11 Makanan Yang Memutihkan Gigi Secara Alami

Makanan yang memutihkan gigi bisa anda ketahui dengan mudah jika anda mau mempelajari kandungan-kandungan zat yang ada di dalamnya. Untuk menjaga kondisi putih pada gigi anda maka diperlukan perhatian khusus mengenai makanan ataupun minuman yang anda konsumsi setiap hari sehingga bisa meminimalisir perubahan warna yang terjadi pada gigi anda. (baca juga : jenis bahan tambal gigi)

Baca juga :

Makanan Yang Memutihkan Gigi

makanan-yang-memutihkan-gigiSetiap orang pada umumnya sangat mendambakan kondisi gigi mereka terlihat putih di setiap kesempatan sehingga ketika tersenyum akan terlihat lebih menarik dan juga menawan serta dapat menambah tingkat percaya diri pada saat melakukan aktivitas sehari-hari. (baca juga : cara mengatasi gigi ngilu)

Makanan yang anda makan tentunya sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik gigi khususnya pada warna yang ada. Untuk menjaga warna gigi anda agar tetap putih, maka diperlukan makanan khusus yang bisa anda konsumsi sehingga warna putih pada gigi bisa tetap normal kembali. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai makanan yang memutihkan gigi. Yuk kita simak bersama-sama! (baca juga : cara mengatasi gigi goyang)

1. Buah Strawberry

Strawberry merupakan buah-buahan yang hidup di dataran tinggi dan seringkali digunakan sebagai bahan baku pembuatan selai ataupun dipakai sebagai hiasan pada saat membuat kue sehingga terlihat lebih menarik dan menggugah selera. (baca

Strawberry terdapat kandungan zat di dalamnya yakni zat asam malat. Zat asam malat merupakan salah satu enzim yang penting. Zat asam malat ini sangat berpengaruh pada kondisi fisik gigi anda, karena ia bisa dimanfaatkan untuk melakukan proses penghilangan noda-noda yang ada.

2. Teh Hijau

Teh hijau sudah populer karena adanya kandungan zat yang memang sudah tidak diragukan lagi memiliki peran yang sangat baik untuk tubuh kita. Zat yang terkandung di dalamnya bernama polyphenol.

Polyphenol ternyata juga sangat baik digunakan dan dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Selain itu juga sangat efektif untuk melakukan perlawanan terhadap bakteri-bakteri yang berkeliaran di dalam mulut serta dapat memicu adanya peningkatan fluoride.

3. Keju

Keju merupakan bahan makanan yang dihasilkan dari produk bioteknologi dan populer karena rasanya yang khas dan lezat untuk bahan tambahan roti atau pun kue. Keju ternyata menyimpan manfaat yang belum banyak orang mengetahuinya.

Zat yang terdapat di dalam bahan makanan yang bernama keju ini bisa dimanfaatkan untuk membantu dalam upaya melakukan proses pemutihan pada gigi anda. Hal ini bisa terjadi karena efek setelah memakan keju akan memicu peningkatan terhadap kadar pH di dalam mulut.

4. Kacang-Kacangan Dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan mempunyai banyak jenis yang bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Sisi lain dari kacang-kacangan ternyata mempunyai manfaat terhadap gigi, khususnya untuk menjaga gigi agar tetap putih.

Kacang-kacangan terkenal mempunyai tekstur fisik yang cukup kasar. Nah tekstur kasar inilah yang berperan memutihkan gigi. Saat anda memakan kacang-kacangan dan mengunyahnya, ternyata gerakan mengunyah ini secara otomatis akan menghilangkan noda karena akibat dari gesekan kacang-kacangan dengan gigi.

5. Apel

Makanan yang memutihkan gigi kali ini adalah buah apel. Apel merupakan buah yang bertekstur agak kasar, namun mempunyai cukup banyak kandungan air. Nah tektur kasar yang dimiliki apel inilah yang mampu membersihkan gigi pada saat terjadi pencernaan makanan di mulut sehingga kondisi gigi bisa tetap bersih dan tampak putih.

Selain itu kandungan air yang terdapat pada apel, bisa merangsang munculnya air liur sehingga kadar air liur yang ada di dalam mulut dapat terpenuhi. Air liur sangat penting keberadaanya guna melawan bakteri di dalam mulut yang nantinya dapat menyebabkan timbulnya plak pada gigi.

