Sponsors Link

Manfaat Keju Untuk Gigi Dan Mulut

Sponsors Link

Makan keju untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi mungkin terdengar tidak mungkin sebab berita yang beredar mengatakan jika keju adalah mimpi buruk bagi kesehatan dan sering dijuluki sebagai makanan penyebab sakit gigi. Akan tetapi menurut sebuah penelitian yang dilakukan Academy of General Dentistry, mengkonsumsi keju bisa membantu memerangi gigi berlubang. Berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap tentang manfaat keju untuk gigi dan mulut yang penting untuk anda ketahui.

ads

Laporan yang dirilis dalam edisi Mei / Juni dari General Dentistry mengungkapkan beberapa manfaat keju untuk gigi dan mulut yang aneh.

Sains di Balik Penelitian

Sudah sejak lama diketahui jika keju dan makanan olahan susu lainnya memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan bagus untuk pembentukan tulang yang kuat dan sehat. Namun dalam penelitian terbaru yang melibatkan 68 peserta berusia 12 hingga 15 tahun menunjukkan menunjukkan jika keju juga memiliki efek yang signifikan untuk menurunkan keasaman pada mulut.

Tingkat keasaman yang tinggi dikategorikan sebagai pH 5.5 atau lebih rendah yang menjadi penyebab utama dari erosi enamel gigi dan perkembangan lanjutan dari gigi berlubang.

Studi yang dilakukan para peneliti di India melibatkan peserta yang dibagi menjadi tiga kelompok. Masing masing kelompok diberi keju cheddar, susu atau yogurt bebas gula dan para peserta diminta untuk mengkonsumsi makanan uji selama tiga menit sebelum berkumur dengan air. Tingkat pH mulut masing masing subjek kemudian diukur pada interval 10 menit.

Analisis Hasil

Hasil penelitian menunjukkan jika kelompok yang mengkonsumsi sampel susu dan yogurt tidak memiiliki perubahan nyata dalam tingkat pH. Sedangkan kelompok uji yang mengkonsumsi sampel keju memiliki pH yang lebih tinggi selama masing masing pengujian 10 menit. PH menjadi lebih basa yakni pH di atas 5.5 yang bisa menurunkan risiko erosi enamel dan jenis jenis penyakit gigi lainnya.

Pada awalnya, hasil tersebut dibuang sebab pengurangan keasaman diakreditasi untuk produksi air liur selama proses mengunyah yang diketahui bisa membantu mempertahankan tingkat keasaman dasar. Mengunyah sampel keju akan membuat mulut bisa mengeluarkan air liur yang tidak terjadi pada kelompok susu dan yogurt yang hanya menelan sampel tersebut. Akan tetapi jika ini benar, maka hanya mengunyah makanan apa pun akan menghasilkan hasil yang sama, namun ternyata tidak demikian.

Putusan Penelitian

Meski memang semua produk susu mengandung kalsium, vitamin D dan juga fosfat yang dihubungkan dengan peningkatan alkalinitas mulut, namun terbukti hanya keju yang mempunyai hasil nyata dan tahan lama. Hal ini disebabkan karena tekstur keju yang sedikit lengket sehingga lebih memungkinkan dengan mudah mengikat pada enamel gigi ketika dikunyah.

Namun sebelum anda memutuskan makan keju dalam jumlah banyak, anda juga harus memperhatikan jika keju juga mengandung fosfat tinggi yang tidak wajar dan bisa mengubah fungsi metabolisme tubuh anda sehingga kemampuan untuk mengatur kalsium, vitamin D dan mineral lainnya juga semakin berkurang. Selain itu, mengkonsumsi keju dalam jumlah berlebih juga bisa memberi tekanan pada ginjal dan mungkin juga bisa menyebabkan pengeroposan tulang.

Sponsors Link

Kelemahan keju lainnya yang harus anda ketahui adalah nilai lemak dan kalorinya yang sangat tinggi. Untuk keju cheddar khas 1 oz bisa mengandung lemak sebanyak 9.8 gram dan 116 kalori. Seperti jenis makanan lainnya, agar anda bisa memperoleh manfaat dari keju untuk kesehatan gigi, maka konsumsi dalam jumlah yang sedang sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang. Meski memang camilan keju bisa memberikan manfaat untuk gigi, namun anda tetap harus memperhatikan kebersihan gigi anda dengan cara lebih rajin menyikat gigi dan tambahkan juga dengan flossing gigi secara teratur.

Dari ulasan di atas bisa dibuktikan jika mengkonsumsi keju sebenarnya juga bisa memberikan manfaat untuk gigi dan mulut anda asalkan jangan dikonsumsi terlalu berlebihan dan pastikan untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan