20 Makanan yang Dapat Merusak Gigi dan Minumannya

Kali ini kami akan membahas makanan yang dapat merusak gigi. Bagi anda semua tidak ingin kan giginya rusak? pasti semuanya menginginkan memiliki gigi yang sehat, putih dan bersih. Gigi sehat merupakan idaman semua orang. Gigi yang sehat dan bersih juga akan membuat penampilan anda semakin menarik. Maka dari itu sudah banyak sekali orang – orang yang rela mengeluarkan uang hanya untuk perawatan gigi di dokter gigi. Selain ke dokter gigi juga ada yang melakukan gosok gigi dengan sesering mungkin. Akan tetapi melakukan sikat gigi yang terlalu sering juga tidak terlalu bagus, anda bisa melakukannya setelah makan dan juga sebelum tidur malam.

Bagi anda yang gigi nya sudah rusak atau sudah ada yang berlubang maka anda harus hati – hati, anda juga harus mengetahui apa saja penyebab gigi berlubang. Jika di lihat secara seksama maka faktor utama yang mempengaruhi lubang di gigi atau rusaknya gigi adalah makanan dan minuman yang sering di konsumsi mengandung kalori yang cukup tinggi. Sehingga bakteri yang berasal dari makanan dan minuman yang di konsumsi akan tertinggal di dalam rongga mulut dan akhirnya akan menghasilkan asam yang lama kelamaan akan mengikis enamel gigi anda. baca juga : Cara Mengatasi Gigi Goyang

Selain yang telah di jelaskan di atas maka yang membuat gigi rusak dan berlubang juga berasal dari beberapa makanan sehat. Maka di bawah ini adalah beberapa makanan yang dapat merusak gigi jadi lebih baik anda mengurangi dalam mengkonsumsi makanan di bawah ini.

Makanan yang Dapat Merusak Gigi

1. Permen

permenAnda semua pasti sudah pernah dan bahkan anda malah sering mengkonsumsi makanan ini. Permen merupakan makanan yang keras dan sangat manis sekali.

Permen bisa anda konsumsi dengan cara di hisap dan lama kelamaan permen tersebut akan habis atau bahkan bisa pecah dan menjadi beberapa potongan kecil-kecil. Pecahnya permen bisa di akibatkan karena hisapan atau bahkan gigitan dari gigi kita.

Sehingga hal ini yang akan membuat lekukan yang bersifat serius di dalam enamel dan akan membahayakan mulut anda. Selain gigi anda yang akan rusak, maka mulut anda juga akan ikut merasakan bahayanya dari permen yang kamu konsumsi. Permen yang dikonsumsi memiliki serat gula yang lama – lama akan menempel pada gigi anda sampai permen tersebut mencair dan akan membuat gula tersebut merusak gusi dan gigi anda.

2. Cokelat

COKELATSudah tidak asing lagi buat anda kalau soal coklat. Hampir semua usia menyukai makanan yang bernama coklat. Selain itu coklat juga memiliki mitos bahwa coklat bisa menghilangkan galau. Bagi anda yang giginya sudah rusak atau sudah berlubang maka kalau bisa stop makan coklat atau anda bisa membatasi nya dalam mengkonsumsi coklat ini.

Jika anda tidak membatasi mengkonsumsi coklat ini maka gigi anda akan mengalami kerusakan yang semakin parah dan menimbulkan penyakit gigi yang mengharuskan gigi anda harus di cabut. Bisa di bayangkan bagaimana jika gigi anda berkurang? Karena sangat mengganggu jika anda nanti makan.

Sehingga hati hati lah jika anda ingin mengkonsumsi cokelat, boleh mengkonsumsi tetapi jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan cokelat ini. Usahakan setelah makan langsung menyikat gigi anda agar sisa sisa cokelat yang menempel di gigi bisa hilang dan tidak menjadi bakteri di gigi yang menyebabkan gigi anda bermasalah.

3. Kue

KUEKue merupakan makanan yang sangat simple dan sangat di gemari oleh orang indonesia. Karena cara mendapatkan nya mudah dan dengan harga yang terjangkau. Selain harga nya maka kue itu sangat nikmat dan bisa membuat perut anda kenyang. Tak heran jika kue menjadi salah satu makanan favorit orang indonesia.

Makanan kue merupakan salah satu cemilan yang memiliki rasa yang manis sehingga serat gula yang ada di kue itu akan membuat gigi anda bermasalah. Makanan seperti kue ini selain manis dan lengket yang merupakan musuh yang besar untuk gigi anda. Selain itu buah buahan yang jenis nya seperti aprikot kering juga bisa mengganggu enamel gigi anda.

Makanan yang bisa lengket di gigi dan bisa tersangkut di sela – sela gigi dan gusi yang akan membuat gula dari kue itu menyerang enamel gigi anda karena sangat sulit untuk di bersihkan. Jika anda tidak ingin memiliki masalah pada gigi anda maka anda bisa memberikan batasan batasan untuk mengkonsumsi yang manis manis. Jika anda sudah terlalu ingin memakan maka setelah memakan usahakan langsung menyikat gigi anda agar tidak menjadi masalah yang anda inginkan.

4. Pasta

PASTASelain makanan yang telah di jelaskan di atas maka makanan yang satu ini juga bisa membuat gigi anda bermasalah. Pasta adalah makanan yang memiliki zat tepung tetapi berbentuk pasta. Bahkan perlu anda ketahui bahwa nasi dan kentang sebenarnya juga bisa merusak gigi anda. Karena pada saat anda mengkonsumsi makanan tersebut ketika di cerna makanan tersebut akan menjadi zat gula dan menghasilkan asam yang bisa mengikiskan enamel gigi anda.

Maka bagi anda yang menyukai pasta maka hati – hati lah dalam mengkonsumsinya, Anda jangan sampai mengkonsumsi yang berlebihan karena yang berlebihan akan mengakibatkan gigi anda bermasalah. Jika gigi sudah bermasalah maka mau tidak mau anda juga harus melakukan perawatan atau bahkan anda bisa melakukan pencabutan.

Jika anda ingin hidup sehat maka setelah mengkonsumsi pasta anda harus langsung menyikat gigi anda sampai bersih agar pasta tersebut tidak tertinggal di gigi. Jika pasta tersebut tertinggal di gigi maka akan menjadi kuman dan membuat gigi anda sakit.

5. Kacang Almond

KACANG ALMONDSelain cokelat maka kacang almond juga merupakan salah satu musuh gigi kita. Kenapa kacang almond merupakan musuh gigi kita, karena kacang almond keras. Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi kacang almond maka dapat menimbulkan masalah pada gigi anda misalnya saja gigi anda bisa retak atau patah karena sering menggigit kacang almond.

Untuk mengantisipasi gigi retak atau patah maka konsumsilah kacang almond dengan sewajarnya. Karena jika anda memakan terlalu banyak juga akan menimbulkan lemak yang berlebihan dan tidak bagus juga untuk kesehatan tubuh anda. Jika anda sudah selesai mengkonsumsi kacang almond maka segeralah menggosok gigi anda.

Manfaat menggosok gigi adalah untuk menghilangkan sisa sisa makanan yang dikonsumsi agar tidak meninggalkan noda di gigi yang bisa menyebabkan gigi anda rusak. Selain itu menyikat gigi juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi anda.

6. Acar

ACARAcar adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan asam yang sangat banyak. Karena membuat acar menggunakan banyak cuka. Sehingga hal ini bisa membuat mineral yang ada pada lapisan email gigi anda akan terurai. Dan perlu anda ketahui juga bahwa acar juga memiliki kandungan gula yang banyak. Dengan adanya kandungan gula yang banyak maka akan membuat masalah pada gigi anda. Gigi anda bisa berlubang dan menimbulkan sakit karena kandungan gula dan asam pada acar.

Sehingga untuk mengatasi hal ini maka anda bisa mengatasi nya dengan mengkonsumsi keju jika ada selesai memakan acar. Kenapa harus memakan keju setelah makan acar? karena keju yang akan anda konsumsi tidak mengandung asam dan bahkan keju tersebut memiliki kandungan kalsium yang banyak. Keju yang anda konsumsi akan membantu anda untuk menetralisirkan asam yang ditimbulkan dari acar tersebut.

Selain keju maka anda bisa mengkonsumsi permen karet yang bebas gula dan permen karet yang memiliki kandungan xylitol. Sehingga permen karet tersebut juga bisa membantu anda untuk menetralisir asam dengan meningkatkan air liur yang berfungsi untuk membersihkan mulut anda.

7. Selai Kacang

SELAI KACANGTernyata selai kacang juga bisa membuat gigi anda bermasalah, jika anda sering sarapan dengan menggunakan roti dan selai maka berhati hatilah. Selai kacang memiliki kandungan protein yang banyak. Selain kandungan protein yang berada di dalam selai kacang yaitu tekstur selai kacang yang sangat lengket sehingga bisa menempel pada gigi anda cukup lama dan sulit di hilangkan jika anda tidak langsung sikat gigi.

Selai yang menumpuk di gigi lah yang akan mengakibatkan gigi anda berlubang. Sangat mengganggu sekali jika gigi anda berlubang, karena selain menimbulkan sakit akan mengganggu anda saat proses mengunyah makanan. Jika gigi anda sudah berlubang maka segera lah untuk mengunjungi dokter gigi agar mendapatkan penanganan.

Jika anda memang hobi dengan selai kacang maka anda bisa  mencari atau membeli selai kacang yang tidak memiliki kandungan gula tambahan sehingga selai kacang tersebut tidak terlalu lengket dan tidak berpengaruh besar terhadap gigi anda.

8. Buah Kering

BUAH KERINGBuah kering ternyata juga bisa membuat gigi anda bermasalah. Nih bagi anda yang sering dan hobi memakan buah kering maka anda juga harus hati hati karena kandungan air yang ada di buah kering sudah di serap secara keseluruhan. Buah kering yang anda konsumsi ini sangat mengandung gula yang cukup banyak, contohnya saja kismis, dengan adanya kandungan gula yang sangat banyak sehingga makanan tersebut akan melekat pada gigi lebih kuat.

Hal ini lah yang akan membuat gigi anda terkena bakteri dari makanan yang anda konsumsi. Dengan adanya bakteri di gigi anda yang lama maka bakteri tersebut akan menghasilkan cairan asam sehingga cairan asam itulah yang akan membuat gigi anda bermasalah, contoh nya saja gigi anda bisa berlubang akibat zat asam tadi.

Sehingga untuk mengatasi hal ini anda bisa langsung mengkonsumsi air putih. Karena air putih yang di minum setelah mengkonsumsi buah kering akan membantu menghilangkan sisa sia buah kering yang menempel atau yang berada di sela sela gigi dan gusi. Selain itu anda juga bisa langsung menggosok gigi.

9. Buah Jeruk

BUAH JERUKBuah jeruk memiliki kandungan vitamin C, Vitamin C ini merupakan komponen yang sangat penting yang berfungsi untuk menjaga kolagen pada gusi anda. Akan tetapi anda tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi secara berlebihan, jika anda mengkonsumsi buah jeruk secara berlebihan maka akan membahayakan kesehatan gigi dan gusi anda.

Apabila anda terlalu sering mengkonsumsi buah ini setiap hari atau dengan mengkonsumsi air putih yang di campur dengan lemon untuk diet maka hal ini yang akan membuat lapisan email gigi anda akan menjadi lunak. Lapisan email yang sudah lunak tidak akan bisa tumbuh kembali saat sebelum lunak. Email gigi mudah lunak jika anda terlalu sering mengkonsumsi jeruk lemon dan jeruk nipis.

Sehingga apabila anda sedang mengkonsumsi buah jeruk dan usahakan sesudah mengkonsumsinya minumlah air putih atau minuman yang bersoda kemudian setelah beberapa menit anda bisa menggosok gigi anda. Akan tetapi perlu anda perhatikan jangan langsung menggosok gigi jika anda baru saja mengkonsumsi buah jeruk dan meminum minuman yang bersoda, tunggulah sampai 30-45 menit baru menggosok gigi. Karena jika anda langsung menggosok gigi maka akan membuat email gigi anda semakin lunak.

10. Pempek

PEMPEKPempek ternyata salah satu makanan yang dapat merusak gigi, padahal pempek adalah makanan yang memiliki penggemar cukup banyak karena rasa nya sangat enak. Akan tetapi perlu anda ketahui juga bahwa pempek adalah makanan yang dapat merusak gigi, akan tetapi perlu anda ketahui juga bahwa yang menyebabkan gigi rusak itu bukan dari pempeknya akan tetapi dari kuah pempek tersebut atau bumbu cuka yang di campur pada saat memakan pempek.

Kuah pempek atau kuah cuka yang di campur pada saat konsumsi pempek memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi. Jika anda yang hobi sekali dengan pempek maka sangat berhati-hatilah dalam mengkonsumsinya. Karena jika anda terlalu sering dan banyak makan pempek maka akan membuat gigi anda rusak dan bisa menyebabkan gigi berlubang serta menimbulkan rasa nyeri atau sakit gigi yang luar biasa.

Jika anda sudah selesai makan pempek maka jangan lupa menggosok gigi agar tidak ada sisa sisa makanan yang menyangkut didalam gigi. Sehingga gigi anda akan terlihat bersih selalu dan nafas anda akan segar sepanjang hari.

11. Yoghurt

YOGHURTSelain makanan yang sudah di jelaskan di atas dengan panjang lebar maka ternyata yoghurt juga merupakan salah satu makanan yang membuat gigi anda bermasalah.

Padahal yoghurt itu banyak yang menggemari dan yoghurt juga merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh jika kita mengkonsumsinya dengan baik. Selain itu juga memiliki manfaat yang banyak, akan tetapi ternyata ada kadar asam di dalam yoghurt yang cukup tinggi.

Sehingga bagi anda yang sering mengkonsumsi yoghurt atau anda yang hobi dengan yoghurt maka berhati – hati lah karena jika anda mengkonsumsi secara berlebihan akan membuat gigi anda menimbulkan masalah. Tetaplah selalu menjaga kesehatan gigi anda dengan rutin menggosok gigi dan menjaga pola makan yang di konsumsi.

12. Roti

ROTIRoti merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang bisa membuat rasa lapar hilang jika anda mengkonsumsi roti. Akan tetapi bagi anda yang sangat hobi mengkonsumsi roti maka anda juga harus berhati – hati dalam mengkonsumsi nya, karena jika anda berlebihan dalam mengkonsumsi roti bisa membuat gigi anda memiliki masalah.

Kue kering  atau roti adalah makanan yang lengket dan sangat mudah menempel pada gigi anda jika anda mengkonsumsi. Perlu anda ketahui juga bahwa makanan yang lengket bisa menimbulkan masalah pada gigi.

Seperti halnya timbul plak pada gigi yang bisa menjadi karang jika tidak dibersihkan. Dan jika sudah menjadi karang sangat sulit untuk di bersihkan sehingga anda harus datang ke dokter gigi. Karang pada gigi yang akan merusak gigi dan membuat gigi anda keropos atau berlubang yang mau tidak mau harus di cabut.

13. Keripik

KERIPIKKeripik cemilan di siang atau di malam hari yang akan menemani kita saat santai sangat cocok dengan kopi. Hampir semua orang suka dan hobi mengkonsumsi keripik, keripik juga memiliki berbagai macam seperti singkong, ubi dan lain – lain. Gurih dan nikmatnya mengkonsumsi keripik sangat luar biasa, tetapi anda juga harus tahu bahwa mengkonsumsi keripik membuat gigi anda bermasalah.

Pada saat anda mengkonsumsi keripik anda secara tidak sadar ada beberapa potongan keripik yang menyangkut di sela – sela gigi anda. Dan banyak sekali orang yang setelah mengkonsumsi keripik tidak langsung membersihkan gigi nya dengan berkumur atau dengan menggosok gigi. Selain itu keripik yang keras juga akan membuat gusi anda berdarah jika anda tidak hati – hati dalam mengunyah nya.

Maka dari itu jika anda mengkonsumsi keripik segeralah menggosok gigi anda untuk menghilangkan sisa makanan yang ada di dalam gigi anda. Sehingga gigi anda tidak akan menimbulkan flak yang membuat gigi anda berlubang atau keropos.

14. Popcorn

POPCORNCemilan yang sering di konsumsi saat nonton bersama teman atau keluarga ini memang merupakan makanan yang sangat di gemari kaum muda. Selain itu popcorn juga bisa menemani waktu santai anda dirumah bersama kluarga di siang hari atau saat malam hari.

Dibalik kenikmatan popcorn juga harus anda ketahui bahwa popcorn juga merupakan salah satu makanan yang dapat menimbulkan masalah pada gigi. Gigi anda bisa berlubang atau keropos karena anda salah mengkonsumsi popcorn ini.

Jika anda mengkonsumsi popcorn maka jangan terlalu berlebihan, makan lah sewajarnya saja dan jika sudah memakan popcorn maka segera menggosok gigi untuk membersihkan sisa sisa popcorn yang menyangkut di gigi atau di sela sela gigi anda. Karena jika anda tidak segera membersihkan gigi anda, akan ada masalah baru seperti flak gigi yang nanti nya menjadi karang gigi.

15. Jagung Rebus

JAGUNG REBUSSelain popcorn, ternyata jagung rebus juga makanan yang bisa membuat gigi anda bermasalah. Masalah yang di timbulkan dari jagung rebus bukan karena jagung rebus yang anda konsumsi atau kandungan dari jagung rebus tersebut, akan tetapi yang bisa menimbulkan masalah adalah sisa sisa jagung yang telah anda makan. Sisa sisa jagung yang ada di sela – sela gigi dan gusi anda. Maka dari itu jika anda selesai makan jagung rebus maka segeralah menggosok gigi anda atau anda bisa berkumur sampai bersih.

Karena jika anda tidak langsung berkumur atau menggosok gigi, sisa sisa jagung rebus nanti jika terlalu lama di dalam mulut akan menimbulkan zat asam, sehingga zat asam itulah yang akan membuat gigi anda bermasalah. Gigi anda bisa menimbulkan flag atau bahkan kuman yang membuat gigi anda berlubang. Gigi anda jika sudah berlubang maka mau tidak mau harus di tambal. Jenis Bahan Tambal Gigi yang bisa anda pilih dan konsultasikan langsung dengan dokter gigi anda.

16. Daging

DAGINGDaging merupakan makanan yang sering kita jumpai tapi jarang sekarang orang yang mengkonsumsi daging dalam setiap harinya. Mereka hanya mengkonsumsi di hari tertentu saja, mungkin karena harga daging yang juga sedikit mahal sehingga membuat orang kurang hobi untuk mengkonsumsi nya. Tetapi bagi anda yang tidak terlalu suka dengan juga tidak bagus karena daging sangat bagus untuk kesehatan tubuh anda.

jika anda selesai makan daging maka jangan terlalu untuk tidak menggosok gigi karena jika anda tidak langsung menggosok gigi maka sisa sisa daging yang ada di sela – sela gigi anda akan menjadi kuman sehingga gigi anda mudah rusak dan keropos. Jika anda tak sempat menggosok gigi maka solusi lainnya adalah berkumur – kumur untuk menghilangkan sisa sisa daging yang menyelip, tetapi jika anda sempat menggosok gigi maka segeralah menggosok gigi sampai bersih agar gigi anda terhindar dari masalah gigi.

Itu adalah beberapa makanan yang bisa merusak gigi anda dan menimbulkan masalah – masalah baru jika gigi anda sudah terlanjur rusak. Maka anda bisa mengatasinya dengan rajin rajin menggosok gigi atau anda bisa merawat gigi anda dengan konsultasi langsung dengan dokter gigi anda. Selain itu di bawah ini juga akan di jelaskan beberapa minuman yang bisa merusak gigi anda.

Minuman yang Dapat Merusak Gigi

Setelah kita mengetahui makanan yang bisa merusak gigi tetapi perlu anda ketahui juga ada beberapa minuman yang bisa merusak gigi anda seperti di bawah ini.

1. Minuman Bersoda

minuman bersodaMinuman bersoda yang harus anda ketahui yaitu bahwa minuman bersoda sangat tidak baik untuk kesehatan gigi anda. Selain untuk kesehatan gigi anda, minuman bersoda juga tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Memang benar kalau minuman soda itu sangat menyegarkan, terutama jika anda meminumnya pada siang hari yang panas dan minuman soda yang dingin. Sangat membuat anda tenang dan segar dalam tubuh anda.

Tetapi jika anda tidak ingin memiliki sakit atau anda ingin hidup sehat maka anda bisa menjauhi minuman bersoda ini secepat mungkin. Karena minuman bersoda bisa membuat gigi anda menjadi rusak, di dalam minuman bersoda terdapat kandungan karbonisasi nya. Dan perlu anda ketahui juga bahwa jika anda terlalu sering meminum minuman bersoda maka lama kelamaan bisa membuat gigi anda busuk. Jika anda sedang diet maka anda bisa meminumnya dengan menggunakan sedotan.

2. Kopi

KOPIKopi yang selalu menemani sarapan anda di pagi hari dan juga cocok untuk mengobati ngantuk anda di siang hari, bahkan bisa menemani begadang anda di malam hari. Kopi yang bisa menemani anda setiap saat ini ternyata bisa merusak gigi anda. Maka anda harus hati – hati dalam mengkonsumsi kopi. Selain memiliki tingkat kafein yang tinggi maka kopi juga memiliki kandungan asam yang cukup tinggi.

Kadar asam yang ada di kopi bisa dilihat tinggi atau tidak nya dari jumlah kopi yang anda konsumsi. Sehingga bagi anda yang sangat hobi dengan kopi maka anda berhati hati lah, jangan terlalu banyak meminum kopi yang berlebihan karena bisa merusak gigi anda. Selain merusak gigi anda juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh anda. Jika anda sudah megkonsumsi kopi maka anda bisa membersihkan gigi anda dengan menggosok gigi atau dengan kumur – kumur karena jika anda tidak membersihkan gigi anda akan menimbulkan masalah yaitu flak dan lama – lama akan menjadi karang gigi.

3. Minuman Isotonik

MINUMAN ISOTONIKBerbagai macam minuman instan yang sangat mudah di dapatkan dan juga dengan harga yang sangat terjangkau sehingga banyak orang yang mengkonsumsi minuman instan. Dengan berbagai macam produk minuman yang mudah di dapat dan sangat cocok bagi anda jika anda sedang bersama teman – teman anda. Atau dirumah anda sedang kedatangan tamu.

Dimana saat ini banyak nya minuman isotonik bahkan minuman yang berenergi belakangan ini sangat populer sekali. Tetapi tanpa mereka sadari bahwa minuman isotonik ini juga bisa menimbulkan masalah. Salah satu masalah yang timbul yaitu kerusakan gigi seperti gigi berlubang atau gigi keropos. Kenapa minuman isotonik bisa menyebabkan masalah? karena kandungan gula yang ada di dalam kemasan minuman isotonik memiliki jumlah gula yang sangat banyak. Kandungan gula ini lah yang membuat gigi anda bermasalah.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, untuk mengatasi nya jika anda sudah selesai mengkonsumsi minuman isotonik maka anda bisa langsung menggosok gigi anda atau anda bisa sementara berkumur – kumur untuk menghilangkan sisa sisa minuman agar gigi anda tetap bersih dan tidak menimbulkan flak.

4. Es

ESEs yang sering anda konsumsi dan hampir setiap hari anda mengkonsumsi nya maka anda juga perlu memperhatikan apa saja yang anda konsumsi setiap hari nya. Es batu ini selain bisa menyegarkan maka juga memiliki dampak yang negatif untuk gigi anda. Gigi anda bisa sensitif jika anda terlalu sering mengkonsumsi es.

Bagi anda yang memiliki hobi mengunyah es sebaiknya hentikan, karena es batu yang masih keras jika anda kunyah akan membuat gigi anda goyang dan bisa juga merusak bagian enamel gigi anda. Jika enamel gigi anda sudah lemah maka mau tidak mau anda harus ke dokter gigi untuk mendapatkan solusinya.

Anda boleh mengkonsumsi es tetapi juga tidak boleh berlebihan karena semua hal yang di lakukan secara berlebihan akan berakibat fatal juga. Lebih baik anda mengkonsumsi nya jika anda perlukan saja.

Berikut adalah penjelasan tentang makanan yang dapat merusak gigi. Selain makanan nya maka juga telah di jelaskan beberapa minuman yang bisa merusak gigi anda agar anda terhindar dari makanan dan minuman yang akan menyebabkan gigi anda rusak. Karena jika anda menghindari makanan atau minumannya saja percuma, jadi lebih baik anda menghindari keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *