Sponsors Link

10 Makanan Untuk Pemakai Behel Pemula yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Makanan Untuk Pemakai Behel Pemula Penggunaan kawat gigi selain menjadi trend di kalangan anak muda, ternyata juga dijadikan sebagai alasan untuk mempercantik ataupun menjaga kesehatan gigi dengan lebih baik lagi. Selain manfaat gigi behel, ternyata penggunaan behel juga sering menimbulkan masalah baru terutama di awal pemasangannya. Untuk anda yang saat ini menggunakan kawat gigi, tentu tahukan apa saja rintangan dalam pemakaian kawat gigi?

ads

Salah satu rintangan dalam penggunaan kawat gigi adalah dari segi makanan yang akan anda konsumsi. Gigi yang semula digunakan untuk menggigit, mengunyah dan melembutkan makanan pun, kini tak dapat digunakan seperti sediakala terutama di awal-awal pemakaian kawat gigi. Selain itu anda pun juga harus beradaptasi dengan penggunaan kawat gigi yang biasanya menjadi penyebab gigi dan ngusi ngilu saat digunakan untuk makan.

Untuk anda yang terbiasa mengkonsumsi berbagai olahan makanan, maka kali ini harus lebih bisa berteman dengan makan-makanan yang memiliki tekstur lunak atau lembut. Sebenarnya ada banyak sekali makanan bertekstur lembut yang dapat anda konsumsi. Makanan ini dapat anda olah sendiri dengan menyesuaikan menu yang anda sukai. Tidak perlu kuatir juga mengenai kandungan gizi ataupun protein di dalamnya. Berikut makanan untuk pemakai behel pemula.

  1. Nasi

Biasanya nasi dapat anda makan dalam bentuk atau tekstur yang lumayan kasar, namun kali ini anda dapat mengolahnya dengan lebih lunak lagi. Nasi yang lunak akan mempermudah anda untuk menelannya. Selain itu juga tidak akan mempengaruhi sistem pencernaan akibat kunyahan makanan yang kurang dilakukan. Untuk itu sebaiknya pilih makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi.

  1. Olahan Bubur

Selain mengkonsumsi nasi yang lunak, makanan untuk pemakai behel pemula juga dapat berupa olahan bubur yang lembut. Ada banyak sekali olahan bubur yang dapat kamu konsumsi terutama di seminggu pertama pemakaian behel. Misalnya saja seperti bubur ayam, namun ingat jangan makan daging ayamnya, bubur sumsung yang terbuat dari tepung beras, bubur kacang ijo yang diolah dengan lunak, dan olahan bubur lainnya.

  1. Telur

Untuk anda yang kuatir kekuarangan sumber protein hewani, maka dapat mendampingi makanan di atas dengan olahan telur. Telur dapat anda olah dengan cara merebus ataupun dengan digoreng setengah matang atau yang biasa disebut dengan telur orak-arik. Testur telur yang lembut akan mempermudah anda ketika mengunyah. Namun disamping telur, anda juha harus mengetahui makanan yang dapat merusak gigi.

  1. Ubi Rebus

Makanan untuk pemakai behel pemula juga bisa berasal dari bangsa ubi-ubian, misalnya saja seperti kentang, ketela, ubi jalar, dan sebagainya. Anda dapat mengolahnya dengan direbus lalu dapat ditumbuk sehingga lebih mudah untuk menelannya. Jika rasa ngilu di awal pemakaian behel begitu hebat, maka anda dapat melakukan cara mengatasi gigi ngilu dengan cepat ini.

Sponsors Link

  1. Yoghurt

Susu berfermentasi atau yang biasa disebut dengan yoghurt juga sangat tepat untuk anda yang baru menggunakan behel. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang enak tentu tidak ada salahnya sebagai makanan harian yang dapat mengganjal rasa lapar di perut. Untuk itu, para pemakai behel pemula jangan kuatir dengan makanan apa yang bisa dikonsumsi setiap hari.

  1. Agar-Agar

Selain yoghurt, agar-agar juga dapat menjadi makanan tepat untuk pemakai behel pemula. Agar-agar dapat anda olah sendiri agar teksturnya lebih lembut dan tidak terlalu kenyal. Makanan ini selain dapat mengenyangkan, juga dapat makanan cemilan yang sehat untuk para pemakai kawat gigi pemula yang terkadang menimbulkan rasa ngilu yang berlebih.

ads

  1. Buah Bertekstur Lunak

Selain makanan, tentu pengkonsumsian buah juga dapat anda lakukan dengan cara yang sama. Anda dapat memilih beberapa jenis buah-buahan yang memiliki tekstur lunak. Misalnya saja seperti alpukat, pepaya, mangga, pisang, dan lainnya. Selain itu jika ingin makan buah dengan tekstur yang sedikit lebih kasar, maka anda bisa memotongnya terlebih dahulu. Hindari untuk menggigitnya secara langsung apalagi dengan menggunakan gigi depan anda.

  1. Susu

Susu adalah minuman yang kaya kalsuim serta dapat mengenyangkan perut. Minuman ini dapat menggantikan peran makanan yang belum bisa terlalu banyak anda konsumsi setelah pemakaian behel. Anda dapat meminum susu murni ataupun susu berformula dengan mengurangi rasa manisnya. Namun, minuman ini juga harus diperhatikan karena menjadi salah satu makanan yang dapat merusak gigi anak.

  1. Air Es

Untuk anda yang sedang memakai behel gigi, maka meminum air es dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi rasa nyeri yang terkadang dirasakan di awal penggunaannya. Air es yang bersifat dingin mampu mengebaskan area mulut sehingga rasa nyeri akibat penggunaan behel pun dapat teratasi dengan baik. Air es yang dingin juga dapat menjadi cara mengobati sakit gigi dengan cepat.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Selain makanan untuk pemakai behel pemula, maka peran air putih yang biasa anda minum pun juga dapat menjadi salah satu konsumsi yang baik. Jika sebelumnya anda seorang yang suka minum-minuman bersoda, maka gantilah minuman tersebut dengan perbanyak minum air putih.

Selain beberapa makanan untuk pemakai behel pemula, ada juga beberapa makanan pantangan yang harus anda hindari. Anda juga dapat mengetahui cara menghilangkan rasa sakit gigi dan obat sakit gigi paling ampuh agar dapat mengurangi rasa sakit akibat pemakaian behel. Makanan yang harus dihindari oleh pemakai behel pemula, misalnya saja seperti di bawah ini:

  • Makanan yang Terlalu Keras atau Renyah

Beberapa makanan penyebab gigi ngilu memang sebaiknya dihindari bagi para pemakai behel pemula. Makanan tersebut selain akan mengganggu kawat gigi juga dapat menyababkan rasa nyeri saat dikunyah. Misalnya saja seperti kacang-kacangan, wortel, daging merah, keripik, ayam goreng, dendeng, dan beberapa makanan lainnya.

  • Makan-Makanan yang Lengket

Makanan yang bersifat lengket akan membuat teksturnya menempel pada kawat gigi. Selain itu makanan ini juga tidak disarankan bagi para pemakai behel pemula karena dapat menyebabkan rasa nyeri pada gigi. Sebaiknya hindari makanan yang bersifat lengket seperti: coklat, permen karet, gulali, dan sebagainya. Selain itu anda juga dapat menghindari makanan yang membuat gigi kuning.

Sponsors Link

  • Hindari Juga Makanan yang Manis

Selain makanan yang bersifat keras, renyah, dan lengket, makan-makanan yang memiliki rasa manis berlebih pun juga kurang cocok sebagai makanan untuk pemakai behel pemula. Makanan manis akan menyebabkan gigi terasa nyeri jika pengonsumsiannya terlalu banyak. Anda dapat menghindari makanan seperti: kue, permen, cemilanmanisan, dan lain sebagainya. Selain itu hindari juga makanan yang menyebabkan gigi berlubang.

  • Jangan Terbiasa Menggit Makanan Secara Langsung

Kebiasaan menggigit makanan secara langsung dengan menggunakan gigi bagian depan kini juga harus anda hindari. Selain dapat menyebabkan karet behel terlepas, menggigit makanan juga dapat bentuk kawat gigi menjadi bengkok ataupun berpindah posisi. Untuk makanan yang biasa anda gigit secara langsung, maka kali ini anda bisa memotongnya terlebih dahulu.

  • Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda sangat tidak disarankan bagi para pemakai behel terutama untuk yang pemula. Minuman ini dapat menyebabkan rasa nyeri yang berlebih pada bagian gigi yang habis dibehel. Selain itu seringnya minum-minuman bersoda juga dapat menyebabkan masalah lain pada gigi seperti penyebab gigi keropos di usia muda.

Untuk anda yang saat ini menggunakan kawat gigi atau behel, maka itulah beberapa makanan yang cocok untuk anda konsumsi sehari-hari. Selain makanan untuk pemakai behel pemula, terdapat beberapa makanan pantangan yang memang harus anda hindari untuk meminimalisir masalah yang sering terjadi pada pemakaian behel pertama. Jika anda ingin merapikan gigi tanpa behel, maka cara merapikan gigi tanpa behel dan cara merapikan gigi secara alami dapat menjadi solusi gigi tonggos parah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini