6 Manfaat Kopi untuk Gigi dan Kesehatan Mulut

Manfaat kopi untuk gigi merupakan informasi menarik yang secara umum dalam masyarakat belum diketahui. Kopi adalah minuman yang terbuat dari biji kopi. Harum kopi yang khas dan warnanya yang gelap pekat membuatnya memiliki ciri yang khas. Kekhasan dari kopi ini seringkali disalahartikan sebagai penyebab gigi rusak. Khususnya karena kopi memiliki warna yang hitam pekat, banyak orang yang menganggap penyebab gigi hitam pada seseorang adalah konsumsi dari kopi. Pernyataan di atas seringkali dianggap pasti benar dalam masyarakat. Padahal dalam kenyataannya, ada penyebab gigi cepat rusak dan tidak kuat lainnya. Penyebab lain tersebut lebih cepat membuat gigi rusak dibandingkan dengan kopi.

Kesalahpahaman terkait pengaruh kopi untuk gigi ini tidak sampai di situ saja. Tidak hanya disebut dapat menjadi penyebab gigi cepat kuning dan menghitam, kopi pun tidak diketahui manfaatnya untuk gigi dalam masyarakat. Padahal ada cukup banyak jenis manfaat kopi untuk gigi, jika dikonsumsi dalam batas normal. Hal ini tentu menjadi menarik untuk anda bukan?

Anda tentu ingin tahu apa saja manfaat konsumsi kopi dalam batas yang tepat untuk kesehatan gigi anda. Itulah mengapa pada kesempatan kali ini akan coba dijelaskan mengenai manfaat manfaat tersebut. Simaklah penjelasannya pada bagian di bawah ini.

6 Manfaat Kopi untuk Gigi dan Kesehatan Mulut

Penjelasan sebelumnya tentu sudah menyebutkan bahwa kopi sering dianggap tidak ada manfaat kopi untuk gigi. Kebanyakan orang malah mengetahui kopi sebagai penyebab dari berbagai masalah kesehatan gigi. Agar anda tidak salah mengartikannya, maka ketahuilah bahwa kopi boleh dikonsumsi dalam batas yang normal. Kandungan kafein dalam kopi pun jika tidak terlalu berlebihan sebenarnya dapat mendatangkan manfaat, baik untuk gigi ataupun kesehatan mulut. Jika anda belum pernah mendengar tentang berbagai macam manfaat tersebut, maka berikut ini 6 manfaat dari konsumsi kopi untuk kesehatan gigi dan mulut anda. Semoga bermanfaat!

  1. Mencegah Infeksi pada Gusi

Gusi tentu tidak dapat anda pisahkan dari gigi. Gusi yang sehat adalah faktor pendukung agar gigi anda juga sehat. Sayangnya, seringkali anda mengabaikan kesehatan gusi. Salah satu masalah gusi yang perlu anda perhatikan adalah infeksi gusi (gingivitis).

Tahukah anda apa penyebab dari infeksi gusi ini? Infeksi gusi dapat terjadi karena kebiasaan buruk anda tidak menjaga kebersihan mulut. Gejala dari infeksi gusi adalah munculnya gusi berdarah dan rasa nyeri di gigi. Anda dapat mencegah hal ini terjadi jika mengonsumsi kopi. Kandungan kopi dapat menguatkan gusi anda agar tidak mudah infeksi lagi.

  1. Mencegah Lubang pada Gigi

Anda juga pasti tidak asing lagi dengan penyakit gigi bernama gigi berlubang. Lubang yang muncul pada gigi anda sangat mudah bertambah dalam dan luas, apalagi jika anda tidak rajin membersihkan gigi. Kotoran yang menempel pada gigi adalah penyebab utama lubang tersebut. Jadi mulai dari sekarang anda lebih baik rutin menggosok gigi setelah selesai makan.

Menjaga gigi agar tidak ada kotoran yang menempel, dapat dilakukan dengan menggosok gigi. Lalu bagaimana jika anda ingin memastikan bahwa gigi anda kuat dan tidak mudah berlubang. Salah satu cara mencegah gigi berlubang adalah dengan mengonsumsi kopi. Kopi dengan kandungan kafeinnya dapat membuat gigi kuat.

  1. Mencegah Radang pada Rahang dan Gusi

Peradangan juga sangat mudah terjadi di rahang dan gusi anda. Keadaan radang di rahang dan gusi ini sangat menyakitkan dan apapun usahanya sebaiknya anda cegah. Pencegahan terhadap radang di rahang dan gusi ini harus anda lakukan.

Biasanya masyarakat memilih untuk melakukan perawatan gigi dengan rutin ke dokter. Namun, secara alami anda juga dapat mencegah radang di rahang dan gigi ini dengan menggunakan kopi. Kandungan dalam kopi jika tidak berlebihan akan menjaga gusi anda dari peradangan.

  1. Menjaga Gigi dari Penyakit Periodontal

Penyakit periodontal adalah gangguan kesehatan di mana gigi lebih mudah tanggal dari keadaan normalnya. Hal ini tentu harus anda hindari. Penjagaan kesehatan gigi ini yang perlu dilakukan untuk membantu agar gigi tidak terkena penyakit periodontal.

Kopi ternyata dapat menjaga gigi anda dari penyakit ini. Kandungan dalam kopi ini akan membantu anda lebih efektif menjaga gigi anda dari penyakit yang berbahaya. Anda kemudian dapat mengonsumsi kopi untuk tujuan ini. Namun, lagi lagi hindarilah konsumsi berlebihan dari kopi ini.

  1. Menjaga Gigi dari Pertumbuhan Plak

Plak adalah masalah gigi lain yang dapat diselesaikan oleh kandungan dalam kopi. Kopi adalah minuman yang dapat membersihkan plak dari gigi dengan lebih cepat. Kandungan dalam kopi dapat menarik plak yang menempel di gigi, melarutkannya, dan membersihkannya.

Jadi konsumsilah kopi untuk dapat membantu proses pencegahan plak berkembang di gigi anda. Selamat mencoba menghilangkan plak dari gigi anda dengan cara menghilangkan plak pada gigi dengan kopi berikut tadi.

  1. Menjaga Gigi tetap Kuat

Gigi tetap kuat adalah manfaat lainnya yang akan anda miliki setelah mengonsumsi kopi. Kopi dengan kandungannya ternyata tidak selalu membuat gigi keropos. Ketika gigi anda terlalu sering terkena kopi, mungkin memang dapat terkikis dan keropos. Namun, jika anda mengonsumsinya dalam batas cukup maka kandungan bermanfaat dari kopi akan masuk ke dalam gigi anda. Sehingga gigi anda pun akan tetap kuat dan sehat.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai apa saja manfaat kopi untuk gigi dan kesehatan mulut yang biasa anda dapatkan. Perlu juga anda ketahui bahwa manfaat tersebut dapat anda miliki dengan syarat anda tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan. Konsumsi apapun jika berlebihan pastinya akan mendatangkan kerugian dan bukanlah manfaat. Jadi mulai sekarang konsumsilah kopi dalam batas yang normal sekaligus juga untuk memiliki gigi yang sehat dan kuat serta terhindar dari berbagai penyakit!