Sponsors Link

Makanan yang Dilarang Saat Sakit Gigi dan Gusi bengkak

Sponsors Link

Sakit gigi adalah sakit yang hampir setiap orang pernah merasakannya. Baik anak – anak maupun orang dewasa. Penyebab umum sakit gigi biasanya karena terdapat karies gigi atau kerusakan pada gigi, seperti gigi yang keropos dan berlubang. Apabila lubang gigi sudah membesar dan mengenai saraf gigi, maka gigi akan terasa nyeri dan berdenyut – denyut. Apalagi jika sampai gusi membengkak dan terdapat abses gusi atau nanah.

ads

Gigi terdiri dari beberapa lapisan, yaitu lapisan yang palig keras dinamakan lapisan email, kemudian dibawahnya adalah tulang gigi yang dinamakan dentin, didalam dentin terdapat rongga gigi yang dinamakan pulpa yang berisi saraf dan pembuluh darah. Anda dapat membaca dan mengetahui lebih jauh tentang struktur gigi dan fungsinya.

Tak jarang rasa nyeri atau sakit gigi sampai membuat pipi menjadi bengkak, hal ini terjadi dikarenakan gusi sudah mengalami infeksi. Berikut ini adalah beberapa Makanan yang Dilarang Saat Sakit Gigi dan Gusi bengkak yang sebaiknya dihindari apabila anda sedang mengalami sakit gigi.

Makanan yang Dilarang Saat Sakit Gigi dan Gusi bengkak

  1. Hindari Makanan dan Minuman yang Manis

Makanan dan minuman yang manis tidak baik untuk kesehatan gigi karena dapat merusak email gigi dan merupakan makanan konsumsi bagi bakteri gigi. Apalagi pada saat gigi sedang dalam kondisi sakit dan gusi bengkak. Makanan yang dapat merusak gigi antara lain adalah seperti permen dan coklat.

  1. Hindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Dingin

Makanan dan minuman yang terlalu dingin juga akan membuat gigi yang sakit terasa ngilu. Sebaiknya anda menghindari makanan dan minuman yang terlalu dingin pada saat gigi anda sedang sakit dan gusi membengkak karena mengalami infeksi. Beberapa contoh makanan dan minuman yang terlalu dingin seperti, minuman dengan batu es yang banyak, pudding, es krim, dan makanan yang baru keluar dari lemari pendingin yang langsung dikonsumsi tanpa menghangatkannya terlebih dahulu.

  1. Hindari Makanan dan Minuman yang Panas

Selain makanan dan minuman yang terlalu dingin, makanan dan minuman yang panas juga akan membuat gigi yang sakit dan gusi yang bengkak tambah meradang. Misalnya Kopi atau teh panas, bubur atau nasi yang panas, dll. Konsumsilah makanan hangat yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas agar anda merasa lebih nyaman.

  1. Hindari Makanan yang Keras

Makanan yang keras sudah seharusnya dihindari karena tentu akan membuat gigi yang sedang sakit dan gusi yang bengkak menjadi bertambah parah. Hal ini disebabkan kerja gigi dan rahang untuk mengunyah menjadi semakin berat. Makanan yang bersifat keras seperti daging dan  kacang – kacangan.

  1. Hindari Makanan yang Lengket

Makanan yang bersifat lengket juga sebaiknya dihindari pada saat sakit gigi dan gusi bengkak, karena gigi akan sulit mengunyah sehingga kerja gigi menjadi lebih berat. Makanan yang bersifat lengket seperti dodol dan mengunyah permen karet. Konsumsilah makanan yang menguatkan gigi dan berguna untuk kesehatan tubuh anda.

Sponsors Link

  1. Hindari Makanan yang Mengandung Cuka

Salah satu yang harus dihindari saat sakit gigi dan gusi bengkak adalah makanan yang mengandung cuka. Makanan yang mengandung cuka atau asam dapat mengikis email gigi, sehingga membuat gigi yang sakit akan bertambah parah. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang menyehatkan gigi anda.

ads

  1. Hindari Makanan yang Asam

Seperti halnya makanan yang mengandung cuka, makanan yang asam pun sebaiknya dihindari jika anda dalam keadaan sakit gigi dan gusi bengkak. Sama seperti cuka, asam juga dapat mengikis email gigi dan menyebabkan sakit gigi akan bertambah. Seperti buah – buahan yang asam untuk sementara sebaiknya dihindari.

  1. Hindari Munuman yang Mengandung Soda dan Alkohol

Minuman yang mengandung soda dan alkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh kita dan juga kesehatan gigi. Minuman sersoda mengandung kadar gula yang tinggi. Selain itu kandungan asam sitrat dan posfornya tidak baik untuk kesehatan gigi dan dapat merusak gigi. Begitu juga dengan minuman yang beralkohol.

  1. Hindari Memainkan Gigi

Hindari memainkan atau mengganggu gigi yang sedang sakit dan gusi yang bengkak dengan lidah atau tangan, karena hal ini akan mengakibatkan bakteri akan menyebar ke seluruh rongga mulut. Sedangkan memegang dengan tangan akan membuatnya bertambah meradang karena kuman dari tangan akan masuk kedalam rongga mulut.

  1. Hindari Merokok

Merokok sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh dan gigi. Nikotin yang terdapat pada rokok dapat menempel pada gigi dan membuat gigi menjadi rapuh juga dapat merubah warna pada gigi. Oleh sebab itu sebaiknya hindari merokok pada saat gigi anda sedang sakit dan gusi bengkak.

Begitulah beberapa pantangan sakit gigi dan gusi bengkak yang sebaiknya anda hindari agar rasa sakit pada gigi tidak bertambah dan bengkak pada gusi cepat kempes.

Beberapa Tips yang baik untuk dilakukan pada saat sakit gigi dan gusi bengkak antara lain:

  • Menyadari pentingnya menggosok gigi dengan teratur dan benar adalah langkah awal mencegah timbulnya sakit gigi. Gosoklah gigi dengan sikat yang lembut dan lakukan secara perlahan – lahan.
  • Lakukan cara menyikat gigi dengan benar, gunakan dental floss agar sisa – sisa makan dapat dibersihkan dengan tuntas.
  • Perbanyak minum air putih untuk merangsang produksi air liur yang berguna sebagai anti septik pembunuh bakteri gigi.
  • Berkumurlah dengan air hangat yang telah dicampur dengan sedikit garam beberapa kali, untuk meredakan sakit gigi dan mengempeskan gusi yang bengkak.
  • Sebaiknya jangan langsung menyikat gigi sehabis makan, tunggulah lebih kurang 1 jam agar kadar asam didalam mulut normal kembali.
  • Segeralah mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat, agar sakit gigi dan gusi bengkak tidak bertambah parah dan bakteri menyebar ke organ penting lainnya.

Makanan yang Dilarang Saat Sakit Gigi dan Gusi bengkak yang telah kita bahas diatas semoga dapat menambah wawasan dan membantu anda mengatasi masalah sakit gigi dan gusi bengkak. Demikianlah artikel singakat ini kami sajikan, nantikanlah artikel – artikel informatif kami lainnya, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini