15 Makanan Yang Menyehatkan Gigi Wajib Dikonsumsi

Makanan yang menyehatkan gigi tentunya sangat dibutuhkan oleh setiap orang guna menjaga gigi mereka agar bisa tetap dalam keadaan baik dan sehat. Untuk itu pada saat makan diperlukan seleksi terlebih dahulu mana makanan yang bisa menyehatkan gigi dan mana makanan yang memicu kerusakan pada gigi.

Baca juga :

Makanan Yang Menyehatkan Gigi

makanan-yang-menyehatkan-gigiDi sekitar kita banyak sekali jenis makanan yang bisa menggugah selera makan kita. Terlebih lagi di kota-kota besar, banyak sekali makanan yang ditawarkan dengan penyajian menarik dan sangat kreatif. Selain itu banyak juga bermunculan resep-resep baru yang membuat kita menjadi sangat dimanjakan pada saat kulineran dan tak sedikit munculah rasa bingung untuk memutuskan mau makan apa.

Namun ketika kita sedang dalam kondisi seperti itu, sangat jarang yang memikirkan efek makanan yang nantinya dimakan terhadap kondisi gigi. Sehingga seringkali setelahnya gigi menimbulkan rasa sakit tanpa tahu apa penyebabnya.

Nah, untuk itu sangat diperlukan dan penting kecakapan dalam menentukan pilihan makanan yang aman terhadap gigi anda, namun tetap enak, lezat, bernutrisi dan tentunya bergizi. Pada artikel kali ini akan membahasa mengenai makanan yang menyehatkan gigi. Yuk kita simak bersama-sama!

1. Makanan Mengandung Kalsium

Makanan Mengandung KalsiumZat yang bernama kalsium sudah banyak masyarakat yang tau bahwa keberadaannya sangatlah penting bagi tubuh kita. Kalsium sendiri mempunyai fungsi utama dalam upaya menjaga dan juga mempertahankan tingkat kepadatan pada bagian gigi dan bagian tulang.

Selanjutnya zat fosfor juga sangat baik bagi untuk menjaga kesehatan pada gigi. Kedua zat ini digunakan untuk proses remineralisasi. Definisi remineralisasi yakni suatu proses dimana lapisan mineral yang terdapat pada bagian gigi mulai menghilang karena pengaruh kadar keasaman yang terlalu tinggi dan selanjutkan digantikan oleh mineral baru dari makanan yang dimakan untuk menstabilkan kondisi tersebut.

Baca juga :

2. Makanan Mengandung Air

Makanan Mengandung AirMakanan yang banyak mengandung air ternyata sangat baik bagi kesehatan gigi kita. Dengan adanya kadar air yang cukup akan membuat kondisi air liur kita menjadi stabil. Air liur akan mencegah terjadinya proses pembusukan pada bagian gigi.

Hal ini bisa terjadi karena air liur tersebut secara langsung akan membawa sisa dari makanan yang telah kita makan sehingga tidak tertinggal di bagian gigi. Makanan yang banyak terdapat kandungan air berarti akan mengurangi kadar gula yang ada dan juga tingkat keasaman akan menjadi menurun.

Contoh makanan yang mengandung banyak air seperti halnya buahan-buahan dan juga sayuran yang masih dalam kondisi fresh. Nah dari buah-buahan dan sayuran segar inilah akan terjadi proses produksi air liur secara terus menerus, sehingga keberadaan air liur bisa tetap stabil

Baca juga :

3. Makanan Mengandung Vitamin C

Makanan Mengandung Vitamin CVitamin C selain baik untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh, ternyata sangat baik juga untuk menjaga kesehatan bagian gigi. Jika kita kekurangan vitamin C dalam tubuh, biasanya akan memicu timbulnya peradangan pada bagian gusi ataupun peradangan pada bagian gigi, proses pengeroposan serta lubang pada bagian gigi

Terjadinya lubang pada gigi juga bisa dipengaruhi oleh hal ini, proses pembentukan kolagen yang terdapat di dalam mulut akan menurun dan terus melambat seiring berjalannya waktu sehingga akan memicu timbulnya plak yang disebabkan oleh infeksi pada bagian gusi.

Makanan yang terdapat banyak kandungan vitamin C sebagian besar bersumber dari buah-buahan. Misalnya seperti jeruk, jambu biji, kiwi, nanas dan lain sebagainya. Disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan ini secara teratur, namun juga jangan berlebihan.

Baca juga :

4. Makanan Mengandung Vitamin B

Makanan Mengandung Vitamin BVitamin B merupakan salah satu vitamin yang juga tergolong baik untuk menjaga kesehatan gigi secara umum. Vitamin B banyak ditemukan pada sayur-sayuran segar seperti halnya selada, kubis, bayam, dan lain sebagainya.

Efek jika terjadi kekurangan vitamin B biasanya terjadinya gangguan seperti peradangan yang ada pada bagian gusi dan bagian gigi. Kemudian memicu timbulnya lubang pada gigi karena menurunnya proses pembentukan suatu kolagen yang terdapat di dalam mulut sehingga munculah plak yang disebabkan karena adanya infeksi ataupun luka pada bagian gusi dan bagian gigi.

Baca juga :

5. Makanan Mengandung Zat Antioksidan

Makanan Mengandung Zat AntioksidanMakanan yang menyehatkan gigi adalah yang kaya akan zat antioksidan. Zat antioksidan sangat baik bagi tubuh karena dapat mencegah gangguan yang diakibatkan oleh radiasi ataupun sinar ultraviolet. Selain itu bisa juga berperan dalam menjaga kesehatan pada bagian gigi dan bagian gusi.

Selanjutnya radikal bebas yang berada pada bagian mulut, gusi dan gigi akan bisa terangkat sehingga mengurangi timbulnya gangguan yang mungkin bisa terjadi. Makanan yang kaya akan zat antioksidan kebanyakan berasal dari buah-buahan seperti anggur, strawberry, dan buah berry lainnya.

Baca juga :

6. Makanan Yang Pembuatan Menggunakan Campuran Yogurt

Yogurt merupakan minuman hasil karya bioteknologi yang sangat baik bagi tubuh kita seperti halnya membantu menjaga kondisi kesehatan pada bagian gusi dan bagian gigi. Yogurt mempunyai kandungan gula yang sangat rendah sehingga bisa dimanfaatkan dalam menetralisir kadar keasaman yang ada dan memicu munculnya pH yang alami di dalam bagian mulut kita.

7. Makanan Berbahan Dasar Jamur Shitake

Jamur shitake yang berasal dari negeri matahari terbit ternyata sangat baik digunakan untuk menjaga kondisi kesehatan pada bagian mulut, gusi dan juga gigi. Jamur shitake akan membantu mencegah, menghambat, dan menurunkan perkembangbiakan bakteri yang ada pada bagian mulut.

Hal ini bisa terjadi karena kandungan zat lenthionine yang ada di dalam jamur shitake. Dengan berkurangnya bakteri tersebut maka plak-plak akan menjadi berkurang sehingga lubang yang ada pada gigi bisa ditekan dan diminimalisir.

8. Makanan Yang Mengandung Wijen

Wijen adalah bahan makanan tambahan yang selain bisa menciptakan tekstur unik, ternyata bisa juga dimanfaatkan dalam upaya membantu menjaga kondisi kesehatan bagian gusi dan bagian gigi. Di masyarakat pada umumnya, wijen seringkali dibuat menjadi minyak karena pemakaiannya menjadi lebih efektif dan tentunya efisien.

Wijen terbukti bisa digunakan untuk menekan pertumbuhan dan perkembangan bakteri karena memang nyatanya wijen sendiri mengandung zat-zat antibakteri. Dengan adanya zat antibakteri tersebut, jika anda mengonsumsi wijen maka bakteri di dalam mulut anda bisa berkurang. Disarankan menggunakan wijen untuk berkumur agar lebih maksimal memperoleh hasilnya.

9. Makanan Berbahan Dasar Lobak

Lobak merupakan sayuran yang terdapat zat antibakteri di dalamnya. Zat tersebutlah yang bisa membantu menjaga kondisi kesehatan pada bagian gusi dan bagian gigi. Lobak mampu menekan pertumbuhan dan perkembangan bakteri yang ada di dalam mulut, sehingga akan mengurangi timbulnya plak yang lama kelamaan jika dibiarkan terjadi akan mengakibatkan proses pengeroposan serta memicu munculnya lubang pada gigi.

10. Makanan Yang Berbahan Dasar Susu

Susu terdapat kandungan kalsium di dalamnya yang tentunya akan membantu dalam upaya menjaga kesehatan pada bagian gigi. Selain iu juga terdapat kandungan vitamin D yang membantu memaksimalkan penyerapan terhadap kalsium sehingga kalsium dapat berperan dengan baik bagi gigi.

11. Makanan Yang Berbahan Dasar Keju

Keju merupakan bahan makanan hasil dari bioteknologi yang mempunyai kandungan fosfor dan juga kalsium yang tentunya sangat berguna dalam upaya membantu menjaga dan mempertahankan kondisi kesehatan pada gigi.

12. Kacang-Kacangan

Kacang-kacanagan pada umumnya mempunyai kandungan kalsium, fosfor, vitamin D yang bisa membantu merangsang ketersediaan air liur di dalam mulut sehingga bisa menjaga kondisi kesehatan pada gigi.

13. Makanan Yang Berbahan Dasar Cokelat Hitam

Cokelat pada umumnya memicu kerusakan pada gigi, namun cokelat hitam yang satu ini justru bisa membantu menjaga kesehatan pada gigi. Hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan zat yang bernama tanin di dalam cokelat hitam yang mampu menekan terjadinya peradangan pada gusi serta proses pengeroposan pada gigi.

14. Permen Karet

Permen karet ternyata bisa digunakan untuk memperkuat gigi dan rahang karena akibat dari aktivitas pengunyahan. Proses ini akan membersihkan bakteri-bakteri yang menempel pada gigi sehingga gigi menjadi lebih bersih dan sehat.

15. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Air putih merupakan komponen penting dalam tubuh kita yang banyak mempunyai manfaat. Salah satunya adalah untuk menjaga kondisi kesehatan pada bagian gigi. Dengan banyak mengkonsumsi air putih, maka bakteri yang ada dalam mulut dari sisa-sisa makanan akan ikut larut bersama air.

Dapat diambil kesimpulan bahwa makanan yang menyehatkan gigi yang sudah dijelaskan di atas bisa anda jadikan sebagai referensi dalam rangka untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda secara umum sehingga bisa dengan mudah menjaga kesehatan gigi anda sendiri ataupun keluarga tercinta. Sampai disini dulu artikel kali ini yang membahas mengenai makanan yang menyehatkan gigi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.