22 Makanan yang Menguatkan Gigi dan Gusi

Makanan yang Menguatkan Gigi, hak yang sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi dengan menanamkan kebersihan sejak dini, jika kita sudah menerapkan kebersihan sejak dini maka dijamin gigi anda akan sehat sampai anda tua nanti. Kesehatan gigi sangat penting bagi kita semua karena gigi memiliki peran yang aktif dalam aktivitas kita sehari – hari.

Jika anda tidak ingin menyesal di hari tua nanti maka anda juga harus memperhatikan kesehatan gigi anda. Dengan adanya gigi yang sehat juga akan membuat anda terhindar dari segala macam penyakit yang ada. Jika gigi anda sudah mulai ada masalah maka segeralah datang ke dokter untuk konsultasi.

Terkadang gigi juga bisa mengalami perubahan karena bertambahnya umur yang semakin tua sehingga kepadatan tulang anda juga semakin menurun. Pada umum nya semua orang pasti mengalami osteoporosis atau tulang rapuh. Terkadang ada juga yang mengalami osteoarthitis atau yang sering di sebut dengan flu tulang. Konsumsilah kalsium dan juga vitamin D karena kalsium dan vitamin D sangat berperan penting bagi pertumbuhan, kesehatan, dan juga kekuatan tulang dan gigi.

Asupan kalsium yang anda konsumsi memiliki fungsi yang sangat bagus bagi tubuh anda yaitu untuk mendukung struktur tulang dan juga gigi anda. Sedangkan vitamin yang anda konsumsi juga memiliki fungsi tersendiri yaitu untuk mengoptimalkan dalam penyerapan kalsium di dalam tubuh anda. Berikut ini akan di jelaskan beberapa makanan yang menguatkan gigi sehingga anda bisa mengkonsumsi makanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.

Makanan yang Menguatkan Gigi

1. Bayam

BAYAMJika anda sering mengkonsumsi bayam maka anda termasuk orang yang beruntung karena perlu anda ketahui bahwa bayam yang anda masak memiliki asupan sekitar 25%. Jika di lihat dari kebutuhan kalsium harian orang dewasa, bayam ini sudah memenuhi dimana bayam juga memiliki kandungan yang lain nya juga seperti serat, zat besi dan juga vitamin A.

Dalam mengkonsumsi bayam juga tidak di sarankan terlalu banyak, karena jika anda terlalu banyak mengkonsumsi nya dalam keseharian anda maka asupan anda berlebihan. Asupan yang berlebihan tidak akan memberikan anda semakin sehat tetapi akan menimbulkan berbagai penyakit baru yang anda harus mengobatinya juga dengan cara yang maksimal.

Dalam memenuhi kesehatan gigi anda maka konsumsilah dengan sewajarnya dan selain anda makan makanan yang menguatkan gigi anda, anda juga wajib menjaga kebersihan gigi anda dengan cara membersihkan gigi secara teratur.

2. Sawi

SAWISudah di jelaskan di atas bahwa bayam memiliki banyak fungsi yang akan memenuhi kebutuhan tubuh anda, sehingga sawi hijau ini juga merupakan salah satu sayuran yang juga memiliki kalsium yang sangat tinggi.

Jika anda mengkonsumsi sawi dalam keseharian anda yang sudah anda masak maka anda juga sudah memiliki 25% kalsium yang juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Anda bisa mengkonsumsi sawi ini sebagai sayur yang akan anda makan bersamaan dengan makanan pokok dan lauk pauk yang anda sukai lainnya.

Apabila anda sudah selesai mengkonsumsi sawi, untuk menjaga kekuatan gigi anda maka segeralah menyikat gigi anda agar sisa sisa makanan yang ada dalam mulut anda bisa bersih dan tidak menimbulkan kuman yang akan membuat gigi anda rusak dan menimbulkan masalah baru. Gigi yang kuat dan sehat juga tergantung dari kita dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut kita.

3. Keju

KEJUKeju yang memiliki rasa asin ini ternyata juga memiliki kalsium sama halnya dengan bayam dan sawi hijau yang telah di jelaskan di atas. Akan tetapi jika anda ingin mengkonsumsi keju jangan terlalu berlebihan tetapi anda bisa mengkonsumsi dengan secukupnya saja. Jika anda mengkonsumsi sekitar 1,5 ons dari keju cheddar maka anda sudah bisa memenuhi kalsium harian yang di butuhkan oleh tubuh anda sebanyak 30%.

Keju merupakan pilihan makanan yang menguatkan gigi dan sangat tepat, karena sudah jelas bahwa keju akan membuat gigi anda kuat dan juga sehat. Dimana keju sendiri juga memiliki kandungan kasein, kandungan kasein ini yang akan membantu untuk menguatkan permukaan gigi anda, selain itu gigi juga akan membantu mencegah pembusukan dalam gigi anda. Akan tetapi perlu anda ketahui juga bahwa jika anda terlalu banyak mengkonsumsi keju juga sangat tidak baik, maka konsumsi keju dengan cara yang sewajar nya saja.

4. Kacang Kacangan

KACANG KACANGANKacang kacangan yang memiliki kandungan nutrisi dan juga sangat penting bagi kesehatan anda. Kesehatan gigi juga berasal dari kesehatan tulang gigi. Jika tulang gigi sehat maka gigi anda juga akan ikut sehat. Sehingga jika anda ingin memiliki gigi dan tulang gigi yang sehat maka anda bisa mengkonsumsi kacang kacangan seperti :

  • Kacang Almond
  • Pistachios
  • Biji Bunga Matahari

Jika anda mengkonsumsi kacang almond maka kacang almond ini akan berperan penting untuk melindungi tubuh anda dari kekurangan kalsium. Tetapi perlu anda ketahui juga bahwa kacang almond ini juga merupakan salah satu Makanan yang Dapat Merusak Gigi. Sehingga anda juga perlu hati hati dalam mengkonsumsi nya dimana kacang almond ini memiliki tekstur yang keras sehingga jika anda tidak hati hati maka akan membuat gigi anda berlubang.

Jika gigi anda sudah berlubang maka mau tidak mau anda harus melakukan penambalan gigi. Jenis Bahan Tambal Gigi yang bisa anda konsultasikan kepada dokter gigi anda untuk mendapatkan pilihan yang tepat. Kacang almond juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh anda.

5. Telur

TELURSudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, karena hampir setiap rumah memiliki persediaan bahan masakan ini selain itu telur memiliki harga yang murah dan juga mudah di dapatkan. Tetapi perlu anda ketahui juga bahwa kandungan yang di miliki oleh telur hanya bisa memenuhi asupan sekitar 5-6% saja bagi tubuh anda, selain itu juga bisa memenuhi vitamin D yang anda butuhkan dalam keseharian anda.

Anda bisa mendapatkan Vitamin D yaitu  dari kuning telur yang anda konsumsinya, tetapi banyak orang yang tidak suka dengan kuning telur dan mereka orang hanya memakan putih telur nya saja. Padahal anda juga harus tahu bahwa mengkonsumsi telur harus seimbang yaitu dengan makan kuning dan putih telur, anda tidak di sarankan untuk mengkonsumsi putih telur nya saja atau bahkan kuning telur nya saja. Jika anda hanya mengkonsumsi salah satu di antara telur maka anda akan kekurangan asupan kalori yang dibutuhkan dalam tubuh anda di setiap harinya.

6. Wortel

WORTELWortel sangat bagus untuk kesehatan gigi anda, selain itu wortel juga akan menjaga kesehatan mata anda. Karena wortel yang di sayur memiliki kandungan beta karoten alfa kriptosantin yang sangat bagus bagi kesehatan tulang gigi anda. Selain bagus untuk tulang gigi anda maka wortel juga memiliki beraneka ragam manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh anda, salah satu nya juga yang telah di sebutkan di atas yaitu untuk kesehatan mata anda.

Wortel sangat mudah anda dapatkan dan juga memiliki harga yang sangat terjangkau. Anda bisa mengkonsumsi nya wortel dalam keadaan mentah juga tetapi jangan lupa di bersihkan terlebih dahulu atau dengan di cuci. Wortel juga bisa anda gunakan sebagai salad yang akan menemani makan anda, atau anda bisa meminum nya juga dengan cara di jus dan bisa anda tambahkan susu agar lebih nikmat.

7. Ceker Ayam

CEKER AYAMBanyak beberapa orang mengatakan bahwa ceker tidak bagus dan tidak baik untuk para wanita tetapi di balik ketidak baikannya ceker untuk wanita, sebenarnya ceker juga di butuhkan untuk semua orang. Ceker di butuhkan tidak hanya untuk lelaki saja tetapi wanita juga membutuhkan untuk di konsumsi nya.

Manfaat ceker yaitu untuk menambah kekuatan fungsi tulang gigi anda. Dimana ceker juga memiliki kandungan yang beraneka ragam dan juga sangat berfungsi bagi tubuh anda, kandungan yang ada di dalam ceker yaitu :

  • Hidroksiapatit
  • Kalsium
  • Kolagen

Ceker yang sangat mudah untuk di dapatkan dan juga memiliki harga yang sangat terjangkau. Ceker yang sering kita jumpai dalam sayur soup dan juga dalam gorengan. Dengan harga yang terjangkau tetapi juga memiliki manfaat yang luar biasa. Tetapi perlu anda ketahui juga dalam mengkonsumsi makanan anda tidak di sarankan untuk mengkonsumsi yang berlebihan, sehingga anda juga perlu hati – hati karena jika di konsumsi secara berlebihan juga sangat tidak bagus.

8. Sarden

SARDENSarden yang sangat mudah di dapat kan , yaitu di toko – toko pasti banyak yang menjualnya. Dan cara penyajian serta memasak nya juga sangat mudah.

Sarden sering di konsumsi oleh anak anak kost kost an yang tidak ingin ribet dan bisa di masak dengan cara yang sangat simple sekali. Sarden memiliki kemasan yang beraneka ragam dan juga memiliki pilihan rasa yang bermacam macam pula sehingga membantu anda untuk menentukan menu harian anda.

Ikan sarden yang ada di dalam kemasan kaleng ini pada umumnya sudah dikemas dengan rapi sehingga ikan yang ada di dalam kaleng tetap terjaga dengan rapi. Ikan sarden ini memiliki beberapa kandungan seperti kalsium dan juga Vitamin D yang sangat mencukupi kebutuhan tubuh anda.

9. Jus Jeruk

JUS JERUKJus jeruk yang bisa anda buat sendiri di rumah atau juga bisa anda langsung membeli karena lebih praktis. Bahwa dalam satu gelas jus jeruk yang masih segar, dengan cara di peras memiliki vitamin yang berbeda jika di samakan dengan beberapa makanan yang telah di jelaskan si atas. Bahwa jeruk sebenarnya tidak memiliki vitamin D. Tetapi dalam penelitian nya bahwa jeruk memiliki kandungan asam askorbat yang juga memiliki fungsi untuk mengoptimalkan penyerapan yang ada di dalam tubuh anda.

Sehingga jika anda mengkonsumsi jus jeruk sebenarnya sangat bagus untuk kesehatan anda, jus jeruk yang anda konsumsi dengan cukup dan anda juga mengkonsumsi makanan yang cukup juga seperti makanan yang mengandung Vitamin D. Nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita yaitu vitamin C, dimana vitamin C ini bisa anda dapatkan dari Jus jeruk dan anda bisa mendapatkan beberapa jenis vitamin dan juga mineral yang akan membuat tubuh anda selalu sehat dan kebutuhannya terpenuhi.

10. Sayuran

SAYURANSayuran yang berwarna hijau juga sangat bagus dan memiliki sumber kalsium yang di butuhkan oleh tubuh anda, seperti halnya brokoli, sawi hijau seperti yang telah di jelaskan di atas, lobak hijau dan lainnya. Asupan sayur yang anda konsumsi akan sangat membantu tubuh anda untuk memperkuat tulang termasuk tulang gigi anda dan akan mempromosikan pertumbuhan dari tulang anda serta akan mencegah hilangnya kalsium dari dalam tubuh anda.

Fungsi lain dari sayuran yang anda konsumsi adalah :

  • Sterol atau Hormon Steroid yang akan di konversi ke hormin
  • Kalsiferor yang berfungsi untuk mengoptimalkan dalam penyerapan kalsium

Selain itu sayuran yang berwarna hijau seperti sledri sangat bermanfaat untuk kesehatan mulut anda, kesehatan mulut juga sangat berpengaruh dengan kesehatan gigi. Sledri yang akan menjaga mulut anda dari bakteri yang ada, sehingga sledri sangat dikenal dengan bagusnya yang bisa untuk menjaga kesehatan gigi anda. Pada saat anda memakan sledri maka membantu dalam memproduksi air liur hingga optimal, yang memiliki kegunaan untuk mencegah produksi plakat.

11. Apel

APELDari sebagian orang mungkin ada yang suka dengan apel dan ada juga yang tidak suka dengan apel karena apel sedikit keras sehingga butuh tenaga juga untuk mengunyah apel.

Ada juga yang beranggapan bahwa apel adalah salah satu sikat gigi yang sangat alami, karena jika kita lihat bahwa apel memiliki beberapa manfaat yang akan membantu untuk merangsang gusi anda sehingga akan meningkatkan air liur yang ada di dalam mulut anda dan juga akan mencegah rongga mulut anda dari penumpukan yang kotor sehingga bisa membersihkan permukaan gigi anda.

Selain itu anda juga perlu tahu bahwa kandungan yang ada di dalam buah apel seperti vitamin dan mineral yang memiliki berbagai macam manfaat. Sehingga bagi anda yang suka mengkonsumsi apel ternyata sangat baik sekali. Dan perlu anda ketahui juga bahwa kulit apel ternyata juga memiliki fungsi lain untuk gigi anda yaitu mencegah kerusakan gigi anda, agar gigi anda tidak berlubang. Mengunyah apel yang langsung bersamaan dengan kulitnya akan membuat gigi anda menjadi lebih putih dan sehat.

12. Biji Wijen

BIJI WIJENBiji wijen merupakan makanan yang juga memiliki fungsi yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Dimana biji wijen memiliki banyak kalsium, kalsium yang ada pada wijen akan membantu menjaga kesehatan gigi anda agar gigi sehat dan tentunya gigi anda akan kuat. Selain menyehatkan dan menguatkan gigi, maka biji wijen ini yang akan melarutkan plak yang sudah terbentuk dan juga akan membangun enamel gigi anda.

Selain itu biji wijen juga akan menguatkan tulang termasuk tulang gigi anda. Akan tetapi anda tidak di haruskan mengkonsumsi biji wijen yang berlebihan, jika anda sudah selesai memakan biji wijen maka anda usahakan langsung berkumur atau menyikat gigi anda, karena jika anda tidak langsung membersihkan gigi anda malah akan menimbulkan masalah baru yaitu kuman dan kuman akan berkembang biak sehingga membuat gigi anda berlubang.

13. Sereal

SEREALSelain makanan yang telah di jelaskan di atas, ternyata sereal juga memiliki kandungan Vitamin D yang sangat bisa mencukupi kebutuhan vitamin dalam keseharian anda. Dimana jika anda mengkonsumsinya maka dalam satu hari tubuh anda sudah memiliki 25% Vitamin D.

Anda sangat mudah sekali mendapatkan sereal yang akan membantu anda untuk memenuhi asupan kebutuhan anda. Dengan adanya keseimbangan yang anda konsumsi dalam keseharian anda maka selain membuat gigi anda sehat, akan membuat tubuh anda sehat dan terhindar dari penyakit.

Akan tetapi selain mengkonsumsi makanan yang menguatkan gigi maka anda juga harus rajin dalam menjaga kebersihan gigi, karena gigi yang bersih juga sudah merupakan gigi yang kuat dan sehat.

14. Ikan Tongkol

IKAN TONGKOLIkan tongkol juga tidak sulit untuk di dapatkan, harga dari ikan tongkol juga lebih murah jika di bandingkan dengan ikan salmon yang telah di jelaskan di atas. Tetapi ikan tongkol ini juga memiliki vitamin D yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh anda. Dalam 3 ons ikan tongkol ini bisa memenuhi kurang lebih 40% vitamin D yang anda butuhkan dalam kehidupan sehari – hari.

Perlu di ingat dan di ketahui juga bahwa anda jangan terlalu banyak memakan makanan yang anda konsumsi, anda bisa mengkonsumsi secara wajar agar anda tidak mengalami kelebihan yang akan menimbulkan ketidak nyamanan dalam perut anda. Dan seperti biasa jika setelah selesai memakan makanan maka anda bisa langsung sikat gigi agar gigi anda bersih dan bebas dari kuman kuman gigi yang akan membuat masalah baru.

15. Yogurt

YOGURTYogurt juga sangat mudah sekali anda dapatkan, dan yogurt ini juga memiliki asupan vitamin D yang sangat bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh anda. Jika anda meminum satu cangkir yogurt yang bebas lemak maka kalsium anda akan terpenuhi setiap hari.

Yogurt jika anda konsumsi berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan gigi anda, sehingga anda dalam mengkonsumsi makanan yang menguatkan gigi anda, anda juga harus menakar konsumsinya. Jika anda terlalu memakan yang berlebihan maka yang awalnya ingin membuat gigi anda kuat tetapi malah membuat gigi anda bermasalah yang bisa keropos atau bisa juga berlubang.

Setiap makanan yang di konsumsi secara berlebihan juga tidak bagus untuk tubuh, malah akan membuat masalah baru yang juga dengan penanganan yang berbeda pula.

16. Ikan Salmon

IKAN SALMONIkan yang sering kita jumpai jika kita datang atau mengunjungi suatu supermarket, dimana ikan ini sangat segar dan sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi anda. Tetapi ikan ini sangat jarang di konsumsi karena harga yang lumayan mahal dan hanya bisa di dapatkan di supermarket besar saja, atau toko – toko khusus.

Jika anda mengkonsumsi ikan ini dengan sesuai kebutuhan anda maka akan membuat gigi anda kuat dan sehat, selain itu akan membuat kebutuhan keseharian anda bisa seimbang. Jangan ragu untuk mengkonsumsi ikan ini karena walaupun mahal, ikan ini memiliki manfaat yang beraneka ragam, dan sangat memenuhi kebutuhan vitamin tubuh anda.

Ikan salmon yang sudah sangat terkenal dan juga terkenal dengan kandungannya yang kaya akan adanya kandungan lemak yaitu omega 3 yang sangat cocok dan baik untuk kesehatan anda terutama untuk kesehatan jantung anda. Dimana jika di lihat bahwa dari sepotong ikan salmon saja yang memiliki berat sekitar 3 ons sudah bisa memenuhi asupan sebanyak 100% yang akan memenuhi kebutuhan vitamin D dalam keseharian anda.

Selain yang telah di jelaskan di atas maka di bawah ini juga ada beberapa makanan dan minuman yang bisa anda konsumsi untuk menguatkan gigi :

  1. Ragi
  2. Kacang Kedelai
  3. Air Putih
  4. Gandum
  5. Makanan Pelindung
  6. Susu

Berikut adalah paparan tentang makanan yang menguatkan gigi sehingga gigi anda akan selalu terawat dan tetap sehat kuat sampai tua nanti. Dengan memperhatikan beberapa makanan dan minuman yang anda konsumsi maka akan membuat hidup anda selalu sehat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semu, terima kasih.