dengan impaksi gigi bungsu dan gigi bungsu berlubang parah.

ads

Gigi bungsu yang terkena dampak bisa menyebabkan banyak masalah seperti infeksi gigi, merusak gigi di sebelahnya, gigi berjejal atau bertumpuk atau gigi busuk karena sulit dibersihkan. Untuk itulah cabut gigi bungsu biasanya dijadikan solusi untuk mengatasi masalah ini. Namun untuk mengurangi pembengkakan dan membantu proses penyembuhan, maka makanan lunak dan mudah dikunyah sangat penting diberikan seperti makanan lunak terbaik sesudah cabut gigi bungsu yang akan kami berikan berikut ini.

1. Sup Blended

Sup campuran dari tomat atau sup labu tidak hanya enak namun juga menjadi makanan lunak terbaik sesudah cabut gigi bungsu. Ini merupakan makanan yang mudah dikonsumsi dan tidak mengiritasi area operasi yang juga baik dikonsumsi ketika mengalami jenis jenis penyakit gigi.

Selain itu, sup juga kaya akan vitamin dan mineral yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda ketika tidak bisa makan banyak buah dan sayuran utuh.

2. Kaldu

Seperti sup, kaldu juga menkadi sumber makanan baik sesudah operasi gigi. Tidak hanya lezat, namun kaldu juga mengandung banyak mineral dan vitamin sekaligus memastikan anda tetap terhidrasi jika anda kesulitan minum cukup air.

Kaldu tulang menjadi jenis kaldu yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang terbuat dari tulang hewan dan jaringan ikat yang didihkan. Dari sebuah studi, kaldu tulang juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga baik dikonsumsi untuk membantu proses penyembuhan sekaligus menjadi makanan yang menguatkan gigi.

3. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani merupakan makanan tinggi protein sehat yang bisa anda nikmati sesudah operasi gigi. Yogurt memiliki tekstur yang lembut dan halus untuk menenangkan  dan bisa membantu membuat mati rasa di mulut.

Yogurt Yunani juga kaya akan protein, vitamin dan mineral seperti kalsium dan seng yang semuanya membantu proses pemulihan.

4. Kentang Tumbuk

Selain menjauhi makanan yang dilarang saat sakit gigi dan gusi bengkak, kentang merupakan sayuran akar serbaguna yang bisa diolah dengan berbagai macam cara. Kentang tumbuk bisa dijadikan makanan yang menenangkan sesudah cabut gigi bungsu. Kentang kaya akan kalori dan nutrisi yang keduanya penting untuk proses pemulihan.

5. Telur Orak Arik

Telur menjadi makanan terbaik berikutnya yang bisa anda konsumsi sesudah cabut gigi bungsu. Telur adalah sumber protein tinggi serta vitamin dan mineral yang bagus untuk membantu proses penyembuhan luka.

6. Pisang Tumbuk

Pisang adalah buah yang sangat populer di dunia. Teksturnya yang lembut membuat pisang sangat mudah dikunyah dan ditelan sesudah operasi gigi. Terlebih lagi, pisang merupakan makanan bergizi seperti vitamin B6,potasium, mangan dan folat.

Menumbuk pisang bisa lebih melembutkan tekstur pisang untuk mengurangi risiko tidak nyaman sesudah gigi bungsu harus dicabut.

7. Alpukat

Sementara sebagian besar buah mengandung karbohidrat tinggi, namun alpukat mengandung karbohidrat yang rendah namun tinggi kandungan lemak sehat. Tekstur alpukat juga sangat halus dan lembut sehingga nyaman dikonsumsi ketika anda baru pulih dari cabut gigi bungsu dan perawatan setelah cabut gigi.

Sponsors Link

Menurut penelitian yang dilakukan pada hewan ditemukan jika alpukat bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Meski penelitian tersebut tidak menunjukkan apakah alpukat bisa membantu proses penyembuhan luka pada manusia, namun temuan tersebut tetap menjanjikan.

8. Smoothie

Smoothie menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan nutrisi ketika anda kesulitan mengkonsumsi makanan padat. Smoothie sangat mudah dibuat dan juga fleksibel sebab anda bisa menyesuaikan bahan bahan yang digunakan sesuai dengan selera dan untuk memenuhi tujuan nutrisi anda.

Sebagai contoh, anda bisa membuat smoothie dengan yogurt Yunani dan 1 sendok bubuk protein untuk meningkatkan asupan protein yang juga penting untuk proses pemulihan. Selain itu, tambahkan juga beberapa buah dan sayuran untuk melengkapi nutrisi dalam smoothie tersebut.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan