Sponsors Link

Makanan yang Merusak Gigi, Apa Sajakah?

Sponsors Link

Ada beberapa makanan yang ternyata dapat merusak gigi. Diantaranya ialah :

ads

1.Es Krim

Minuman beku ini dapat merusak gusi, terutama gusi yang sudah rentan. Secara umum, kandungan gula di dalam kebanyakan makanan manis, mulai dari biskuit hingga minuman soda, berakhibat buruk bagi gusimu, karena gula akan mengikat gusi dan memicu pelepasan asam yang akan mengikisnya.

Terlebih lagi, es krim yang dingin dapat mengiritasi gusi yang sudah mulai terkikis, membuat akarnya terpapar sensasi panas dan dingin. Bukan berarti kamu tidak boleh makan yang manis-manis.

Cukup batasi makan yang manis-manis, lalu gosok gigimu setelah kamu melahap es krim. Selain itu, solusi lainnya adalah berkumur dua kali sehari dengan mouthwash untuk menetralkan keasaman makananmu. tips nyaman nikmati es krim bagi penderita gigi sensitif bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Soda

Minuman soda mengandung gula yang sangat tinggi, yang sudah dikenal sebagai penyebab sakit gigi berlubang. Selain itu, sifat sodanya dapat membuat mulut kering. Kondisi mulut kering adalah ladang bagi bakteri jahat untuk semakin melancarkan aksinya merusak gigi.

Soda seperti kola dan minuman berwarna gelap lainnya lainnya juga dapat merusak warna asli gigi. Efeknya, gigi akan terlihat lebih gelap dan kusam. Menyikat gigi setelah minum soda justru bisa mempercepat pembusukan. Ada baiknya untuk berkumur dan minum banyak air putih untuk membuang sisa-sisa minuman yang masih menempel di gigi.

3. Es batu

Banyak orang yang hobi mengunyah es batu sembari menghabiskan minuman dinginnya. Namun, kebiasaan ini buruk bagi kesehatan mulut dan gigi.

American Dental Association menyatakan bahwa mengunyah es bisa merusak email gigi sehingga gigi jadi lebih sensitif dan rentan patah atau retak. Memaksa mengunyah es batu yang keras juga bisa membuat gigi lama-lama longgar dan rentan copot.

4. Roti

Roti putih, atau makanan lain kaya zat tepung yang dibuat dari tepung putih, bukanlah sahabat bagi gusi. Mungkin kamu tak akan menyangka kalau roti, cracker dan keripik kentang dapat merusak gusi yang sehat, sama seperti permen.

Zat tepung adalah karbohidrat sederhana yang menggantung di sekitar mulut dan larut ke dalam jenis gula sederhana sebagai tempat berkembangnya kuman mulut, yaitu jenis kuman penghasil asam yang akan merusak gigi.

5. Minuman Olahraga

Selain kandungan gulanya yang tinggi, minuman olahraga juga dapat mengikis gusi dan membuat gigi rusak karena kandungan asamnya juga tinggi. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa asam dalam minuman olahraga akan menyerang gusi dan gigi, jika diminum selama lima hari berturut-turut.

Jika kamu atau anakmu meminum minuman olahraga setelah berolahraga, bacalah zat gula yang ditambahkan pada label kemasannya, atau ganti saja dengan air putih.

6. Buah Kering

Meski namanya buah, tetapi buah kering tetap berbeda dengan buah segar. Kismis, aprikot, plum, sultana, dan buah lainnya yang dikeringkan memiliki tekstur yang sangat manis dan cenderung lengket. Tidak menutup kemungkinan buah tersebut bisa terjebak di sela-sela gigi dan menjadi makanan empuk bagi bakteri.

plak pada gigi yang menumpuk lama-lama dapat membuat sakit gigi bahkan gigi berlubang. Pastikan berkumur dengan air atau minum banyak air putih setelah makan buah kering apapun. Setelahnya, sikat gigi dan bersihkan dengan dental floss untuk memastikan tidak ada lagi sisa buah yang tersangkut di celah gigi.

Sponsors Link

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai makanan yang merusak gigi. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan