4 Manfaat Cabut Gigi Geraham yang Jarang Diketahui

Gigi merupakan salah satu organ pencernaan pada manusia yang berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi lembut sehingga mudah dilakukan proses pencernaan oleh organ-organ pencernaan yang lainnya. Berdasarkan fungsinya gigi terbagi menjadi 3 yaitu, gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Gigi seri berfungsi untuk memotong makanan. Gigi taring berfungsi untuk menyobek makanan sedangkan gigi geraham berfungsi untuk mengunyah makanan. Pada manusia, gigi untuk orang dewasa dan anak-anak memiliki perbedaan jumlah. Gigi orang dewasa berjumlah sekitar  32 buah gigi sedangkan anak-anak memiliki jumlah gigi sekitar 20 buah. Perbedaan jumlah gigi ini terjadi karena saat gigi sudah dewasa artinya, gigi tidak akan mengalami perubahan bentuk dan pembentuk gigi.

Saat gigi dewasa, gigi geraham baru akan tumbuh, yaitu gigi geraham yang posisinya paling belakang. Tapi tahukah kamu gigi geraham yang baru tumbuh ini biasanya tidak tumbuh dengan baik ? Apalagi kalau pertumbuhan gigi geraham tidak ditangani dengan baik. Bisa-bisa gigi geraham baru Anda perlu dilakukan tindakan pencabutan gigi. Cabut gigi biasanya kita lakukan terutama saat kondisi gigi kita sedang goyang maupun bentuk gigi yang rusak. Cabut gigi juga merupakan salah satu tindakan yang sering dilakukan di dunia kesehatan gigi.

Tindakan cabut gigi geraham juga perlu dilakukan jika bentuk gigi geraham miring sehingga menganggu gigi geraham yang disebelahnya. Selain pertumbuhan yang miring, gigi geraham yang baru tumbuh di bagian belakang biasanya juga tidak rapi dan bagus seperti gigi geraham yang lainnya. Berikut ini halogigi akan menjelaskan beberapa manfaat cabut gigi geraham.

1. Mencegah Kerusakan Gigi

Pertumbuhan gigi geraham di bagian belakang juga biasanya disebut sebagai gigi bungsu. Gigi bungsu ini akan tumbuh saat anda mencapai sekitar 17 tahun sampai  25 tahun. Kebanyakan pertumbuhan gigi geraham baru tidak selalu bagus seperti gigi geraham yang tumbuh saat gigi susu. Tak jarang gigi geraham yang tidak tumbuh sempurna, menyebabkan sisa makanan menumpuk dan sulit dihilangkan meski sudah mengetahui pentingnya mengosok gigi 2 kali sehari maupun kumur dengan obat kumur yang disarankan pakar kesehatan gigi. Jika tidak ditangani dengan baik, maka gigi geraham baru akan mudah mengalami plak maupun timbulnya warna gigi hitam.

Dengan demikian gigi geraham terakhir akan mengalami kerusakan gigi. Kerusakan gigi geraham terakhir yang sudah parah, tidak akan bisa dilakukan dengan tindakan pencegahan lainnya. Biasanya dokter gigi menganjurkan untuk melakukan tindakan pencabutan gigi geraham. Tindakan pencabutan gigi geraham terakhir dilakukan sebagai jalan terakhir untuk mecegah kerusakan gigi lebih lanjut.

2. Melindungi Gigi yang Lain

Gigi geraham akan tumbuh saat gigi sudah dewasa. Pertumbuhan pada gigi geraham terjadi pada bagian gigi geraham belakang. Mengapa gigi geraham baru tumbuh saat gigi sudah dewasa ? Kenapa tidak tumbuh saat gigi  masih menjadi gigi susu saja ?. Saat gigi susu mengalami pertumbuhan, gigi geraham baru di bagian belakang tidak memiliki ruang untuk tumbuh.

Ruang tumbuh yang kurang ini menyebabkan efek gigi geraham tumbuh akan mendorong atau mengenai gigi geraham yang ada disebelahnya. Pertumbuhan yang seperti ini akan menganggu pertumbuhan gigi geraham disebelahnya karena terjadi kontak antara keduanya bisa menyebabkan gigi geraham. Manfaat cabut gigi geraham  bisa menjadi alasan untuk melindungi gigi geraham yang ada disebelahnya, jika didukung dengan faktor pendukung cabut gigi geraham lainnya.

3. Mengurangi Rasa Nyeri Pada Gigi

Perumbuhan gigi geraham terakhir pada gigi dewasa biasanya sering menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri yang kita rasakan ini bisa menjadi penganggu dalam aktivitas  sehari-hari. Salah satunnya saat anda sedang berbicara, makanan dan minuman. Gigi nyeri juga merupakan tanda awal penyebab gigi rusak parah. Jika kerusahkan gigi geraham terakhir anda sudah tidak bisa ditangani, maka tindakan cabut gigi geraham bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada gigi maupun gusi anda. Dengan demikian, aktivitas sehari-hari anda tidak terganggu lagi. Perlu diperhatikan oleh Anda bahwa rasa nyeri yang masih bisa anda atasi, tidak harus dilakukan tindakan pencabutan gigi geraham terakhir.

4. Mecegah Infeksi Gigi

Pernahkah anda mendengar bahwa gigi bisa mengalami infeksi ? Salah satu penyakit yang disebabkan adanya infeksi pada gigi adalah perikoronitis. Penyakit perikoronitis adalah infeksi yang disebabkan pertumbuhan gigi geraham terakhir yang mengalami pembengkakan maupun gangguan lainnya. Pembengkakan ini bisa terjadi karena pertumbuhan maupun gangguan lain seperti penumpukan sisa makanan yang sulit dihilangkan sehingga menimbulkan plak pada bagian gigi geraham terakhir bagian dalam.

Perikoronitis jika tidak segera diobati makan akan terjadi penyebaran infeksi sehingga rahang gigi dan gusi tidak terjaga kesehatannya. Manfaat cabut gigi geraham yang terakhir adalah anda bisa mencegah terjadinya penyebaran infeksi penyebab penyakit perikotonitis. Setelah dilakukan pencabutan gigi geraham terakhir, Anda pun perlu melakukan perawatan setelahnya. Perawatan yang rutin ini tidak serta merta sebagai tindakan pasca pencabutan gigi saja melainkan membantu gigi anda yang lain agar tetap tumbuh dengan bersih dan sehat.

Jadi setelah Anda mengetahui berbagai manfaat saat melakukan cabut gigi geraham, anda pun bisa lebih yakin untuk mengambil keputusan dalam mencabut gigi geraham anda. Selamat Mencoba !!!