5 Makanan Untuk Penderita Gigi Berlubang Paling Enak

Masalah gigi berlubang sebenarnya bisa disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari makanan, minuman, gaya hidup dan kebiasaan yang tidak tepat bisa menjadi pemicu masalah gigi berlubang pada anda. Gigi berlubang sendiri merupakan masalah gigi yang paling banyak terjadi namun menjadi hal yang biasa karena banyak dari mereka yang mewajarinya.

Perilaku seperti ini sebenarnya salah karena masalah gigi berlubang jika sudah terjadi perlu ditangani supaya anda tidak harus melakukan tindakan akhir berupa pencabutan gigi. Adapun persiapan menjelang cabut gigi yang perlu anda ketahui supaya nantinya tidak terjadi masalah.

Kali ini halogigi akan menyampai beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan mengurangi masalah gigi berlubang anda semakin parah. Salah satu cara dapat anda lakukan dimulai dari makanan yang anda konsumsi. Tanpa anda sadari, makanan yang anda konsumsi sebenarnya mempengaruhi kesehatan gigi anda loh !. Anda penasaran bukan dengan makanan untuk penderita gigi berlubang yang tepat. Berikut ini makanan untuk penderita gigi berlubang yang bisa anda coba sendiri dirumah.

1. Buah dan Sayur Dengan Tekstur Lembut

Jika anda malas mengkonsumsi makanan yang memerlukan banyak waktu untuk dikunyah anda bisa mengkonsumsi buah dan sayuran. Diketahui bahwa makanan dengan tekstur yang tidak terlalu keras dapat mencegah rasa sakit dan makanan terselip ketika anda memiliki gigi berlubang. Beberapa buah dan sayur dengan tekstur lembut yang bisa anda konsumsi adalah buah jambu biji, strawberry, kiwi, semangka, pir dan apel sedangkan untuk sayurnya anda bisa mengkonsumsi seledri, wortel, dan lainnya.

Manfaat buah dan sayur bagi tubuh pun bisa anda rasakan karena kandungan gizi dan nutrisi penting ada didalamnya. Buah dan sayur bisa anda konsumsi dengan cara membuatnya menjadi jus, salad dan dikonsumsi langsung pun bisa. Hanya saya yang perlu diperhatikan anda perlu mencuci bahan-bahan tersebut dengan bersih. Baca : makanan yang menyebabkan gigi berlubang.

2. Sup

Masakan lain yang bisa anda coba adalah sup. Berbagai macam sup bisa anda coba untuk meredakan masalah sakit gigi seperti sup ayam, sup bening, dan sup Bahan yang digunakan pada menu sup pun sangat sedikit. Bagi anda yang mengalami sakit gigi karena gigi berlubang bisa mengkonsumsi sup sebagai makanan pereda sakit gigi anda. Selain hangat, cara anda mengkonsumsi makanan ini pun tidak serumit anda makan pepes walaupun pada menu pepes terdapat bahan rempah yang bermanfaat bagi kesehatan gigi anda.

3. Oatmeal

Konsumsi oatmeal sering disarankan di beberapa iklan maupun artikel kesehatan karena khasiatnya yang bagus untuk kesehatan jantung. Kaya akan manfaat vitamin A, manfaat kalsium terhadap kesehatan gigi, vitamin D, zat besi, magnesium dan vitamin B6 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan konsumsi oatmeal ketika anda memiliki gigi berlubang bisa menjadi pilihan.

Anda bisa mendapatkan nutrisi yang baik tanpa anda perlu mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak karena kalori yang dihasilkan oleh oatmeal sangat besar. Tentunya makanan ini sangat cocok sekali bagi anda yang punya gigi berlubang. Bagi anda yang bingung mengolah oatmeal anda tidak usah khawatir, karena menu oatmeal bisa anda olah menjadi berbagai macam makanan seperti snack bar, bubur ayam, overnight oatmeal.

4. Pasta

Makanan pasta memang bukan makanan asli Indonesia. Bahan makanan pasta terbuat dari gandum sehingga teksturnya berbeda dengan makanan pasta asal Indonesia sepeti mi. Dikenal karena rasa kenyal, gurih, creamy, manis, asin dan lainnya, masakan yang terbuat dari pasta bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Contoh masakan pasta yang mungkin banyak digemari orang Indonesia adalah lasagna, spagheti bolognese dan carbonara serta mac and cheese. Baca : makanan yang dilarang saat sakit gigi dan gusi bengkak.

5. Olahan Masakan Kentang

Masakan kentang dengan bahan kentang bisa anda coba. Beberapa artikel kesehatan sering menyarankan masakan yang cocok untuk masalah sakit gigi berlubang adalah kentang tumbuk. Padahal masakan lain yang bisa anda coba ada banya misalnya perkedel kentang, kentang goreng, kue tradisional dengan bahan kentang. Teksturnya yang lembut bisa anda konsumsi tanpa mengunyah lebih lama dan tidak memerlukan tenaga yang besar. Tidak perlu khawatir, kentang sendiri memiliki nilai gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan gigi anda yaitu ada vitamin A, manfaat vitamin c untuk gigi, Magnesium, zat besi, kalsium dan vitamin B6.

Dengan beragam macam olahan masakannya, anda tentunya penasaran kenapa pasta bisa menjadi makanan untuk penderita gigi berlubang ?. Makanan ini sangat mudah dikunyah dan tidak terlalu membuat sisa makanan menempel pada gigi berlubang anda. Anda pun perlu mengetahui, bahwa olahan pasta yang diolah menggunakan bahan seperti tomat, keju dan susu bisa membantu menguatkan gigi anda. Manfaat tomat dari menu pasta bisa membantu memutihkan gigi. Selain itu kandungan kalsium yang terkandung dalam keju dan susu di pasta anda dapat membantu menguatkan gigi anda.

Sekian informasi yang dapat halogigi sampaikan mengenai makanan  untuk penderita gigi berlubang. Semoga dapat membantu mengurangi dan meredakan rasa sakit dan menyebabkan makanan terselip pada gigi berlubang anda. Salam gigi sehat.