6. Cokelat Hitam

Jika cokelat pada umumnya terkenal dengan rasa manis yang enak, lezat dan tidak baik untuk kondisi kesehatan gigi. Namun cokelat yang satu ini justru ternyata sangat baik dalam membantu menjaga kondisi putihnya gigi.

Cokelat hitam mempunyai kandungan zat di dalamnya yang memang bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Zat ini bernama theobromine yang sudah terbukti bisa membantu memperkuat bagian permukaan pada enamel gigi.

Dengan begitu semua makanan yang masuk ke dalam mulut tidak akan mudah merubah warna pada gigi anda karena kondisi permukaan enamel gigi terlindungi oleh zat theobromine. Nah saya hanya sekedar mengingatkan saja, cokelat yang saya maksud bukan cokelat yang mengandung susu, melainkan cokelat hitam.

7. Seledri

Dalam kehidupan sehari-hari kita kenal seledri hanya digunakan sebagai bahan makanan tambahan seperti halnya pada sayur sop. Nah tanpa kita sadari ternyata seledri menyimpan manfaat lain yang baik digunakan untuk membantu memutihkan gigi.

Seledri terdapat kandungan kalori yang sangat rendah di dalamnya. Hal inilah yang bisa mendukung proses pemutihan pada gigi. Zat selulosa yang mempunyai serat bisa dijadikan sebagai sikat gigi ampuh dan alami pada saat terjadi pencernaan di dalam mulut untuk membersihkan gigi.

8. Wortel

Wortel sangat populer di kalangan masyarakat karena kandungan vitamin A yang terdapat di dalamnya yang sangat baik untuk kondisi kesehatan pada mata. Selain itu wortel juga bisa digunakan membantu dalam rangka memutihkan dan membersihkan bagian gigi.

Wortel akan membuat bagian enamel gigi menjadi lebih kuat sehingga makanan yang kita makan tidak akan mempengaruhi perubahan warna pada gigi. Kemudian kandungan air yang cukup banyak pada wortel akan merangsang timbulnya air liur yang selanjutnya akan membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan juga gusi.

9. Nanas

Nanas adalah buah-buahan yang rasanya sedikit asam dan terdapat kandungan vitamin C di dalamnya sehingga sangat baik untuk menjaga sistem imun pada tubuh kita. Selain vitamin C, ternyata hasil penelitian menemukan terdapat kandungan enzim yang bernama bromelain.

Bromelain merupakan enzim yang berperan dalam proses pemecahan pada protein. Plak yang terdapat pada gigi ternyata juga mengandung protein. Nah, disinilah enzim bromelain bekerja memecah protein dan pada akhirnya plak akan mudah terangkat sehingga bisa digunakan untuk menjaga kondisi putih pada gigi.

10. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang biasanya digunakan sebagai bahan tambahan dalam membuat sayur sop. Brokoli sendiri kaya akan kandungan zat besi yang sangat baik terhadap bagian gigi khususnya untuk membantu memutihkan bagian permukaan gigi.

Brokoli bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan masih mentah. Zat besi yang terdapat dalam brokoli akan bekerja dalam memberikan perlindungan terhadap gigi untuk memerangi asam enamel yang diproduksi oleh bakteri.

11. Pear

Pear merupakan buah yang di dalamnya terdapat kandungan air yang cukup banyak yang bisa digunakan atau dimanfaatkan untuk memicu adanya produksi air liur sehingga bisa digunakan untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di bagian gigi dan bagian gusi.

Selain itu pear juga sangat ampuh digunakan untuk melakukan penetralan terhadap warna-warna yang dihasilkan oleh bakteri yang bisa merubah warna pada bagian gigi. Pada akhirnya kondisi bersih dan juga putih pada gigi tetap bisa terjaga dengan baik dan tentunya stabil.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa penjelasan mengenai makanan yang memutihkan gigi di atas yang sudah saya jelaskan secara detail dan juga rinci mungkin dapat anda jadikan sebagai bahan referensi anda dalam upaya proses melakukan perawatan untuk mendapatkan kondisi gigi yang lebih bersih dan tentunya putih. Sampai disini dulu artikel kali ini yang membahas mengenai makanan yang memutihkan gigi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.