9 Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi Anak yang Perlu Diketahui

Menjaga kesehatan gigi tentu sangat dianjurkan. Karena ada begitu banyak masalah gigi dan juga penyakit gigi yang bisa menyerang siapa saja. Menjaga kesehatan gigi perlu dilakukan sejak usia dini. Bahkan, jika perlu, menjaga kesehatan gigi anak perlu dilakukan sejak anak mulai tumbuh gigi. Mengapa hal ini penting? Berikut beberapa manfaat menjaga kesehatan gigi anak yang perlu diketahui.

  1. Meningkatkan percaya diri

Anak-anak yang sedang dalam masa perkembangan tentu perlu belajar banyak untuk bisa meningkatkan kemampuannya, baik kemampuan bersosialisasi maupun kemampuan lainnya. Tentu saja semua proses pembelajaran anak ini membutuhkan percaya diri yang tinggi. Dan salah satu upaya untuk bisa memupuk kepercayaan diri pada anak adalah dengan mengajarkan mereka bahwa kesehatan gigi dan mulut itu penting. Kesehatan gigi anak yang terjaga akan membuat mereka lebih percaya diri dalam proses pembelajaran. Selain itu anak akan bisa bersosialisasi dengan baik dan bisa bebas berekspresi.

  1. Meningkatkan keterampilan sosialisasi

Manfaat menjaga kesehatan gigi anak berikutnya adalah bisa membuat anak lebih terampil dalam bersosialisasi. Dalam lingkup sosial, anak pun akan belajar banyak hal, terutama tentang hubungan manusia dengan manusia lainnya. Jika anak memiliki gigi yang sehat, mereka akan mudah mengumbar senyum dan hal ini akan sangat baik dalam proses sosialisasi anak. Anak bisa belajar menjadi orang yang menyenangkan dan ramah serta murah senyum.

  1. Mencegah tatanan gigi yang tidak normal

Salah satu masalah dari gigi dan mulut yang umum terjadi adalah malokusi atau tatanan gigi yang tidak rata. Entah itu maslaah gigi gingsul, gigi renggang, gigi bertumpuk, atau gigi miring. Penyebab Gigi Tumbuh Tidak Rata Pada Anak bisa dicegah sejak dini, yaitu dengan menjaga kesehatan gigi anak itu sendiri. Orang tua perlu mengetahui kapan anak tumbuh gigi, kapan gigi susu anak tanggal, dan apakah pertumbuhan gigi permanen anak tepat pada posisinya.

Jika pun gigi anak tidak tepat posisinya, orang tua masih bisa mencegahnya dengan berkonsultasi dengan dokter gigi. Hal ini cukup penting untuk dilakukan karena gigi yang tidak rata akan menimbulkan permasalahan yang cukup kompleks di usia dewasa. Misalnya sisa makanan yang tidak bisa dibersihkan secara sempurna, sehingga meningkatkan risiko Gigi Berlubang Besar, dan sebagainya.

  1. Mencegah kerusakan gigi anak

Tentunya salah satu manfaat menjaga kesehatan gigi anak adalah bisa mencegah kerusakan gigi anak. Gigi anak yang rusak akan menciptakan berbagai masalah. Apalagi usia anak-anak sangat suka membeli makanan dan minuman manis yang bisa meningkatkan risiko gigi rusak pada anak. Maka dari itu, menjaga kesehatan gigi anak perlu dilakukan sebagai salah satu Cara Mencegah Gigi Gigis Pada Anak atau Gigi Susu Anak Keropos.

  1. Mengajarkan anak bahwa kesehatan gigi itu penting

Manfaat lainnya dari menjaga kesehatan gigi anak adalah orang tua secara tidak langsung bisa memahamkan pada anak bahwa menjaga kesehatan gigi itu penting. Dengan mengajarkan anak sikat gig secara teratur setiap hari dengan benar, minimal orang tua sudah bisa memberikan kebiasaan baik pada anak untuk menjaga kesehatan giginya. Dan kebiasaan baik ini akan dibawa hingga anak dewasa nantinya.

  1. Meningkatkan daya ingat

Apa hubungannya antara menjaga kesehatan gigi dengan daya ingat? Ternyata keduanya berhubungan. Bahkan ada beberapa penelitian yang menyoroti hal ini, bahwa kesehatan gigi dan mulut yang terjaga dengan baik, khususnya kesehatan gusi, akan membantu meningkatkan daya ingat pada anak. Jika daya ingat meningkat, maka kecerdasan pun akan meningkat. Sebaliknya, anak atau orang dewasa yang lebih sering mengalami masalah gusi berdarah, maka daya ingat mereka akan menurun. Sehingga, jika Anda ingin anak menjadi anak yang cerdas, latihlah mereka untuk menjaga kebersihan dan kesehatan giginya.

  1. Mencegah risiko infeksi pada anak

Manfaat menjaga kesehatan gigi anak berikutnya adalah untuk mencegah risiko infeksi pada anak. Anak yang tidak rutin membersihkan gigi pasti akan menyebabkan rongga mulutnya tidak bersih. Hal ini meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Dan jika hal itu terus menerus terjadi, maka bakteri bisa semakin menumpuk dan menyebabkan berbagai macam infeksi pada mulut. Misalnya sariawan, gusi bengkak, dan gusi berdarah. Tentu kondisi ini juga tidak diinginkan oleh anak-anak.

  1. Mencegah bau mulut

Anak yang rajin membersihkan gigi dan menjaga kesehatan giginya tentu akan terbebas dari risiko bau mulut. Hal ini dikarenakan bau mulut terjadi jika aktivitas bakteri berkembang pesat di dalam mulut. Padahal bau mulut akan cukup mengganggu kegiatan anak-anak. Anak bisa saja tidak percaya diri.

  1. Mencegah berbagai macam gangguan kesehatan

Gigi yang sehat dan rongga mulut yang bersih akan selalu menjadi alasan anak bisa hidup sehat, bahkan hingga dewasa. Sementara anak-anak yang tidak dididik sejak dini untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya bisa jadi akan menuai berbagai gangguan kesehatan. Apalagi jika kebiasaan tersebut dibawa hingga dewasa. Gigi bisa jadi berlubang. Lebih dari itu, ada berbagai gangguan kesehatan yang bisa berbahaya hanya karena kebiasaan buruk tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut. Misalnya tinggi risiko terserang penyakit jantung dan diabetes.

Demikianlah beberapa manfaat menjaga kesehatan gigi anak yang perlu diketahui untuk menanamkan kebiasaan baik pada anak. Jika Anak Umur 3 Tahun Susah Sikat Gigi, cobalah memberi pengertian yang baik. Semoga bermanfaat.